Hayoo, ngacung siapa saja yang memiliki console Xbox? Nah, bagi kamu gamer Xbox, pasti sudah menyaksikan event livestream X018 kemarin di Mexico City.

Ada banyak sekali kejutan yang dibawa oleh Microsoft. Phil Spencer sendiri selaku Xbox Chief telah menyampaikan agendanya dalam “Xbox’s mission to bring gaming to everyone.”

Bagi kamu yang belum tahu, X018 adalah acara perayaan Xbox yang memberikan banyak news, first looks, dan surprise yang ditujukan bagi komunitas Xbox.

Acara ini merupakan acara ke-4 dari Xbox FanFest dan lebih dari 10.000 orang berkumpul di sini untuk menyaksikan pembaruan tech dan gaming di Xbox.

Lineup X018 sendiri menampilkan banyak deretan gim mulai dari Crackdown 3, Just Cause 4, Sea of Thieves, State of Decay 2, dan masih banyak lagi. Berikut ulasan lengkap X018:

Obsidian dan inXile bergabung dengan Microsoft Studios

Microsoft Studios mengakuisisi game studio Obsidian Entertainment dan inXile Entertainment. Obsidian Entertainment sendiri terkenal dengan gim RPG mereka seperti Fallout: New VegasSouth Park: The Stick of Truth, dan Pillars of Eternity.

Sedangkan, inXile Entertainment adalah sosok dibalik gim RPG seperti Wasteland 2Torment: Tides of Numenera, dan Bard’s Tale IV.

Kedua game studio ini tetap akan beroperasi secara mandiri dalam mengembangkan IP (Intelectual Property) mereka di bawah naungan Microsoft Studios.

Ini adalah salah satu berita mengejutkan setelah sebelumnya Microsoft Studios berhasil menggaet lima game studio saat event E3 2018 lalu.

Tampaknya, Microsoft benar-benar akan serius memperkaya amunisi game exclusive mereka dalam menghadapi rival abadinya, Sony.

Dukungan mouse dan keyboard di Xbox One

Rumor yang selalu diperbincangkan ini akhirnya menjadi kenyataan. Kamu akan dapat memainkan gim di Xbox One menggunakan mouse dan keyboard.

Fortnite menjadi salah satu judul gim pertama yang mendukung sistem ini. Dilanjutkan dengan Warframe sebagai FPS pertama.

Lalu, ada Bomber Crew, Deep Rock Galactic, Strange Brigade, Vermintide 2, War Thunder, dan X-Morph Defense. Sedangkan, Children of Morta, DayZ, Minion Master, Moonlighter, Vigor, Warface, dan Wargroove akan segera ditambahkan juga ke dalam daftar dukungan.

Razer akan menjadi satu-satunya partner untuk menciptakan perangkat dukungan ini. Duh, semoga harganya tidak mahal!

Crackdown 3 tawarkan mode PvP

Selamat berjumpa kembali dengan Commander Jaxon yang akan membawamu ke dalam dunia masa depan dalam gim Crackdown 3. Crackdown 3 akan memiliki mode multiplayer dengan nama Wrecking Zone kamu akan bertempur dengan pemain lainnya 5 vs 5.

Sesuai namanya, di mode ini kamu dapat menghancurkan semua jenis obstacle mulai dari jalan, gedung, kaca, dan lainnya. Nah, Crackdown 3 sendiri akan dirilis tanggal 15 Februari 2019 mendatang dan akan tersedia di judul Xbox Game Pass, Xbox One, dan Windows 10.

Xbox Game Pass dapatkan banyak judul gim baru

Jika PlayStation 4 memiliki PlayStation Now, Xbox One punya Xbox Game Pass yang memungkinkan kamu berlangganan gim setiap bulannya dan memainkannya dengan bebas.

Kini, aplikasi Xbox Game Pass dapat diunduh di iOS dan Android sehingga kamu dapat mengunduh gim langsung dari smartphonemu dan memainkannya di Xbox One ketika unduhannya selesai.

