Analisis CJ – Sosok Legendaris dalam Game Grand Theft Auto


Semuanya pasti ingat dengan sosok yang hanya memakai kaos oblong putih ini.

Analisis CJ - Sosok Legendaris dalam Game Grand Theft Auto Thumbnail

Tidak ada yang tidak mengenal CJ dalam seri game Grand Theft Auto (GTA) yang khas dengan pakaian kaos oblong putih, celana jeans biru, dan sepeda BMX yang sering dipakainya. Karakter ini begitu berkesan buat semua pemain GTA. Kala itu, Rockstar Games merilis Grand Theft Auto: San Andreas di tahun 2004 untuk PS2 dan mendapuk CJ sebagai pemeran utamanya.

BACA JUGA: Analisis Karakter Ryu – Icon Street Fighter dan Fighting Game

Seiring berjalannya waktu, kamu akan banyak menyelesaikan misi sulit bersama CJ dan mengetahui sejarah kisah di balik kehidupannya. Kisah hidupnya di San Andreas cukup unik karena awalnya digambarkan sebagai karakter gangster yang agak naif, canggung, serta egois hingga akhirnya berubah menjadi pengusaha sukses. Simak analisis karakter CJ di bawah ini!

Karakter Protagonis di Grand Theft Auto: San Andreas

Analisis CJ - Sosok Legendaris dalam Game Grand Theft Auto 1

CJ sendiri memiliki nama lengkap Carl Johnson dan merupakan karakter protagonis yang muncul di Grand Theft Auto: San Andreas. Dirinya adalah seorang Afrika-Amerika yang memiliki warna rambut hitam dengan tubuh yang agak kurus. Menariknya, berbeda dari seri GTA sebelumnya, penampilan CJ sendiri dapat dikustomisasi mulai dari potongan rambut, tato, dan pakaian. Sehingga kamu dapat dengan bebas menentukan gaya apa yang cocok dikenakan oleh CJ.

CJ juga merupakan salah satu penguasa geng jalanan Grove Street Families bersama kakaknya, Sean “Sweet” Johnson dan teman masa kecilnya, Lance “Ryder” Wilson dan Melvin “Big Smoke” Haris yang berada di Los Santos. Geng ini berhasil menjadi salah satu geng terkuat dan ditakuti pada masanya.

Semuanya Tentang Balas Dendam

Analisis CJ - Sosok Legendaris dalam Game Grand Theft Auto 2

CJ pernah meninggalkan teman dan keluarganya dan pindah ke Liberty City selama lima tahun sebelum kembali setelah mengikuti jejak kematian adiknya, Brian. Terlebih, dirinya juga menemukan fakta bahwa ibunya telah dibunuh oleh geng musuh bebuyutannya, The Ballas. Saat kembali, CJ menyadari bahwa kekuatan Grove Street Families semakin menurun yang telah kehilangan sebagian besar pengaruh dan wilayahnya.

Hal ini membuat dirinya harus bekerja untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari teman-teman dan keluarganya. Namun, pengkhianatan oleh Big Smoke dan Ryder yang telah bersekutu dengan polisi dan geng The Ballas untuk mencoba membunuh Sweet, membuat dirinya harus pergi sekali lagi dari Los Santos. Tetapi pada akhirnya, dirinya sukses di San Fierro dan Las Venturas dan berhasil balas dendam membunuh kedua sahabatnya yang telah berkhianat.

Quotes Favorit yang Menjadi Meme

Analisis CJ - Sosok Legendaris dalam Game Grand Theft Auto 3

Siapa pun sadar bahwa ocehan CJ “Ah shit, here we go again.” di awal game yang menjadi meme viral adalah salah satu scene ikonik dalam sebuah game. Ocehan ini seolah menjelaskan bahwa kenapa dirinya harus siap bersentuhan kembali dengan kehidupan gangster yang berat.

Karakter CJ sendiri adalah sosok yang unik dan mendapatkan banyak pujian serta dinobatkan sebagai salah satu karakter video game terbaik sepanjang masa. Hal ini tidak terlepas dari perubahan dirinya yang awalnya egois menjadi seorang yang sukses dan mementingkan keluarga dan teman walau sebelumnya sempat dikhianati.


Danu

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri game. Game favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.