5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai PlayStation 5


Sony memberikan bocoran PlayStation 5 (PS5) untuk pertama kalinya yang diprediksi rilis pada tahun 2020. Harus mulai nabung..

PlayStation 5 - Featured

Beberapa waktu lalu, Sony telah memberikan bocoran mengenai console PlayStation generasi berikutnya mereka lewat wawancara eksklusif Mark Cerny bersama majalah Wired.

Dalam wawancara tersebut tidak disebut nama dari next-gen console Sony, namun saya cukup yakin penerus PS4 tersebut nantinya akan diberi nama PlayStation 5 atau PS5, atau bahkan mungkin … PlayStation One X (bercanda guys), well kita tidak pernah tahu.

Terlepas dari itu semua, berikut beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui soal console mahakarya Sony berikutnya yang akan saya sebut sebagai PlayStation 5 dalam artikel ini.

Dapat Memainkan Game PS4

PlayStation 5 - 1

Ini merupakan kabar yang sangat baik! PlayStation 5 dikabarkan bisa memainkan game PS4 atau yang biasa disebut dengan backward compatibility. Fitur satu ini memang sudah diharapkan oleh banyak pemain PlayStation setelah sempat absen dari console sebelumnya.

Fitur backward compatibility sendiri telah diterapkan Microsoft lewat console di Xbox One. Bisa dibilang, fitur tersebut merupakan salah satu nilai jual dari console pesaing PlayStation satu ini.

Tidak hanya itu saja, Xbox One bahkan mampu “mempercantik” beberapa game lawas dari console mereka sebelumnya dengan tampilan yang sedikit lebih baik. Jika hal serupa diterapkan di PS5, saya harap gamer bisa lebih nyaman bermain game-game berat seperti God of War tanpa terganggu oleh suara kipas mesin console seperti di kasus PlayStation 4.

Performa Visual dan Audio Menjanjikan

Playstation 5 - 2

PlayStation 5 akan diperkuat generasi ketiga AMD Ryzen dengan 8 core, Radeon Navi, serta unit custom pada chip AMD untuk audio 3D.

Salah satu fitur paling menarik dari performa PlayStation5 adalah Ray Tracing. Ray tracing adalah sebuah teknik untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih realistis serta kualitas audio yang realistis. Ray Tracing sudah umum digunakan di film-film Hollywood, namun belum pernah ada game console yang memiliki fitur ini. Jadi, bisa dibilang PlayStation 5 akan mejadi game console yang pertama kali memiliki fungsi Ray Tracing!

Mendukung Resolusi Hingga 8k

Playstation 5 - 3

Kamu pengguna TV berukuran sangat besar? Maka bersyukurlah, karena dengan resolusi 8k, kamu dapat memainkan game PlayStation 5 dengan kualitas visual yang sanat detail.

Saya memprediksi fitur semacam ini mungkin baru akan digunakan oleh banyak orang dalam beberapa tahun mendatang. Untuk saat ini saya rasa tidak banyak orang memiliki TV dengan resolusi 8k mengingat harganya yang sangat mahal.

Dengan dukungan resolusi sebesar ini, saya mengasumsikan Sony mempersiapkan PlayStation 5 untuk jangka waktu yang cukup lama. Tenang saja, TV Full HD atau 4k yang kamu gunakan untuk PS4 masih bisa kamu gunakan kok.

Kecepatan Tiada Duanya

PlayStation 5 akan memiliki Solid State Drive (SSD), yang artinya kamu akan mendapatkan performa yang sangat cepat dibandingkan game console apapun pada saat ini.

Something that he calls “a true game changer,” something that more than anything else is “the key to the next generation.” It’s a hard drive.

Misalnya pada game Spider-Man, fast traveling akan memakan waktu 15 detik di PS4, namun di PS5 fast traveling hanya membutuhkan 0,8 detik! Selain itu, proses rendering di dalam game juga akan semakin cepat sehingga pengalaman bermain kamu semakin mulus.

Prediksi Harga dan Tanggal Rilis

Belum ada informasi resmi mengenai harga dan tanggal pasti dari peluncuran console gamegenerasi kesembilan ini

Menurut rumor, PlayStation 5 nantinya akan dibanderol sekitar $499 pada awal perilisan atau sekitar Rp7.000.000,-. Angka tersebut masih tergolong masuk akal menurut saya, mengingat PS4 Pro saja awalnya juga dibanderol dengan harga yang kurang lebih sama ketika hadir di Indonesia.

Pada wawancara dengan Wired, Cerny memastikan bahwa PlayStation 5 tidak akan dirilis pada tahun 2019. Namun saya cukup optimis bahwa game console penerus PS4 ini akan rilis di tahun 2020, mengingat Sony sendiri telah mengeluarkan DevKit untuk beberapa developer game.


Itu tadi beberapa informasi yang bisa Gimbot rangkum terkait detail kemunculan PlayStation 5 ke depannya. Masih ada banyak informasi lain yang masih belum terungkap di console ini, mulai dari bentuknya, detail controller-nya, media pemutar game, dan sebagainya.

Baca juga: [Opini] Mengapa Era PlayStation 1 Lebih Baik dari Era PlayStation 4

Yang jelas saat PlayStation 5 dirilis nantinya, kami tidak sabar untuk segera mengulasnya secara lebih mendetail kepada kamu semua.


Brian

Mantan pemain profesional Snake yang belum pernah memenangkan gelar apapun. Astronaut of Gimbot.