Beberapa judul gim baru juga hadir di katalog Xbox Game Pass mulai dari PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Thief of Thieves, Agents of Mayhem, MXGP3, Thomas Was Alone, Ori and the Blind Forest, Kingdom Two Crowns dan Hellblade: Senua’s Sacrifice.

Tidak ketinggalan, beberapa gim indie dari ID@Xbox juga akan meramaikan perpustakaan gim-mu seperti Aftercharge, Supermarket Shriek, Mutant Year Zero, Pathologic 2, The Good Life, Void Bastards, dan Secret Neighbor.

Diskon besar-besaran di Black Friday

Seperti biasa, akhir tahun akan bertabur diskon. Xbox Black Friday kali ini cukup gila di mana kamu bisa berlangganan Xbox Game Pass di bulan pertama hanya dengan $1 mulai tanggal 10 November 2018 – 3 Januari 2019 dan Xbox Live Gold dengan $1 mulai tanggal 15-30 November 2018.

Beberapa judul gim yang akan mendapatkan diskon adalah Forza Horizon 4, Forza Motorsport 7, State of Decay 2, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Sea of Thieves, Super Lucky’s Tale, Disneyland Adventures, Rush: A Disney Pixar Adventure, dan Zoo Tycoon: Ultimate Animal Collection.

Forza Horizon 4 akan punya expansion pertamanya

Asik, expansion pertama untuk Forza Horizon 4 akan hadir dengan nama Fortune Island yang akan dirilis pada 13 Desember mendatang. Kamu akan ditantang untuk melakuakan balapan di bagian utara terpencil Kepulauan Inggris dengan kondisi ekstrim seperti badai petir.

Minecraft memecahkan rekor (lagi!)

Fortnite bisa jadi adalah gim terpopuler sekarang tapi hegemoni gim dengan jumlah pemain terbanyak di dunia masih dipegang oleh Minecraft. Helen Chiang, Head of Minecraft mengatakan bahwa Minecraft mencapai pemain aktif bulanan sebesar 91 juta pemain.

Minecraft Marketplace juga semakin berkembang di mana kamu dapat membeli konten dunia Minecraft yang dibuat oleh para kreator. Minecraft sendiri bulan depan akan menghadirkan karakter hewan baru, yaitu Cat dan Panda.

Sea of Thieves akan miliki mode competitive mirip battle royale

Sea of Thieves akan memberikan free update content kelima secara gratis dengan nama The Arena awal tahun 2019 mendatang. The Arena adalah mode competitive mirip seperti battle royale di mana kamu harus berlomba dengan pemain lainnya menemukan peti harta karun. Siapa cepat, dia kaya! Hehe.

State of Decay 2 kedatangan free content update Zedhunter

Zedhunter akan memperkenalkan senjata baru, yaitu crossbow. Selain itu, Zedhunter juga akan menawarkan pembaruan pada senjata melee dan close-combatsurvivor core skill specialization, quirk skill survivor, dan plague consumables. Konten ini akan disertakan pada misi baru yang akan hadir di setiap lokasi dengan nama Mysterious Broadcast.

Tornado di Just Cause 4

Seri Just Cause kali ini dikembangkan dengan versi baru dari mesin Avalanche’s Apex. Teknologi baru ini memungkinkan penambahan game physic, yaitu efek cuaca ekstrem seperti badai salju, badai pasir, dan tornado.

Misimu tidak akan mudah untuk diselesaikan seperti biasanya karena ada satu tantangan lagi yang dapat mengubah jalannya permainan, yaitu cuaca alam.

Beberapa gim yang mendapatkan lineup berikutnya adalah Void Bastards yang akan hadir di Xbox Game Pass, Battlefield V yang telah riulis 20 November lalu, Devil May Cry 5 yang memiliki mode practice bernama The Void, hadirnya karakter baru Dragon Ball di Jump Force dan Winnie the Pooh di Kingdom Hearts III.

Shadow of the Tomb Raider juga akan mendapatkan DLC barunya dengan nama The Forge, Xbox Adaptive Controller juga akan diluncurkan awal 2019 mendatang.

Itu dia ulasan lengkap dari Xbox X018. Bagaimana, apa yang menarik perhatianmu? Kalo saya sih Zedhunter di State of Decay 2.


ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato