Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 6 Januari 2020

Tahun 2020 menghadirkan sejumlah aktivitas esports seru, termasuk turnamen PKMN-id Open 2020, musim kompetitif Marvel Super War, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 6 Januari 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Tahun baru juga menghadirkan sejumlah aktivitas baru seputar esports yang layak kamu ikuti. Termasuk di antaranya peluncuran season kompetitif pertama Marvel Super War, turnamen dan gathering Pokémon VGC terbesar di Indonesia, dan sebagainya. Simak di bawah!

PKMN-id Gelar Turnamen Pokémon Sword and Shield

Sumber: PS Enterprise

PKMN-id merupakan komunitas yang menaungi segala hal seputar Pokémon di Indonesia, termasuk salah satunya Pokémon VGC (Video Game Championships). Komunitas ini akan menggelar turnamen Pokémon Sword and Shield dengan hadiah senilai Rp5.000.000 pada tanggal 18 Januari mendatang.

Di samping kompetisi VGC, ajang yang disebut PKMN-id Open 2020 ini juga menghadirkan sejumlah kegiatan lain seperti live auction, tutorial TCG (trading card game), pameran figure dari komunitas, dan lain sebagainya. PKMN-id bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pengadaan kompetisi ini, termasuk PRUL Market dan PS Enterprise.

Info lengkap peraturan serta cara pendaftaran PKMN-id Open 2020 dapat kamu akses lewat tautan berikut.

Pendaftaran dan Kualifikasi Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship 2020 Dimulai

Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC) hadir di tahun 2020 ini untuk memberi kesempatan pada para mahasiswa untuk meraih prestasi di bidang esports serta membawa pulang hadiah senilai Rp350.000.000. Menampung keluhan dari banyak pemain yang tahun lalu tidak bisa mengikuti MLCC, kali ini Moonton membuka kesempatan untuk semua kampus di Indonesia lewat kualifikasi terbuka yang digelar di 32 universitas berbeda.

Kualifikasi pertama berlangsung di Surabaya pada tanggal 30 Januari, dan akan terus berjalan hingga awal bulan Maret. Kemudian turnamen dilanjutkan ke kualifikasi regional, dan puncaknya yaitu playoff di bulan April 2020 nanti. Informasi lokasi dan pendaftaran kualifikasi bisa kamu akses di situs resmi MLCC 2020.

Marvel Super War Luncurkan Musim Kompetitif Pertama

Sumber: Marvel Super War

Setelah melalui periode pre-season yang cukup ramai dan seru, Marvel dan NetEase akhirnya akan meluncurkan musim kompetitif pertama dalam Marvel Super War. Musim ini dimulai pada tanggal 16 Januari 2020, namun NetEase belum memberi info pasti mengenai lamanya musim ataupun reward yang diberikan pada pemain nantinya.

Terdapat sembilan tingkatan rank dalam Marvel Super War Season 1 ini, dimulai dari yang paling rendah yaitu Mighty Iron hingga yang paling tinggi yaitu Supreme Legendary Master. Game ini juga akan kedatangan superhero baru dalam waktu dekat, yaitu Doctor Strange. Jangan lupa ikuti artikel-artikel panduan Marvel Super War di Gimbot untuk membantumu push rank dengan lebih efektif!

Lenovo Legion Jadi Sponsor untuk Apex Legends Global Series

EA dan Respawn Entertainment belum lama ini mengumumkan peluncuran sirkuit esports resmi untuk Apex Legends yang disebut Apex Legends Global Series. Sirkuit ini menaungi 12 kompetisi sepanjang tahun 2020 hingga awal 2021, dengan hadiah total mencapai US$3.000.000 (sekitar Rp41,8 miliar). Turnamen pertamanya akan berlangsung di tanggal 25 Januari secara online, sementara turnamen offline (Major) pertama akan digelar di Texas pada tanggal 13 Maret nanti.

Lenovo Legion maju menjadi sponsor eksklusif untuk PC dan monitor di Apex Legends Global Series. Mereka menyediakan lebih dari 200 unit PC & monitor, serta sejumlah laptop untuk keperluan turnamen sepanjang tahun. Dikabarkan oleh The Esports Observer, baik EA, Respawn, maupun Lenovo sama-sama mengakui adanya potensi ekosistem esports di kalangan pemain Apex Legends yang saat ini ada di angka 70.000.000 user.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.