Tips dan Panduan Bermain Tetris 99 untuk Pemula


Tetris 99 bukanlah game yang mudah dimenangkan. Namun pemahaman mekanik yang baik serta latihan yang terarah akan sangat membantu.

tips-panduan-bermain-tetris-99-8

Sejak pertama kali rilis, Tetris 99 adalah salah satu game Nintendo Switch yang cukup bagus dijadikan rekreasi singkat. Hanya saja, memenangkan satu sesi Tetris 99 tidaklah mudah, apalagi jika kamu tidak punya banyak pengalaman bermain Tetris sebelumnya.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa mekanik dan cara kerja Tetris 99. Setelah itu kami akan memberikan beberapa tips dan panduan memanfaatkan mekanik tersebut. Ingat, ini tidak akan langsung membuatmu memenangkan tiap sesi begitu saja. Namun paling tidak ini membuatmu punya arah dan strategi yang jelas ketika bermain.

Kenali Tiap Block

tips-panduan-bermain-tetris-99-1

Kunci utama bermain Tetris dengan optimal adalah tahu di mana tempat terbaik untuk meletakkan tiap block yang muncul. Idealnya kamu harus menentukan letak sebelum block tersebut muncul di papan permainan. Karena jika permainan sudah masuk ke dalam kecepatan tinggi, kamu tidak akan punya waktu banyak untuk memikirkan penempatan sekali. Ragu atau bingung sedikit saja block tersebut sudah terjun dan terkunci.

Untuk tahu penempatan terbaik untuk tiap block, pertama kamu harus mengenal bentuk tiap block. Untungnya di Tetris modern seperti Tetris 99, mengingat tiap block tidaklah sulit.

tips-panduan-bermain-tetris-99-9

Masing-masing block di Tetris 99 memiliki warna yang berbeda. Block L selalu berwarna oranye, block J selalu berwarna biru gelap, block S berwarna hijau, dan seterusnya seperti gambar di atas. Ini akan membantu mengidentifikasi tiap block dalam waktu singkat. Dengan begitu kamu sempat menentukan di mana block tersebut akan diletakkan sebelum muncul di papan permainan.

Jika kamu sudah benar-benar ahli dalam mengenali bentuk tiap block, kamu harusnya bisa memanfaatkan fitur queue di sebelah kanan. Dengan melihat lima block yang akan muncul berikutnya, kamu bisa merencanakan build dengan mudah.

Manfaatkan Fitur Menyimpan Block Sebaik Mungkin

tips-panduan-bermain-tetris-99-6

Satu lagi fitur yang harus kamu manfaatkan di Tetris 99 adalah fitur menyimpan block. Dengan menekan tombol L, kamu bisa menyimpan block yang muncul untuk dipakai nanti. Jika kamu sudah punya block yang tersimpan sebelumnya, kamu berarti akan mendapatkan block tersebut. Jika tidak, kamu akan diberikan block yang muncul berikutnya.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk beberapa hal. Pertama adalah menyimpan block penting untuk momen yang krusial. Misalnya kamu mendapatkan block I, tapi kamu ingin membangun tumpukan kamu sedikit lebih tinggi sebelum menggunakannya. Kamu bisa menyimpannya untuk momen yang tepat, misalnya mendapatkan Tetris dua kali berturut-turut. Hal yang sama juga berlaku jika kamu ingin melakukan T-Spin atau trik lainnya.

tips-panduan-bermain-tetris-99-5

Kedua adalah untuk menghindari block yang tidak ideal. Kadang kamu akan diberikan block yang mungkin belum punya tempat yang tepat di tumpukan yang ada. Kamu bisa menyimpannya untuk meletakkan block yang lebih mudah diletakkan.

Terakhir, fitur simpan ini punya satu mekanik unik. Jika kamu menyimpan block dan menggantinya dengan yang baru, block tersebut akan muncul dari atas papan permainan. Ini sangat membantu jika block kamu sudah hampir terkunci tapi kamu melakukan kesalahan atau tidak tahu harus meletakkannya di mana. Jika kamu menyimpan block yang bisa ditempatkan, kamu bisa dengan mudah melakukan reset. Sebagai gantinya kamu mungkin harus menyimpan block yang mungkin tidak ideal.

Gunakan Pre-Set Targeting dengan Optimal

tips-panduan-bermain-tetris-99-10

Dalam Tetris 99, kamu menyerang dan bertahan dengan membersihkan sebanyak mungkin baris. Menyerang berarti mengirimkan baris “sampah” ke lawan yang jadi target, sementara bertahan berarti menghilangkan baris “sampah” dari lawan yang akan muncul di areamu. Jika lawan mati karena sampah tersebut, kamu akan mendapatkan satu poin kill.

Tanpa multiplier, seberapa kuat serangan dan pertahananmu bergantung pada jumlah baris yang kamu bersihkan. Single (satu baris) tidak punya kekuatan, Double (dua baris) punya kekuatan satu baris, Triple (tiga baris) punya kekuatan dua baris, dan Tetris (empat baris) punya kekuatan empat baris. Jika kamu membersihkan baris terus menerus, serangan dan pertahananmu akan bertambah kuat.

