Beberapa Tips Sederhana Sebelum Membeli Sebuah Komponen PC

Sebelum membeli komponen PC, kalian wajib melakukan beberapa hal agar nantinya tidak ditipu oleh para seller nakal.


komponen PC

Merakit sebuah PC merupakan salah satu kegiatan yang cukup mengasyikan bagi para PC enthusiast. Memiliki banyak kegunaan, tak sedikit orang yang akhirnya melirik PC baik para pekerja maupun para pelajar. Salah satu kegunaan yang tak bisa dipungkiri dari sebuah PC adalah mampu menjalankan sebuah game. Semakin baik PC yang dimiliki, maka semakin maksimal juga sensasi memainkan sebuah game.

BACA JUGA: Game PC Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Mei 2020

Namun berbeda dengan console, laptop, atau AIO PC, PC desktop biasa memiliki komponen yang terpisah. Kalian harus merakitnya sebelum akhirnya mampu melakukan booting dan diinstal sejumlah software. Bicara soal PC, salah satu yang rentan adalah ketika seseorang membeli sebuah komponen.

Di sini ada beberapa hal yang harus diperhatikan khususnya bagi kalian yang masih awam di dunia perakitan PC. Gimbot memiliki beberapa tips sederhana bagi yang ingin membeli komponen sebuah PC. Berikut ulasannya,

1. Barang Resmi atau PI (Parallel Import)

komponen PC

Hal pertama yang wajib kalian perhatikan sebelum membeli sebuah komponen PC adalah memastikan apakah barang tersebut adalah barang resmi dari distributor atau Parallel Import (PI) yaitu barang yang didatangkan bukan dari distributor. Secara kasat mata, keduanya sama karena dari segi rupa maupun spesifikasi memang tak ada yang berbeda. Keduanya juga sama-sama barang asli.

Lantas di mana letak perbedaannya? Bedanya adalah dari sisi aftersales. Ya, barang resmi yang didatangkan dari distributor di Indonesia memiliki beberapa keunggulan misalnya kalian akan mendapatkan sejumlah bonus pembelian (Jika memang ada bonus yang disertakan) dan juga klaim garansi akan lebih mudah karena ditangani langsung oleh distributor resmi.

Biasanya, tanpa nota sekalipun, keluhan jika terjadi kerusakan asal sesuai dengan peraturan dari distributor akan langsung dilayani. Membaca soal distributor merk komponen yang dibeli menjadi bekal wajib sebelum kalian membeli sebuah komponen PC. Sebisa mungkin hindari barang PI karena kalian akan mendapatkan kerugian.

Pertama, menurut beberapa orang yang paham di dunia per-PC-an, biasanya PI dibanderol dengan harga yang lebih murah tapi beberapa toko justru memberikan harga seperti barang resmi. Kedua, terkadang klaim garansi lebih ribet apalagi jika nota hilang karena barang tersebut tidak terdata di distributor resmi sehingga otomatis permintaan klaim akan ditolak.

Klaim garansi di toko pembelian memang bisa namun biasanya toko akan meminta nota. Toko yang nakal akan menolak garansi jika nota tersebut hilang. Jadi, telitilah di sini dan tanyakan apakah barang yang kalian resmi dari distributor atau tidak. Biasanya barang yang resmi distributor memiliki stiker khusus dari distributor.

Jika sekiranya dapat barang PI, kalian bisa langsung minta tukar ke toko agar tak menyesal di kemudian hari.

2. Cek Keaslian Barang

komponen PC

Hal yang sering terjadi bagi orang awam yang baru merakit PC adalah mereka akan diberikan barang yang palsu. Biasanya barang palsu yang sering bertebaran adalah VGA Card. Untuk memastikannya tentu cukup mudah. Pertama, tanya seller dari komponen dari distributor mana barang yang kalian beli, kemudian cek apakah merk yang kalian beli benar adanya, dan terakhir adalah pastikan semua informasi benar adanya.

Untuk mengecek informasi, perakit PC bisa tanyakan ke grup-grup perakitan PC, googling, atau menanyakan kepada teman yang mengerti. Jika sudah dipastikan barang tersebut asli, kalian bisa membelinya. Namun jika meragukan, kalian harus mencari barang yang lain.

