Untuk yang pernah memainkan Ragnarok Online (RO) pada zaman dahulu kala, mungkin sudah mahir dalam melakukan hunting di Ragnarok M : Eternal Love.

Lalu bagaimana dengan para pemain yang baru saja memainkan atau bahkan baru tahu mengenai gim RO ini?

Hunting di Ragnarok M : Eternal Love bisa terbilang susah-susah gampang. Ketika hunting, tidak hanya mencari exp saja, melainkan juga hunting item material yang sangat sulit untuk didapatkan.

Nah untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa mengikuti 5 tips hunting di Ragnarok M : Eternal Love di bawah ini. Yuk cekidot!

1. Manfaatkan Combat Time/Stamina

ragnarok eternal love

Terdapat sistem baru dalam gim RO terbaru ini, yaitu adanya fitur Combat Time atau yang biasa disebut dengan stamina.

Memanfaatkan combat time dalam melakukan hunting di Ragnarok M, cukup tricky. Sebab kita harus memanfaatkan se-efektif dan se-efisien mungkin agar combat time dapat digunakan secara maksimal.

Trik yang paling optimal dilakukan adalah habiskan combat time untuk berburu item material. Jangan mengambil quest apapun dan jangan habiskan jatah monster resistance serta time rift.

Lakukan saja auto-hunting dan tinggal tidur hingga 5 jam. Hal ini dikarenakan ketika combat time kamu habis, kamu bisa menggunakan quest tersebut untuk menambah kembali drop rate.

Hal yang paling menyedihkan adalah ketika combat time kamu habis dan kamu tidak memiliki quest dan kawan-kawannya.

Alhasil, semua resource yang kamu miliki akan habis sia-sia. Sebab, semua drop-rate dan exp juga akan berkurang.

2. Hunt Monster yang Memiliki Drop-Rate Tinggi untuk Item yang Kamu Inginkan

hunting di ragnarok m

Selalu lakukan hunting untuk monster yang memiliki drop item yang memang kamu butuhkan. Contohnya, monster yang memiliki kemungkinan drop material untuk upgrade senjata.

Dari zaman RO klasik yang di PC, kesulitan para pemain dalam memainkan gim ini adalah sulitnya mencari bahan material item. So, selalu fokus kepada material item yang kamu memang butuhkan.

3. Jangan Lupa Cicipi Warm Dish

hunting di ragnarok m

Hal yang menarik dari Ragnarok M : Eternal Love adalah adanya item masakan yang cukup membantu kamu dalam melakukan hunting.

Menariknya kamu bisa mendapatkan satu item regeneration HP setiap harinya secara gratis dengan mengunjungi food merchant.

Kamu bisa mencicipi satu warm dish yang artinya kamu akan mendapatkan efek warm dish secara gratis. Kamu juga bisa membeli kembali Warm Dish dengan cara membayar 5.000 zeny.

Warm Dish ini memiliki efek menyimpan sejumlah HP dan SP. Nantinya HP dan SP itu akan otomatis mengisi HP dan SP kita yang berkurang. Jadi secara otomatis, kita mendapatkan heal dan sp regen tanpa harus meminum potion.

4. Bawa Pet

hunting di ragnarok m

Untunglah Ragnarok M : Eternal Love juga memiliki sistem Pet. Kamu bisa mendapakan Pet dengan cara kunjungi NPC Agnes di South Gate Prontera.

Setelah itu jalankan saja quest yang ada, maka kamu bisa mendapatkan Pet yang diawali dengan Poring!

Pet ini akan membantu kamu dalam melakukan serangan ke monster ataupun musuh. Ya cukup membantu bukan dalam melakukan hunting?

5. Sewa Mercenary

hunting di ragnarok m
Sumber: Vergel520

Nah kamu juga bisa memanfaatkan mercenary dengan cara berbicara dengan NPC kucing di kota. Setelah itu kamu bisa memilih untuk menyewa selama 1 hari atau 7 hari

Mercenary kucing ini akan membantu kamu dengan melakukan heal, menyerang musuh, atau bahkan melakukan tahan badan.


Nah itu dia berbagai tips untuk kamu yang bingung bagaimana hunting yang baik dan benar. Kamu punya cara hunting sendiri? Share dong, biar kita bisa cepat naik level bareng!


Rizal Ziz