Pertanyaan pentingnya, ke mana kamu harus menyerang? Well, kamu bisa menentukan target secara manual menggunakan analog kiri. Pemain yang jadi target akan ditandai dengan icon heksagon. Namun kami lebih menyarankan untuk menggunakan pre-set targeting yang ada di atas area permainanmu. Cukup gerakkan analog kanan ke salah satu dari empat pilihan arah yang tersedia.

tips-panduan-bermain-tetris-99-4

Ada empat pilihan targeting yang bisa kamu pilih, yaitu KO, Random, Attackers, dan Badge. Sesuai namanya, Random akan menentukan target serangan secara acak. KO berarti mengincar pemain yang hampir mati. Badge berarti mengincar pemain dengan jumlah Badge paling banyak (fungsi Badge akan kami jelaskan di poin berikutnya). Ketiga pre-set ini membuatmu akan mengincar satu pemain saja.

Attacker akan membuatmu mengincar balik pemain lain yang mengincarmu. Pre-set ini sama sekali tidak membatasi jumlah berapa banyak pemain yang kamu incar. Jika kamu diserang oleh delapan orang, kamu akan mengincar delapan orang tersebut sekaligus. Tidak cuma itu, seranganmu juga kan bertambah kuat dan disebar merata ke pemain tersebut.

tips-panduan-bermain-tetris-99-12

Idealnya, sepanjang awal permainan kamu ingin memilih pre-set KO agar kamu bisa mendapatkan kill sebanyak mungkin. Kemudian saat pemain tersisa sedikit, kamu Badges adalah pre-set terbaik.

Namun jika kamu diserang oleh banyak pemain sekaligus, pre-set terbaik jelas adalah Attacker. Jika kamu bisa menyerang mereka lebih awal, bukannya harus repot bertahan kamu justru akan sangat diuntungkan. Percayalah, diserang banyak pemain ketika permainan baru dimulai adalah kondisi yang justru menguntungkan untukmu. Cukup pastikan kamu bisa menyerang lebih dulu sebelum lawan sempat menyerang.

Dapatkan Kill/Badge Sebanyak Mungkin

tips-panduan-bermain-tetris-99-2

Ketika mendapatkan kill, kamu akan mendapatkan potongan Badge. Jika mendapatkan sejumlah kill, kamu akan diberikan Badge yang utuh. Kamu bisa mengumpulkan total empat Badge, masing-masing dengan syarat kill yang makin banyak.

Untuk mendapatkan satu Badge, kamu harus membunuh dua pemain. Untuk mendapatkan dua Badge kamu harus membunuh enam pemain, tiga Badge berarti membunuh 14 pemain, dan terakhir empat Badges berarti membunuh total 30 pemain.

tips-panduan-bermain-tetris-99-7

Badge berfungsi meningkatkan kekuatan serangan dan bertahanmu. Makin banyak Badge yang kamu miliki, makin kuat juga seranganmu. Memasuki late game di mana pemain yang tersisa hanya sedikit, semua pemain dijamin memiliki cukup banyak Badge, yang berarti serangan mereka juga lebih kuat. Karena itu untuk mengimbangi kamu pun harus memiliki Badge yang cukup. Jika tidak kamu mungkin harus bekerja keras hanya untuk bisa selamat.

Untungnya jika kamu membunuh pemain yang memiliki Badge, kamu berhak mengklaim Badge pemain tersebut. Karena itulah di poin sebelumnya kami menyarangkan untuk memasang pre-set targeting ke Badge ketika permainan mulai mendekati akhir, terutama ketika menyisakan 30 hingga 20 pemain. Dengan begitu kamu siap menghadapi fase 10 besar yang cukup sulit.

Play A Clean Tetris

tips-panduan-bermain-tetris-99-3

Ada banyak strategi dan trik yang bisa kamu manfaatkan untuk memenangkan Tetris 99. Namun yang paling penting, terutama jika kamu masih baru, kamu harus bisa bermain Tetris yang normal secara optimal.

“Optimal” di sini berarti bisa membuat tumpukan sedemikian rupa sehingga kamu bisa mengakomodir block apapun yang muncul berikutnya. Artinya kamu juga tidak ingin bergantung pada block tertentu yang bisa saja tidak kunjung muncul.

Baca juga: Review Tetris 99 – Lebih Seru dari Yang Kamu Kira

Idealnya kamu ingin membuat tumpukan yang hampir rata. Jika terlalu rata kamu tidak akan punya tempat untuk block S dan Z, tapi jika terlalu bergerigi kamu tidak akan punya tempat untuk block O. Selain itu kamu juga ingin membuat satu kolom “sumur” sebagai tempat block I untuk mendapatkan Tetris. Jika kamu membuat sumur di sebelah kanan, kamu ingin membangun tumpukan dari kiri terlebih dulu, dan sebaliknya.

tips-panduan-bermain-tetris-99-11

Jika dibaca saja, poin terakhir ini mungkin sangat mudah. Namun dalam permainan sebenarnya, kamu mungkin akan ditempatkan dalam situasi yang sulit. Dalam kondisi tersebut, kreativitas kamu sebagai pemain sangat diuiji, dan di sinilah pemain yang berpengalaman bisa bersinar.

Beberapa pemain yang sangat berpengalaman sudah sangat familier dengan berbagai situasi. Saking familiernya, mereka akan terlihat bermain dengan sangat cepat seolah sudah tahu persis apa yang harus dilakukan di berbagai situasi.

Kamu mungkin belum sampai di level itu, dan begitu juga saya. Namun jika sering berlatih dan menemui berbagai situasi, kamu harusnya bisa mendapatkan fundamental yang solid. Dari situ kamu mulai bisa mengeksplorasi strategi khusus untuk game ini.


Kaoru