Sonic Runners Adventure, Game Sonic Terbaik yang Jarang Dikenal Orang


Ada sejumlah game Sonic menarik yang terbit dalam dekade terakhir, tapi game satu ini tampaknya banyak dilewatkan orang. Seberapa seru, sih?

Halo pembaca setia Gimbot, apakah kamu termasuk seorang penggemar seri Sonic the Hedgehog? Kalau iya, mungkin kamu sudah tahu bahwa franchise Sonic punya rekam jejak yang cukup labil di dunia video game. Kadang ada game Sonic yang keren dan digemari banyak orang, tapi lebih sering game Sonic itu punya kualitas pas-pasan atau terlalu banyak gimmick sehingga malah jadi tak nyaman dimainkan.

Selama satu dekade terakhir, mungkin hanya empat judul Sonic yang benar-benar diterima dengan baik secara universal, yaitu Sonic & All-Stars Racing Transformed, Sonic Generations, Sonic Colors, dan Sonic Mania. Sisanya antara “hangat-hangat kuku” saja atau malah mengecewakan. Contoh paling parah adalah Sonic Boom: Rise of Lyric yang terbit untuk Wii U di tahun 2014. Game tersebut hanya mendapat nilai 32 di Metacritic, dan sering disebut sebagai game Sonic terburuk sepanjang masa.

Sebenarnya ada satu judul Sonic yang menurut Gimbot sangat keren, tapi tidak begitu terkenal, yaitu Sonic Runners Adventure. Game ini tersedia di platform mobile (iOS/Android), akan tetapi tidak gratis. Kamu harus membayar sebesar Rp45.000 (atau US$2,99) untuk membelinya. Mungkin itu alasan game ini kurang populer, karena perangkat mobile memang cenderung didominasi oleh game free-to-play.

Dari judulnya kamu pasti sudah bisa membayangkan ini game seperti apa. Ya, Sonic Runners Adventure adalah game bergenre runner, namun bukan endless runner seperti judul-judul runner pada umumnya. Di sini kamu akan berlari kencang sebagai Sonic dan kawan-kawannya di sejumlah level yang didesain dengan apik, lengkap dengan cerita yang cukup menghibur serta pertarungan-pertarungan melawan boss yang seru.

Sistem kontrol dalam Sonic Runners Adventure sangat sederhana. Karaktermu akan berlari secara otomatis dari kiri ke kanan, kemudian kamu bisa melakukan tap di layar untuk membuat karakter melompat. Intinya hanya itu, ditambah sedikit kontrol tambahan untuk mengaktifkan item atau menggunakan skill. Namun jangan salah, walaupun kontrolnya super sederhana, gameplay Sonic Runners Adventure sangat seru dan memiliki kedalaman tersendiri.

Sonic Runners Adventure benar-benar berhasil menangkap “esensi” dari sebuah game Sonic, yaitu nikmatnya perasaan berlari kencang tanpa henti. Kamu harus melompat di waktu-waktu yang tepat agar bisa mengalahkan musuh, menghindari jebakan, serta mengumpulkan Rings (cincin). Apabila kamu berhasil melakukan semuanya dengan sempurna, karaktermu akan beraksi sangat keren layaknya ahli parkour, dan ini sungguh memuaskan. Sebuah game yang menyandang nama Sonic, memang seharusnya seperti ini!

Terdapat sembilan karakter yang bisa kamu mainkan. Mulai dari Sonic, Tails, dan Knuckles, hingga rival-rival Sonic seperti Shadow the Hedgehog dan Espio the Chameleon. Para karakter juga dibekali dengan berbagai skill. Contohnya, Sonic adalah karakter tipe Speed, dan ia memiliki kemampuan untuk melakukan triple jump. Sementara Tails adalah karakter tipe Fly, dan ia bisa terbang tinggi untuk menjangkau tempat-tempat tertentu.

Variasi gameplay lebih jauh ada pada berbagai Booster Item serta Buddy (karakter partner) yang bisa kamu bawa untuk memberikan sejumlah efek spesial. Misal melindungimu dari damage, memberi kesempatan revive, atau mengumpulkan Rings lebih banyak. Menggabung-gabungkan kombinasi karakter, Booster Item, dan Buddy ini rasanya menyenangkan sekali dan membuat permainan tidak monoton. Apalagi setiap stage juga memiliki misi yang kadang-kadang hanya bisa diselesaikan dengan karakter tertentu.

Dengan lebih dari 40 stage untuk dimainkan, Sonic Runners Adventure punya konten yang cukup padat dan tidak butuh waktu terlalu lama untuk ditamatkan. Mengingat harganya yang murah, hanya Rp45.000, Gimbot rasa game ini sangat layak dibeli kalau kamu penggemar Sonic the Hedgehog. Jangan tertipu dengan genre permainannya yang terlihat simpel, Sonic Runners Adventure menyimpan hiburan seru yang pasti akan memuaskan para fans Sonic. Gotta go fast!

Google Play Store: Sonic Runners Adventure (Rp45.000)

Apple App Store: Sonic Runners Adventure (Rp45.000)


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.