BACA JUGA: Mengenal IGRS! Rating Game Sistem dari Indonesia

VGA card yang palsu biasanya memiliki pemrograman yang tak sesuai ketika dijalankan. Misalnya di kardus dan fisiknya tertulis GTX 950 namun ternyata ketika dicoba, performa yang ditawarkan lebih rendah dari itu dan ketika dicek, ternyata VGA card itu bukanlah GTX 950 melainkan GT 1030 yang dimodifikasi agar terbaca sebagai GTX 950.

Pilihlah merk-merk besar yang sudah dikenal meskipun memilih merk besar juga bisa berakibat tertipu barang palsu jika ada seller yang nakal. Namun kemungkinan itu sejatinya sangat kecil jadi tak perlu khawatir.

Intinya, spesifikasi yang tertera dan performa yang ditawarkan harus sesuai!

3. Beli di Toko yang Sudah Dikenal

komponen PC

Tips selanjutnya sebelum membeli komponen PC adalah membeli di toko yang sudah dikenal. Khususnya di e-commerce, kalian bisa memilih toko yang sudah official atau bekerjasama langsung dengan distributor. Karena meski belum official, namun jika tokonya sudah jelas bekerjasama dengan distributor, itu bisa menjadi pilihan.

Toko yang sudah dikenal dan terkenal tentu akan memiliki barang yang berkualitas pula setidaknya mereka tidak akan menjual barang palsu karena jika ketahuan, reputasi mereka yang dipertaruhkan. Selain itu, biasanya toko-toko besar memiliki pelayanan yang prima baik itu di online maupun di offline.

Kalian yang membeli online, biasanya toko besar yang sudah terkenal itu akan memberikan packing terbaik agar barang tetap aman sampai tujuan. Semakin mantap reputasi sebuah toko, pelayanan dan kualitas barangnya akan semakin baik. Pemilihan toko yang benar juga meminimalisir kerugian dari barang yang kalian beli nantinya.

4. Cek Kelengkapan dan kualitas Barang

PC Master Race

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan ketika membeli sebuah komponen PC adalah kalian wajib melakukan cek kelengkapan dan kualitas barang. Jangan sampai ada yang luput hingga akhirnya kalian mendapatkan barang yang tidak lengkap. Jika barang tersebut disertakan bonus pembelian, kalian wajib memintanya.

Selain itu melihat dan mengecek kualitas barang juga wajib hukumnya karena komponen PC tak bisa dipungkiri merupakan barang yang rentan. Pastikan fisik masih mulus dan tidak ada sesuatu yang rusak. Selain itu pastikan juga semua fungsi berjalan dengan normal tanpa ada kendala. Karena jika ada kendala, kalian bisa langsung komplain ke seller atau langsung mengirimkannya ke distributor untuk di cek kembali.

Jangan lupa, mintalah nota pembelian dan simpan baik-baik jika suatu hari nanti nota pembelian itu diperlukan oleh kalian. Cek kelengkapan dan kualitas adalah sebuah kewajiban jika kalian membeli komponen PC.

5. Mengetahui Barang apa yang Bakal Kalian Beli

GPU terbaik

Hal terakhir yang tak kalah penting dan cukup menentukan adalah kalian wajib tahu barang yang kalian beli. Untuk melakukan ini, kalian harus memiliki list komponen yang kalian inginkan. Jangan lupa, siapkan pilihan komponen cadangan jika komponen utama incaran kalian tidak ada.

Bagi yang ingin merakit PC secara utuh, jangan pernah menyuruh seller untuk memilihkan komponen PC kalian. Misalnya, kalian hanya bilang, “ Bang rakitin PC Rp13 juta,” jika kalian melakukan hal seperti ini, seller akan rentan melakukan penipuan. Ada baiknya jika membeli PC rakitan secara utuh, kalian sendiri yang memilihkan komponennya sesuai dengan budget kalian.

Karena biasanya ada dua tipe seller yang nakal. Mereka memberikan barang yang harganya mahal tapi performa jelek dan yang kedua memberikan barang yang spesifikasinya terlampau tinggi serta cenderung mubazir karena melampaui kebutuhan kalian. Alhasil, kalian harus membayar sangat mahal untuk itu.

Jika diiming-imingi komponen yang tak sesuai kalian bisa menolak! Itulah kegunaan perencanaan pembelian dan pentingnya mengetahui barang apa yang hendak kalian beli.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.