5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Brawl Stars


Sudah memainkan gim terbaru dari Supercell berjudul Brawl Stars? Meski tidak se-hype Clash of Clans dan Clash Royale, tetapi gim yang baru dirilis pada tanggal 12 Desember 2018 ini cukup menarik untuk dimainkan.

Btw, gim ini termasuk kategori freemium. Artinya, gim ini dapat kamu mainkan secara gratis tetapi beberapa fitur dan layanan tambahan yang ingin kamu nikmati harus kamu bayar, seperti gems sebagai item yang dapat digunakan untuk meningkatkan status karakter.

Berikut lima hal yang harus kamu ketahui tentang Brawl Stars:

1. Battle Royale ala Supercell

Mengikuti perkembangan genre gim battle royale yang sedang naik daun, Supercell akhirnya juga membuat Brawl Stars sebagai gim battle royale miliknya. 

Gim ini mengusung multiplayer mobile arena fighter/party yang menantang kamu untuk melakukan duel dengan musuh dalam format 3 vs 3 seperti dalam mode Gem Grab (mode permainan paling awal).

Sederhananya, ketika permainan dimulai, kamu harus menyelesaikan misi yang ada bersama rekan satu tim dan mengalahkan musuh dengan segera.

2. Pilih Brawler Jagoanmu

Setiap karakter yang dimainkan disebut dengan Brawler. Terdapat 22 Brawler dengan kemampuan masing-masing yang unik. Setiap Brawler akan memiliki tiga status, yaitu Health, Attack, dan Super.

Health adalah jumlah darah yang dimiliki. Attack adalah besarnya jumlah serangan. Sedangkan, Super adalah besarnya kerusakan serangan spesial yang ditembakkan.

Setidaknya, terdapat empat kategori Brawler mulai dari close range damage dealers, long-range shooters, supporters, and healers. Masing-masing memiliki kemampuan khusus seperti Colt (long-range shooters) yang efektif digunakan untuk serangan jarak jauh atau Nita (supporters) yang bertugas membantu serangan rekan satu tim.

Setiap kamu menang, Brawler juga akan memberikan kamu experience sebagai poin untuk menentukan tingkat level bagi akunmu sendiri.

3. Mode Event Permainan yang Beragam

Mode permainan Brawl Stars sendiri cukup banyak. Terdapat sebanyak delapan mode permainan yang dapat kamu coba mulai dari Gem Grab, Showdown, Bounty, Brawl Ball, Heist, Robo Rumble, Boss Fight, dan Big Game.

Gem Grab adalah mode permainan pertama yang dapat dimainkan (default). Sedangkan, mode permainan lainnya dapat terbuka jika kamu sudah memiliki trophies dalam jumlah tertentu yang dapat dikumpulkan setiap kamu memenangkan pertarungan.

Di mode Gem Grab, kamu akan bertarung dengan musuh 3 vs 3 dengan misi mengumpulkan gems sebanyak 10 buah. Tim yang terlebih dahulu mengumpulkannya dan memegangnya selama 15 detik, merekalah yang menang.

Sedangkan, di mode Showdown, kamu dapat bermain secara solo atau duos dan bertarung dengan 10 pemain lainnya. Setiap detik, peta akan diselimuti oleh racun yang mengharuskan kamu bergerak ke tengah. Siapa yang berhasil bertahan sampai akhir, dialah pemenangnya.

Mode lainnya akan dibahas di artikel yang berbeda.

4. Kumpulkan Trophies di Setiap Pertandingan

Trophies adalah reward yang akan kamu dapatkan setiap kamu berhasil memenangkan pertandingan. Normalnya, ketika karaktermu berada di level 1, kamu akan mendapatkan 8 trophies setiap menang. Semakin banyak trophies yang kamu miliki, semakin banyak karakter dan beberapa item bonus lainnya yang kamu dapatkan.

Setiap Brawler memiliki jumlah trophies tersendiri yang akan menentukan Rank atau peringkat Brawler. Perhatikan, jika peringkat Brawler milikmu semakin tinggi dan kamu kalah dalam pertandingan, bersiaplah untuk kehilangan trophies dalam jumlah besar.

5. Item sebagai Mata Uang dan Upgrade

Terdapat beberapa item yang dapat digunakan sebagai mata uang di dalam permainan seperti gems, tokens, power points, dan tickets. Gems dan tokens adalah mata uang premium di Brawls Stars yang digunakan untuk membeli Boxes dan Skins plus hanya dapat diperoleh melalui Brawl Boxes atau pembelian dari Shop.

Bahkan ada mata uang khusus untuk membuka event tertentu seperti tickets. Power points sendiri digunakan untuk menaikkan status Brawler yang hanya bisa didapatkan dari Boxes.

Brawl Stars ini sangat seru dimainkan bersama dengan teman-teman. Btw, sudah level berapa nih? Hehe.


Like it? Share with your friends!

Chipsman

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.