Review Minecraft Dungeons– Eksplorasi Dunia Minecraft ala RPG yang Bikin Nagih

Game ini seolah menjawab apa yang selalu diidam-idamkan oleh setiap pemain Minecraft dari dulu untuk dapat bertarung dengan bebas di dunia Minecraft.


review-minecraft-dungeons-0

Tidak seperti Minecraft biasanya, Minecraft Dungeons tidak memiliki fitur crafting dan mining. Apakah game ini cukup menarik untuk dimainkan? Simak review Minecraft Dungeons dari Gimbot di bawah ini!

Setelah lama menanti selama dua tahun sejak diumumkan pada 2018 yang lalu, Minecraft Dungeons resmi dirilis pada tanggal 26 Mei 2020 kemarin. Game terbaru besutan Mojang Studios dan Double Eleven ini merupakan spin-off dari seri Minecraft yang memiliki genre dungeon crawler.

Baca juga: 7 Game Xbox One Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Juni 2020

Gameplay yang menarik dan diiringi dengan storyline yang apik serta background music yang khas, Minecraft Dungeons menawarkan pengalaman petualangan yang penuh aksi tanpa kehilangan cita rasa Minecraft itu sendiri. Tiga kata yang bisa saya berikan untuk menggambarkan semuanya adalah fun & bikin nagih.

Hack and Slash yang Rusuh

review-minecraft-dungeons-5

Terinspirasi dari Diablo, kamu akan ditantang untuk menyusuri dungeon yang berisi para hostile mob dari dunia Minecraft seperti Creeper, Zombie, Spider, Slime, Skeleton, Witch bahkan Enderman.

Jumlah hostile mob ini bergantung pada level yang kamu pilih yang dapat disesuaikan dengan status level karakter. Semakin tinggi level yang kamu pilih maka bersiaplah untuk menghadapi semakin banyak musuh yang ada.

Menariknya, dengan gameplay hack and slash dengan tampilan top down yang diberikan, kamu dapat bertarung dengan bebas dan penuh aksi. Bahkan kamu dapat melakukan aksi keren saat melawan puluhan musuh dengan mengalahkan mereka sekaligus.

Elemen RPG yang Mengesampingkan Crafting dan Mining

Tidak memiliki fitur open world, crafting, dan mining. Minecraft Dungeon memungkinkan kamu untuk bertarung sebebas-bebasnya. Kamu akan diberikan enam item gear: armour, melee weapon, bow untuk melakukan serangan dan tiga artefact yang dapat meningkatkan kemampuan bertarung dalam durasi tertentu.

Jago menggunakan pedang atau tombak? Atau lebih nyaman menggunakan busur panah biasa dibanding crossbow? Semua dapat kamu pilih sesuai dengan gaya bertarungmu. Kamu akan menemukan berbagai senjata baru di sepanjang dungeon saat mengalahkan musuh atau dari peti harta karun.

Setiap senjata ini nantinya dapat kamu upgrade menggunakan item enhancement yang akan didapatkan setiap kali status karaktermu naik level. Kamu dapat menentukan apakah ingin menambah damage serangan atau mengaktifkan efek serangan tambahan seperti petir dan api.

review-minecraft-dungeons-6

Ingin terlihat keren dan sangar saat bertarung? Bagian armour dapat kamu kustomisasi sesuai dengan pilihanmu. Bahkan kamu bisa mendapatkan bonus ability seperti mengeluarkan pet untuk membantu bertarung ketika menggunakan armour tertentu.

Lanjut ke bagian artefact yang berguna untuk meningkatkan ability dalam durasi waktu tertentu. Kamu bisa memilih menggunakan artefact untuk summon pet seperti Wolf dan Illama untuk mengalihkan perhatian musuh atau Horn yang dapat mementalkan musuh di sekitarmu.

Kamu bahkan dapat mengganti-ganti item gear ini sesukamu. Apapun pilihan item gear yang kamu gunakan, sesuaikan dengan gaya bertarung dan tingkat level dungeon yang sedang dimainkan. Setiap armour, melee weapon, dan bow juga memiliki status seperti epic dan rare.

Solo atau Squad? Sama Menantangnya

review-minecraft-dungeons-3

Bermain di Minecraft Dungeons akan sangat seru jika dimainkan bersama teman baik secara local multiplayer dari sofa atau online multiplayer. Pastikan temanmu juga menginstall game ini jika ingin bermain online.

Ingin bermain solo? Tidak masalah. Game ini menawarkan tantangan yang sama serunya ketika dimainkan sendirian. Jika secara squad kamu bisa bertarung dengan rusuh, saat sendirian kamu bisa mengambil peran itu seorang diri dan menjadi pahlawan heroik sejati.

Sayangnya, game ini di awal perilisan tidak mendukung cross play. Sehingga gamer di PS4 tidak dapat bermain dengan gamer di Xbox One, begitu juga di platform lainnya. Tetapi tidak perlu khawatir karena di patch berikutnya, fitur ini akan tersedia.

Yang perlu diperhatikan, kamu akan diberikan tiga lifepoint. Jika kamu mati seperti ketika menghadapi Golem atau Ender, kamu akan respawn tidak jauh dari lokasi terakhir. Tetapi jika lifepoint milikmu habis maka kamu akan kembali ke camp dan harus mengulang kembali dungeon tersebut.

Pilihan Level Dungeon yang Tidak Terbatas

review-minecraft-dungeons-4

Kamu dapat menentukan sendiri seberapa menantang level dungeon yang ingin dimainkan berdasarkan rekomendasi sesuai status level karaktermu. Semakin tinggi level yang dipilih, semakin sulit dan banyak musuh yang harus dihadapi.

Jika kamu berhasil menyelesaikan level dungeon tersebut, kamu dapat mengulanginya kembali untuk mencoba level yang lebih tinggi lagi untuk mendapatkan reward item gear yang lebih menarik.

Setiap dungeon yang dimainkan juga tidak akan sama karena akan selalu berubah-ubah serta memberikan puzzle unik seperti mengharuskan kamu mencari kunci atau mengaktifkan tuas untuk membuka jalur tertentu. Seusai dari dungeon, kamu dapat menukarkan diamond di camp untuk mendapatkan item gear secara acak.

review-minecraft-dungeons-7

Lalu, apakah Minecraft Dungeons ini layak dibeli atau tidak? Ya. Terlepas apakah kamu pemain Minecraft lama atau baru, Gimbot sangat menyarankan game ini untuk dimainkan.

Bagi kamu pemain Minecraft lama, kamu dapat bernostalgia menikmati serunya bertarung dengan mob baik itu di lingkungan terbuka atau di dalam gua sekalipun. Setidaknya unsur survival lebih terasa menantang walau tanpa melakukan crafting dan mining.

Baru mengenal Minecraft tetapi suka memainkan game hack and slash? Tidak masalah. Gameplay dengan kontrol permainan yang mudah tetap akan memudahkanmu bermain. Yang kamu butuhkan hanyalah menjawab petualangan di setiap level dungeon dengan aksi heroik.

Minecraft Dungeons dirilis di platform PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch. Jika kamu penasaran bagaimana dari Minecraft Dungeons, lihat 10 menit pertama gameplay di bawah ini.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.