Belum Sebulan Rilis, Untitled Goose Game Menangkan Dua Penghargaan di Australia


Siapa sangka game yang mengajakmu menjadi angsa pembuat onar bisa laris manis bahkan memenangkan penghargaan? Honk!

untitled-goose-game-menang-penghargaan-featured

Sejak pertama kali rilis 20 September lalu, Untitled Goose Game langsung merajalela internet dengan melahirkan berbagai meme. Tapi di samping meme dari para netizen, banyak yang mengakui bahwa game buatan developer Australia ini memang cukup seru. Bahkan atas kualitasnya, game tersebut memenangkan dua penghargaan Australian Game Developer Awards.

Jika kamu belum pernah mendengar tentang game ini, Untitled Goose Game adalah sebuah game di mana kamu akan bermain sebagai angsa. Kamu akan diberikan tugas layaknya misi dalam stealth game seperti Hitman. Tapi secara garis besar tugasmu adalah membuat kekacauan di sebuah desa Inggris yang tenang.

Ide ini mungkin terlihat sederhana dan aneh. Memang benar, sang developer pun mengaku bahwa ide game ini muncul dari diskusi ringan antara pegawai mereka di siang hari. Tapi ketika teaser pertamanya diperlihatkan dua tahun lalu, banyak orang yang sangat tertarik dengan ide menjadi seekor angsa pembuat onar, terutama audiens barat. Tidak heran karena mereka sendiri memang sering menjadi korban atau mendengar cerita tentang angsa yang membuat onar.

Melihat premisnya diterima banyak orang, House House tentu saja melanjutkan pengembangan untuk game yang saat itu memang belum punya nama. Tapi karena sudah terlalu lekat di telinga audiens, mereka pada akhirnya tetap merilis game ini dengan judul Untitled Goose Game.

Meskipun durasi bermainnya singkat, game ini sangat laris dan disukai banyak orang. Meskipun rilis di akhir bulan September, Untitled Goose Game berhasil menjadi game kedua paling laris di Nintendo eShop Eropa, hanya kalah dari Link’s Awakening yang dikembangkan langsung oleh Nintendo.

Memang, penghargaan yang dimenangkan Untitled Goose Game hanya ditujukan untuk developer Australia saja. Tapi melihat review dan tanggapan audiens hingga hari ini, bukan tidak mungkin game ini muncul di salah satu penghargaan skala global.


Apakah kamu sudah memainkan Untitled Goose Game dan berbuat onar?


Kaoru