Avatar adalah karakter yang mewakili pengguna layanan Xbox Live dan representasi unik dari gaya, kepribadian, kreativitas, dan suasana hati. Sehingga kamu dapat merasakan pengalaman baru ketika menggunakan Xbox.

Sistem ini dirilis pada 19 November 2007 lalu dengan nama Xbox Original Avatar. Sederhananya, kamu dapat menyesuaikan bentuk tubuh, jenis kelamin, fitur wajah, gaya rambut, pakaian, dan atribut lainnya dalam gambar 2D avatar di profil Xbox.

Kabar baiknya, bulan lalu Xbox One baru saja melakukan update melalui October 2018 Xbox Update. Salah satu fitur unggulannya adalah hadirnya pembaruan Xbox Avatar yang sebelumnya dijadwalkan rilis tahun 2017 lalu dengan nama Xbox Avatar Editor.

Setelah dilakukan pengujian ekstensif dalam Xbox Insider Program, Xbox Avatar Editor ini akhirnya tersedia untuk umum. Kira-kira apa saja yang baru di Xbox Avatar Editor ini ya?

Penambahan kategori kustomisasi karakter dan aksesoris

Kamu dapat membuat avatar di aplikasi Xbox Avatar Editor ini dari nol (tidak menggunakan setting dari Xbox Original Avatar).

Kategori untuk Appearance yang menampilkan tampilan karaktermu dan closet yang menampilkan outfit pakaian karaktermu mendapatkan penambahan.

Di mode appearance, kamu dapat melakukan kustomisasi penuh mulai dari body, face, hair, facial hair, makeup, limbs, dan fingernails.

Sedangkan, di mode closet, kamu dapat mengganti gaya berpakaianmu mulai dari outfit, hat, top, dress, bottom, shoes, prop, dan accesories.

Memadukan warna dengan Color Combination

Selain mengganti bentuk penampilan dan gaya berpakaian. Kamu juga dapat memadukan warna dengan fitur Color Combination.

Jika kamu ingin memiliki rambut berwarna kuning layaknya karakter Son Goku di Dragon Ball, kamu dapat memilih Front Spikes dan gunakan warna kuning.

Atau jika kamu ingin memakai pakaian hitam dengan celana hitam serta sandal, kamu dapat mencoba atasan T-Shirt, bawahan Skinny, dan Athletic Sandal.

Ekspresikan suasana hati dengan Moods

Tambahkan Moods untuk mengekspresikan suasana hati avatarmu. Terdapat 24 mood yang dapat kamu coba mulai dari berteriak, superhero, gembira, terkejut, dan masih banyak lagi.

Ambil gaya berfotomu di Photobooth

Jika kustomisasi bentuk penampilan dan gaya berpakaian avatarmu sudah selesai, kamu dapat memotretnya di Photobooth. Kamu dapat memilih gaya berfotomu sendiri, apakah close up atau full body dengan fitur rotation dan zoom.

Bahkan kamu dapat memasang pose foto dari Moods dengan menekan tombol play dan pause yang ada di bagian bawah. Tekan tombol kamera untuk menetapkannya sebagai profil.

Beli atribut lainnya di Avatar Store

Jika kamu merasa kustomisasi karakter dan aksesoris yang ada kurang, kamu dapat membelinya di Avatar Store untuk mencoba beberapa desain tambahan.

Contohnya, armor Gears of War 4 yang dipakai Marcus Fenix atau kaos ekslusif Xbox yang berwarna hijau. Beberapa ada yang gratis dan ada yang berbayar mulai dari $1-$5.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Xbox Avatar Editor?

  1. Di consoleĀ Xbox One, buka My games & apps.
  2. Navigasikan ke tab Apps.
  3. Pilih Xbox Avatar Editor (ingat, jangan memilih aplikasi Xbox Original Avatars).
  4. Ikuti langkah yang ditampilkan untuk membuat avatar barumu.

Jadi, bentuk penampilan dan gaya berpakaian apa yang menggambarkan kamu banget di consoleĀ Xbox?


ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato