Review River City Girls, Sebuah Standar Baru Untuk Beat ‘Em Up


Judul terbaru dari River City Ransom ini berhasil memberikan pengalaman beat 'em up yang berkesan, in style.

review-river-city-girls-featured

River City Girls adalah game terbaru untuk seri beat ‘em up klasik River City Ransom. Tapi jika dulu kamu bermain sebagai dua siswa jagoan, sekarang kamu menghajar musuh sebagai pacar mereka.

Sejak pertama kali rilis, River City Girls menarik cukup banyak perhatian terutama untuk mereka yang ingin bermain game beat ‘em up yang sudah lama tidak muncul. Tapi apakah game ini memberikan pengalaman beat ‘em up yang berkesan? Simak review kami

Presentasi Menawan Dengan Karakter Yang Mencolok

review-river-city-girls-senjata

Satu hal yang menurut saya sangat menarik di game ini adalah presentasinya. Meskipun dengan grafis piksel, River City Girls memperlihatkan visual yang menawan. Animasi tiap karakter, baik karakter utama maupun musuh terlihat sangat ekspresif. Latar belakang tiap area juga terlihat sangat mencolok dengan warna yang berbeda di tiap area. Ini belum sentuhan kecil seperti karakter latar yang menghindar ketika kamu menyerang ke arah mereka.

Visual di River City Girls tidak hanya berhenti di grafis piksel saja. Ceritanya diperlihatkan dalam bentuk panel komik. Tiap bos diperkenalkan dalam cuplikan singkat ala anime. Lalu selama bermain, karaktermu juga akan melakukan percakapan yang disajikan dalam bentuk dialog ala visual novel. Bahkan ketika di area terbuka pun kamu bisa melihat potret kedua karakter di atas mencondongkan kepala mereka ketika melakukan dialog singkat.

review-river-city-girls-komik

Tapi semua visual keren tersebut akan kurang berkesan jika karakter yang membawakannya membosankan. Untungnya, baik Kyoko dan Misako punya kepribadian yang sangat menarik dan cukup bertolak belakang. Meskipun begitu perbedaan tersebut membuat dinamika dan interaksi kedua karakter jadi lebih lucu.

Sama halnya dengan karakter-karakter lain yang juga punya ciri khas yang mencolok, baik dari segi penampilan maupun percakapan. Interaksi mereka dengan Kyoko dan Misako juga berkesan. Inilah yang membuat semua interaksi dan visual dalam game ini jadi makin berkesan.

review-river-city-girls-percakapan

Melengkapi visual tersebut, River City Girls punya soundtrack yang tidak mungkin bisa dilewatkan. Musik snyth pop yang dimainkan tentu memberikan kesan klasik seri River City. Tapi tidak cuma itu, kamu juga menemukan lagu yang disertakan dengan vokalis yang tetap keren.

Memperhatikan presentasi saja, River City Girls sudah jadi game yang menurut saya sangat keren.

Beat ‘Em Up Dengan Sedikit Elemen RPG

review-river-city-girls-pertarungan1

River City Girls sejatinya adalah game beat ‘em up. Artinya entah sendiri atau berdua, kamu akan melewati berbagai tempat dan menghajar siapa saja yang menghalangi. Mayoritas penghalangmu adalah musuh biasa, tapi sesekali kamu juga akan menghadapi bos.

Satu hal yang membuat game beat ‘em up kurang berkesan adalah setelah beberapa lama, pengalaman bermainnya terasa repetitif. Ini terjadi karena kamu sudah punya gerakan yang fix dan tidak bisa dimodifikasi dan dikombinasikan satu sama lain. Selain itu banyak game di genre ini yang meskipun punya jalan bercabang, tapi sejatinya cukup linier. Artinya kamu akan selalu harus bergerak dari satu titik ke titik berikutnya. Akhirnya permainan akan terasa seperti tugas menjengkelkan yang tidak engaging.

review-river-city-girls-dab

River City Girls menghilangkan repetisi tersebut dengan memasukkan banyak elemen RPG di dalamnya. Karakter yang kamu gunakan memiliki level dan atribut. Tiap naik level, atributmu akan bertambah alias kamu akan makin kuat. Tapi tidak cuma itu, kamu juga akan mendapatkan gerakan atau serangan baru tiap naik level.

Tidak cuma melalui level, kamu juga bisa mempelajari gerakan baru dengan membelinya di Dojo dengan uang yang kamu dapatkan dari mengalahkan musuh. Seiring waktu dari cuma punya beberapa serangan, kamu punya banyak gerakan yang bisa dikombinasikan. Semua gerakan juga bisa dikeluarkan dengan input yang sederhana. Ini membuat pertarungan tidak pernah membosankan karena kamu selalu bisa mencoba combo atau trik begitu mendapatkan sebuah gerakan baru.

review-river-city-girls-bos1

Melalui input tombol yang sederhana, siapapun bisa memainkan River City Girls dan menggunakan semua gerakan yang tersedia. Kekuatan tiap serangan yang kamu gunakan juga cukup terasa, sekali lagi berkat animasinya yang kuat. Dengan begitu menghajar musuh dengan combo keren jadi terasa rewarding. Lalu karena Kyoko dan Misako punya gerakan yang berbeda, kamu juga bisa memilih sesuai preferensi.

Ngomong-ngomong, uang yang kamu peroleh tidak hanya digunakan untuk membeli benda-benda lain. Kamu bisa membeli healing item untuk mengembalikan HP yang hilang. Selain itu kamu juga bisa membeli equipment yang memberikan sedikit power-up. Artinya selain bisa mengeksplorasi combo yang disukai, kamu juga bisa sedikit memodifikasi kekuatan sesuai dengan gaya permainanmu.

review-river-city-girls-bos-3

Item ini dijual di toko-toko yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh dunia dalam game-nya yang cukup luas untuk ukuran beat ‘em up. Tapi jangan khawatir karena selama bermain kamu akan mengunjungi tiap lokasi minimal dua kali untuk menyelesaikan cerita utamanya. Lalu jika ingin ingin membeli barang tertentu, kamu bisa kembali ke area sebelumnya dengan cepat.

Dunia yang cukup luas dan terbuka memberikanmu kebebasan untuk melakukan apa saja tanpa menghilangkan esensi dari game beat ‘em up, yaitu menghajar musuh yang kamu temui. Sementara toko-toko yang bisa kamu kunjungi juga bisa memberikan downtime atau sedikit waktu istirahat di tengah pertarungan yang kadang terlalu hectic.

review-river-city-girls-toko

Hanya ada dua hal minor yang sedikit mengganggu dari sisi gameplay. Pertama, musuh kadang melakukan gerakan yang sedikit cheap alias kotor. Misalnya, ketika kamu tengah menghajar satu musuh, akan ada musuh lain yang berlari dan menyerang dari belakang. Ketika kamu mendapatkan gerakan tertentu, kamu harusnya bisa mengatasinya dengan mudah. Tapi di awal permainan, dikepung oleh banyak muncul bisa jadi sangat menjengkelkan.

Kedua, ketika pindah ke area baru, kamu kadang akan disambut dengan satu musuh. Ini sebenarnya tidak masalah karena kamu bisa langsung menghajar musuh tersebut. Tapi salah satu tombol serangnya juga merupakan tombol untuk mengakses area lain. Karena bertarung di gerbang sebuah area, saya sering tidak sengaja pindah ke area yang sebelumnya saya lewati hanya karena untuk menyerang musuh.

Kesimpulan

review-river-city-girls-bos4

Secara keseluruhan River City Girls adalah game yang wajib untuk kamu penggemar beat ‘em up atau mencari game seru yang bisa dimainkan berdua. Kontrolnya yang mudah membuat siapapun bisa mencoba dan bermain. Karakternya yang lucu dan presentasinya yang keren juga dijamin akan membuatmu cukup betah memainkan game ini.

River City Girls tersedia di PC, Playstation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.


Kaoru