3 Tips Ketika Baru Mulai Bermain Cuphead


Cuphead akhirnya hadir di Nintendo Switch. Untuk kamu yang baru pertama kali memainkan game ini, kami punya beberapa tips awal.

tips-awal-bermain-cuphead-featured

Cuphead akhirnya rilis di Nintendo Switch tanggal 18 April 2019. Game dengan grafis ala kartun tahun 1930-an ini sebelumnya sudah dirilis di PC dan Xbox dan cukup dikenal tidak hanya dari grafis, tapi juga tingkat kesulitannya.

Meskipun sulit, Cuphead bukanlah game yang mustahil untuk diselesaikan. Demi memudahkan perjalananmu di game ini, berikut Gimbot berikan beberapa tips sederhana ketika kamu baru mulai bermain.

Selalu Ubah Konfigurasi Tombol Sebelum Bermain

tips-awal-bermain-cuphead-1

Ketika bermain Cuphead, setengah konsentrasimu akan tersita untuk bergerak dan menghindari serangan bos yang ada. Tapi sambil melakukan itu kamu juga harus tetap menembaki musuh agar menghasilkan damage.

Sayangnya, konfigurasi tombol default untuk Cuphead mencegahmu melakukan itu. Jadi sebelum mulai bermain sebaiknya ganti konfigurasi tombol tersebut.

Konfigurasi yang kami sarankan adalah memindahkan tombol untuk menembak ke shoulder button (tombol R atau L). Lalu untuk lompat, dash, dan Special masing-masing di B, A, dan X/Y tergantung preferensi. Malah jika mau kamu bisa memasang tombol dash di shoulder button yang satunya.

Dengan konfigurasi ini, masing-masing jarimu punya tugas sendiri. Jempol kiri untuk bergerak, jempol kanan untuk lompat (dan dash), lalu jari telunjuk untuk terus menahan tombol tembak. Dengan begitu selagi sibuk bergerak dan menghindari serangan kamu tetap mengeluarkan serangan.

Ambil Koin Gratis Yang Tersedia

tips-awal-bermain-cuphead-2

Kamu akan selalu mulai dengan satu jenis tembakan dan tanpa kekuatan tambahan. Untuk mendapatkan tembakan kedua atau charm lain, kamu harus membelinya dengan koin di Shop yang tersedia.

Mendapatkan koin untuk membeli charm atau tembakan sebelum menghadapi musuh pertama tentu akan memberikanmu sedikit kemudahan. Untuk mendapatkan koin, kamu harus melewati babak Run And Gun yang mungkin tidak mudah. Untungnya Cuphead cukup baik untuk memberikanmu beberapa koin secara cuma-cuma.

Pertama, selalu masuk ke dalam tutorial. Selain membuatmu familier dengan tombol dan gerakan yang tersedia, tutorial juga punya satu koin yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Setelah menyelesaikan tutorial dan keluar dari rumah, bicaralah pada NPC yang duduk di pinggir jembatan. Ia akan memberikanmu tiga koin secara cuma-cuma.

Dengan total empat koin, kamu harusnya bisa membeli satu charm atau satu tembakan baru.

Smoke Bomb Adalah Charm Terbaik!

tips-awal-bermain-cuphead-3

Dengan empat koin, ada beberapa tembakan dan charm yang bisa kamu beli. Yang mana yang paling bagus tergantung pada gaya bermainmu atau kadang tergantung musuh yang kamu hadapi.

Tapi ada satu yang upgrade yang menurut saya wajib kamu gunakan hampis di semua situasi, yaitu Smoke Bomb.

Dengan Smoke Bomb, dash yang kamu lakukan akan sedikit berubah. Kamu akan mengeluarkan sebuah asap, hilang, lalu muncul di posisi akhir dash. Singkatnya, Smoke Bomb menghilangkan badanmu di tengah-tengah dash.

Menghilang di sini berarti sama sekali tidak bisa menerima damage dari serangan lawan. Artinya selain untuk berpindah tempat, Smoke Bomb akan membuat dash kamu jadi alat menghindar yang jauh lebih efektif.

Kecuali kamu menghadapi bos yang berada di udara, saya sangat menyarankan menggunakan Smoke Bomb di hampir semua tempat.


That’s it! Jika kamu baru pertama kali bermain Cuphead, jangan gampang menyerah. Kunci dari bermain game ini adalah untuk terus mencoba sambil mempelajari semua pola serangan musuh. Selama kamu sabar dan bisa bermain dengan baik, cepat atau lambat semua bos akan bisa kamu atasi.


Kaoru