Nintendo Switch Online, Layak Beli atau Tidak?


Saat Nintendo Switch pertama kali rilis, semua pemain bisa bermain secara online tanpa halangan apapun. Namun Nintendo kemudian membuat paywall dengan Nintendo Switch Online. Artinya jika kamu tidak mendaftar sebagai anggota layanan Nintendo Switch Online, kamu tidak akan bisa bermain online meskipun punya koneksi internet yahud. Untuk mendaftar Nintendo Switch Online, kamu harus membayar US$4...

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-featured

Saat Nintendo Switch pertama kali rilis, semua pemain bisa bermain secara online tanpa halangan apapun. Namun Nintendo kemudian membuat paywall dengan Nintendo Switch Online. Artinya jika kamu tidak mendaftar sebagai anggota layanan Nintendo Switch Online, kamu tidak akan bisa bermain online meskipun punya koneksi internet yahud.

Untuk mendaftar Nintendo Switch Online, kamu harus membayar US$4 (sekitar Rp56.000,-) per bulan atau US$20 (sekitar Rp284.000,-) per tahun. Bagi beberapa orang, ini mungkin biaya yang sulit dikeluarkan.

Pertanyaannya, dengan harga itu, apakah Nintendo Switch Online layak dibeli? Ayo kita bahas.

Apa yang Bisa Kamu Dapatkan dari Nintendo Switch Online?

Untuk menilai value sebuah produk atau layanan, hal pertama yang harus dilihat tentu adalah apa yang bisa kamu dapatkan. Berikut semua fitur dan produk yang bisa kamu nikmati hanya dengan menjadi anggota Nintendo Switch Online.

Online Play di Berbagai Game

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-3

Nintendo Switch Online memungkinkanmu bermain dengan pemain lain di seluruh dunia via koneksi internet. Ini berlaku untuk semua game yang memiliki fitur multiplayer online mulai dari Super Smash Bros. Ultimate, Splatoon 2, hingga Mario Kart 8 Deluxe.

Artinya jika kamu bosan dengan konten single player di game seperti Splatoon 2, dengan Nintendo Switch Online kamu bisa menguji kemampuanmu menghadapi pemain lain.

Game dan Penawaran Eksklusif Nintendo Switch Online

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-5

Sebagai anggota Nintendo Switch Online, kamu juga berhak menikmati berbagai konten eksklusif. Beberapa di antaranya hanya tersedia dalam waktu terbatas misalnya in-game gear untuk Splatoon 2. Selain itu, kamu juga bisa menikmati game seperti Tetris 99 secara gratis.

Saat ini Nintendo belum punya jadwal atau pola tertentu dalam mengeluarkan konten eksklusif ini. Tapi paling tidak begitu mereka punya konten eksklusif baru, kamu siap mendapatkannya segera.

Game Klasik Nintendo

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-2

Selain game modern yang eksklusif, pengguna Nintendo Switch Online juga bisa menikmati berbagai game jadul buatan Nintendo. Jadul di sini maksudnya benar-benar jadul, mulai dari game pertama The Legend of Zelda, Metroid, sampai Ninja Gaiden.

Jika kamu ingin bernostalgia atau penasaran dengan game klasik dari Nintendo, Nintendo Switch Online punya yang kamu butuhkan.

Cloud Save Data

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-4

Jika kamu punya safe file berharga untuk beberapa game, Nintendo Switch Online akan menyimpan data tersebut di sistem cloud mereka secara otomatis. Artinya jika sesuatu terjadi dan kamu harus membeli ulang Nintendo Switch, jangan khawatir. Kamu akan bisa memainkan kembali safe file kamu tanpa masalah.

Fitur ini berlaku untuk semua game Nintendo Switch, terutama segelintir pengecualian.

Aplikasi Mobile Nintendo Switch Online

Sebagai anggota Nintendo Switch Online, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus di smartphone. Dari aplikasi tersebut, kamu bisa mengakses fitur voice chat untuk berkomunikasi dengan temanmu ketika bermain bersama. Tapi jujur saja, tanpa fitur ini pun kamu bisa mengakses layanan voice chat lain seperti Discord.

Apakah Nintendo Switch Online Layak Kamu Beli?

nintendo-switch-online-layak-beli-atau-tidak-1

Pertanyaan berikutnya tentu apakah semua fitur di atas membuat Nintendo Switch Online layak dibeli. Jika kamu adalah pemain yang cukup kompetitif dan membutuhkan lawan main setiap saat, Nintendo Switch Online layak atau bahkan wajib kamu miliki. Bisa bermain dengan pemain lain secara online sudah cukup jadi alasan untuk memilikinya.

Lalu bagaimana jika kamu adalah pemain yang lebih suka menikmati game secara casual? Well, jika kamu memang punya budget untuk membelinya, tidak ada salahnya untuk memiliki Nintendo Switch Online dan menikmati semua fitur yang ada dan yang akan datang. Namun jika kamu memang on the budget dan masih bisa menikmati Nintendo Switch tanpa fitur online, kamu bisa menyimpan uangmu.

Hanya saja untuk kamu yang ingin bermain online multiplayer, saya sarankan untuk bermain dengan koneksi kabel alias menggunakan adaptor ethernet. Jika menggunakan WiFi, kadang kamu akan tetap mendapatkan latency yang tinggi bahkan dengan koneksi cepat sekalipun.


Kaoru