Analisis Bayonetta – Sosok Jagoan Wanita yang Sensual To The Max!


Sudah banyak karakter wanita game yang badass dan juga sensual. Tapi tidak banyak atau bahkan tidak ada karakter seperti Bayonetta.

analisis-karakter-bayonetta-6

Karakter wanita yang badass alias jagoan bukanlah hal yang baru. Karakter seperti Samus Aran dan Lara Croft bahkan bisa jadi karakter utama jagoan di game mereka masing-masing. Belum lagi segudang karakter keren yang bisa bertarung menghadapi banyak musuh di banyak game. Selain itu ada juga karakter yang tampil sensual, entah itu karena sesuai dengan tema karakternya (misal succubus atau femme fatale) atau hanya demi fan service, atau dua-duanya.

BACA JUGA: Analisis Sans – Karakter yang Menjelma Menjadi Icon Sekaligus Meme

Tapi tidak banyak karakter utama wanita seperti Bayonetta. Ia adalah karakter utama jagoan yang sangat kuat, tapi juga tampil sensual dan tidak tanggung-tanggung dalam memperlihatkannya. Tapi di saat yang sama ia juga punya aspek lain yang membuatnya unik dan disukai oleh banyak orang.

Badass Sekaligus Sensual

analisis-karakter-bayonetta-5

Bayonetta adalah karakter utama di seri game Bayonetta. Ia adalah seorang Umbra Witch, sebuah klan di mana anggotanya membuat kontrak dengan makhluk dunia lain bernama Inferno. Kontrak tersebut membuat mereka punya kekuatan memunculkan makhluk mengerikan menggunakan medium tertentu.

Sebagai salah satu Umbra Witch, Bayonetta menggunakan rambut sebagai medium untuk menggunakan kekuatannya. Tapi rambut yang ia gunakan bukan hanya dari kepala saja. Pakaian stylish dan elegan yang ia kenakan juga terbuat dari rambut, dan saat menggunakan kekuatannya untuk memanggil Inferno, rambut yang menjadi pakaian tersebut akan lepas dari Bayonetta.

analisis-karakter-bayonetta-4

Game Bayonetta juga tidak tanggung-tanggung dalam memperlihatkan interaksi tersebut. Dalam game-nya, kamu akan sering melihat Bayonetta secara ajaib melepas busananya di tengah pertarungan sebelum akhirnya kembali mengenakan pakaian hitamnya. Tidak hanya itu, ia juga sering melakukan pose provokatif bahkan di tengah pertempuran, dan game Bayonetta sendiri juga sering menekankan pose tersebut dengan angle kamera yang tidak kalah ‘berbahaya.’

Sensualitas Bayonetta juga tidak berhenti di kekuatan dan pose saja. Ia adalah karakter yang cukup playful, bermulut tajam, dan sering berkelakar melalui kata-kata. Tapi semuanya selalu menyerempet ke tema-tema dewasa. Semuanya ia lakukan dengan percaya diri seolah mengatakan “I’m hot and I know it” tanpa perlu bersuara sambil menghabisi musuhnya dengan kekuatan yang mengerikan.

Feminin Dari Banyak Sisi

analisis-karakter-bayonetta-7

Sensualitas Bayonetta mampu meninggalkan kesan karena dilakukan secara sedikit berlebihan dan over the top, tapi juga dengan rasa percaya diri yang tinggi dan tidak pernah terasa ‘salah tempat.’ Hanya saja jika berhenti di situ, Bayonetta mungkin tidak jauh berbeda dari banyak karakter lain yang memperlihatkan sensualitas tapi juga bisa membela diri. Satu-satunya yang mungkin membedakannya adalah ia merupakan karakter utama di game-nya sendiri.

Tapi pada kenyataannya Bayonetta jauh lebih menarik dari sekadar karakter wanita kuat dan sensual saja.

Dalam dua game yaitu Bayonetta dan Bayonetta 2, kamu bisa melihat bagaimana kepribadian Bayonetta berkembang. Di game pertama, karakter yang awalnya dingin ke semua orang perlahan mulai mau membuka diri ke orang lain. Ini juga sambil memperlihatkan kekhawatiran terhadap ingatannya yang hilang.

analisis-karakter-bayonetta-1

Lalu di game kedua ia mulai memperlihatkan sisi kepribadian lain yang tidak kalah menarik. Ia sangat setia dan protektif terhadap teman dan orang lain yang ia anggap penting. Ia juga punya sisi keibuan dan bersikap lebih lembut jika berhadapan dengan anak-anak. Ini juga berbarengan dengan karakter lain seperti marah, sedih, takut, dan emosi lain yang dirasakan manusia.

Singkatnya, meskipun memperlihatkan sensualitas, Bayonetta punya sisi feminin lain yang dimiliki wanita. Ini membuatnya menjadi karakter yang utuh dan tidak terjebak ke satu spektrum saja, sesuatu yang dialami sangat banyak karakter wanita di video game.


Kaoru

Hmmm...