Hype, 4 Alasan Utama Kamu Wajib Main FF XIV: Shadowbringers Sekarang!


FF XIV: Shadowbringers telah dirilis dan ini menjadi sebuah expansion yang wajib kamu mainkan! Berikut adalah 4 alasan utamanya!

ff xiv
sumber: pc gamer

Final Fantasy XIV Online menjadi sebuah MMORPG yang memiliki sejarah panjang, mulai dari awal pengembangannya yang sempat gagal total, hingga akhirnya bangkit kembali lewat Final Fantasy XIV: A Realm Reborn dan sukses telah dimainkan jutaan gamer di dunia.

Sejak dirilis pada bulan Agustus 2013, Square Enix telah menghadirkan tiga expansion utama, yang pertama adalah Heavensward, Stormblood, dan yang terakhir adalah Shadowbringers.

Meskipun sudah 6 tahun dirilis, tapi FF XIV masih memiliki daya tarik tersendiri untuk dimainkan baik bagi para penggemar setia maupun pemain baru.

Baca Juga: 5 Franchise Ikonik dari Ubisoft yang Membuat Perusahaan ini Makin Eksis

Nah, jika kamu memang sebelumnya tidak pernah memainkan FF XIV, lewat expansion terbaru Shadowbringers ini maka kamu wajib deh coba memainkannya. Berikut 4 alasan utamanya!

Gunbreaker Class Paling Keren

ff xiv gunbreaker

Expansion Shadowbringers memperkenalkan dua class baru ke Final Fantasy XIV, dan yang pasti keren banget!

Ketika FF XIV: Stormblood rilis dua tahun yang lalu, kami yakin bahwa Samurai adalah class paling keren yang pernah ada, tapi “tahta” sebagai class paling keren tersebut nampaknya telah berpindah ke Gunbreaker, class yang luar biasa keren dan penuh gaya.

Menggunakan gunlbade, yang merupakan senjata ikonik dari Final Fantasy VIII, Gunbreaker adalah class dengan role tank yang terasa menyenangkan untuk dimainkan. Selain menjadi karakter yang akan melindungi party, class ini juga memiliki kemampuan untuk melepaskan beberapa kombo yang mematikan juga.

Kalo kamu memang penggemar karakter yang menggunakan gunblade dan memiliki jiwa tanker, maka kini saatnya kamu ikut terjun ke dunia Eorzea di FF XIV.

Ini Expansion yang Sangat “Final Fantasy” Banget

ff xiv

Well, kami tahu mungkin terdengar aneh untuk dikatakan, tapi ketika kami memikirkan sebuah game Final Fantasy, hal pertama yang terlintas dipikiran adalah sekelompok orang yang sebenarnya tidak cocok lalu bersatu untuk tujuan akhir yang sama, mengatasi perbedaan diantara mereka dan bekerja sama untuk menyelamatkan dunia. Itulah Shadowbringers!

Seri Final Fantasy belum benar-benar memanfaatkan kekuatan persahabatan dan cinta sejak FF X. Final Fantasy XII memiliki banyak karakter hebat dan alur yang menyenangkan dalam intrik politik, namun karakter-karakter itu tidak pernah benar-benar bersatu.

FF XV meskipun tampak seperti 4 bocah boyband yang kompak, tapi secara harafiah hanya ada empat karakter di party tersebut dan tidak semua dari mereka menarik.

Sementara FF XIV: A Realm Reborn memiliki “friendship vibe” yang begitu sempurna, namun sempat hilang ketika dua expansion (Heavensward dan Stormblood) diluncurkan. Kini vibe tersebut akhirnya kembali lewat expansion Shadowbringers.

Setelah menunggu lama, organisasi Scions of the Seventh Dawn akhirnya kembali bersama. Karakternya terasa seperti orang asli, sebagian besar berkat penggambarannya yang baik sejak A Realm Reborn.

Soundtrack Epik

Nobuo Uematsu akan selalu dianggap sebagai komposer legendaris yang membantu membentuk seri Final Fantasy menjadi seperti sekarang ini, tetapi kita juga tidak boleh melupakan Masayoshi Soken.

Musik FF XIV berevolusi dari “ok” di A Realm Reborn menjadi “epik” di Heavensward, dan mencapai level yang baru dalam expansion Stromblood yang rilis tahun 2017.

Entah bagaimana, Final Fantasy XIV telah mencapai level berikutnya lewat kehadiran Shadowbringers, yang memasukkan riff gitar super keren ke dalam combat theme, dan lebih banyak tema eksperimental dalam zona musik juga.

Stormblood dan Heavensward unggul dalam hal memberikan tema utama yang mengesankan. Shadowbringers juga melakukan hal itu, dan Soken telah menambahkan rangkaian musik yang disusun dengan luar biasa ke koleksi musik FF XIV yang sebenarnya sudah baik dan mengensankan.

Game yang Sangat Matang

ff xiv
sumber: youtube

Kami telah melihat beberapa tema gelap dieksplorasi FF XIV: Stormblood, dan tren itu berlanjut di Shadowbringers juga.

Tanpa menjadi sebuah spoiler, di jam-jam awal permainan akan berisi beberapa adegan paling gelap yang biasanya sering kita lihat dalam seri Final Fantasy. Ini hal yang sangat kuat dan tidak pernah berhenti sepanjang pembukaan expansion. Ini cara yang bagus untuk mengatur adegan untuk sisa alur cerita.

Shadowbringers juga terus menyempurnakan pengetahuan game lewat lore di berabagai religious faction, dan memperkenalkan karakter yang sangat kompleks dan lebih bernuansa yang sukses membuatnya lebih hidup.

Gimana? Setelah melihat 4 alasan ini apakah kamu sudah tertarik untuk main FF XIV? Kalo iya langsung aja coba dulu trial-nya gratis di sini.


Era