7 Alasan Kenapa PS4 Lebih Baik dari Xbox One


Penasaran, apa saja alasan PS4 menjadi salah satu console favorit dan lebih baik dari Xbox One? Simak ulasannya di sini.

ps4-lebih-baik-daro-xbox-one

Belajar dari kesalahan saat pengembangan PS3, Sony sukses membuat PS4 menjelma sebagai console paling favorit di dunia.

BACA JUGA: 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai PlayStation 5

Sony Interactive Entertainment sendiri juga menyatakan bahwa PS4 telah terjual lebih dari 88 juta unit di seluruh dunia.

Angka ini didapat dari data penjualan hingga akhir November 2018 lalu. Jumlah penjualan ini jauh di atas saingan, Xbox One yang terjual 40 juta unit di akhir 2018.

Lalu, apa alasan PS4 bisa terjual sangat banyak dan mendominasi era console game generasi kedelapan hingga mengalahkan “si hijau” dengan telak?

Berikut tujuh alasan yang membuat PS4 lebih baik dari Xbox One.

Berlangganan game gratis dengan PS Plus

PlayStation Plus adalah layanan berlangganan dari PlayStation Network. Kamu harus membayar US$50 atau sekitar Rp750.000 selama setahun untuk mendapatkan gim gratis dan fitur lainnya seperti Online Multiplayer, Free Games, dan Exclusive Discounts.

Mahal? Tenang saja, Sony memiliki pilihan region untuk PS4 (total ada enam region) yang memungkinkan kamu mendapatkan harga game sesuai mata uang di negara tersebut. Misal, Indonesia berada di Region 3 (South East Asia) dan harga PS Plus dibanderol Rp350.000.

PlayStation Plus menawarkan enam game gratis setiap bulannya (masing-masing dua di PS4, PS3, dan PS Vita). Sayang, tidak semua judul game PS3 dan PS Vita tersedia di PS4 dan layanan ini telah dihentikan pada Maret 2019 lalu.

Dunia bermain virtual dengan PSVR

Untuk urusan peripheral, PS4 memiliki PSVR ketika dirilis yang memungkinkan kamu memainkan game melalui perangkat virtual reality seolah kamu sedang berada di dunia game tersebut.

Menariknya, PSVR memiliki fitur social screen yang akan menampilkan game dari layar virtual reality kamu langsung ke televisi sehingga temanmu dapat melihat apa yang sedang kamu mainkan.

Beberapa game PSVR yang dapat kamu mainkan adalah Ghost Giant, Space Junkies, Ace Combat 7: Skies Unknown, Beat Saber, Déraciné, ASTRO BOT Rescue Mission, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, PSVR sendiri dibanderol sebesar 5 juta.

Dengan semakin berkembangnya perangkat pengembangan game dan infrastruktur teknologi informasi, virtual reality diyakini menjadi salah satu masa depan dunia industri game.

Beragam layanan aplikasi hiburan

PS4 menyediakan banyak sekali layanan aplikasi hiburan seperti PlayStation Vue untuk layanan streaming TV dengan topik olahraga, berita, film, dan acara favorit kamu. Kamu juga dapat menonton siaran langsung TV tersebut di PS4. Beberapa memerlukan biaya tambahan.

Lalu, ada PlayStation Now yang memberikan akses tanpa batas ke game library PlayStation dengan lebih dari 650 game di PS4, PS3, dan PS2. Kamu cukup berlangganan selama setahun untuk dapat menikmati semua konten tersebut. PS Now memberikan kamu opsi untuk uji coba gratis selama 7 hari.

Selanjutnya, ada PlayStation Video yang mengizinkan kamu menonton film baru tanpa harus menunggu. Terakhir, PlayStation Music yang menyediakan banyak playlist musik dari Spotify untuk menemani hari-harimu.

Fitur Berbagi momen game terbaik lewat Share Play

Bagikan momen game terbaik  di PS4 kepada teman secara real-time dengan fitur Share Play. Kamu dapat langsung membagikannya secara mudah ke media sosial seperti Facebook, Twitter hingga YouTube.

Kemudahan ini juga diberikan pada tombol Share di controller DualShock PS4 sehingga kamu dapat langsung membagikan baik screenshot atau video gameplay.

Tampilan menu utama PS4 yang didesain user friendly juga memudahkan pemain yang bahkan baru membeli PS4 dapat melakukan kustomisasi secara cepat.

Debut teknologi grafik yang lebih baik

Tidak bisa dipungkiri, PS4 menawarkan tampilan grafik yang lebih baik dibandingkan kompetitornya Xbox One X ketika pertama kali dimunculkan. Memang ada beberapa game yang kadang berjalan pada performa yang sama tetapi tidak pernah di bawah pesaingnya.

Tetapi jika dibandingkan dengan banyak game yang secara default dapat dimainkan maksimal hingga 1080p, PS4 layak diacungi jempol karena mendominasi pasar dibandingkan Xbox One (pasca sebelum Xbox One X dikeluarkan).

Sama-sama menggunakan GPU AMD Radeon, PS4 lebih unggul karena memiliki kemampuan 1152 stream processor dengan 800 MHz dan 1.84 TeraFlops. Bahkan PS4 Pro dapat memainkan game hingga 4K.

Lihat tabel perbedaan game di sini.

Fitur streaming game dengan Remote Play

Bosan memainkan game di PS4 di ruang tamu atau kamar? Dengan Remote Play, kamu bisa bermain tanpa harus duduk manis di depan layar televisi.

Remote Play memungkinkan kamu memainkan game di PS4 secara jarak jauh. Kamu dapat melakukan streaming game PS4 ke komputer yang menjalankan Windows atau Mac bahkan PS Vita.

Kamu juga dapat melakukan streaming ke TV lain selama kamu memiliki PlayStation TV yang terhubung dengannya.

Game ekslusif yang kualitasnya mumpuni

Terakhir tentu saja bagian pamungkas dari PS4 yang sampai saat ini masih belum bisa disaingi oleh para kompetitornya, yaitu game ekslusif.

Lihat saja deretan game ekslusif di PS4 yang sanggup menggoda pemain untuk selalu memainkannya mulai dari God of War, Bloodborne, The Last of Us, Uncharted, Horizon Zero Dawn, Days Gone, Ghost of Tsushima, Marvel’s Spider-Man, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan kenapa game ekslusif PS4 begitu diingat adalah karena semua game-nya memiliki alur storyline yang kuat dan memberikan pengaruh ikatan emosi yang dekat dengan pemainnya.

Sebut saja kisah Joel yang melakukan petualangan dunia post-apocalyptic bersama dengan gadis remaja cantik Ellie. Atau perjalanan Kratos di dunia mitologi Norse Midgard bersama putranya, Atreus.

Itu dia beberapa alasan PS4 lebih baik dari Xbox One. Btw, kamu punya PS4 juga dong tentunya?


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.