Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 3 Februari 2020

Kali ini Gimbot merangkup informasi seputar berbagai kompetisi lokal, termasuk Piala Presiden Esports 2020, Piala Mas Gibran, dan lain-lain.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 3 Februari 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA: Game PS4 Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Februari 2020

Minggu ini ada berita-berita menarik tentang sejumlah kompetisi esports lokal. Termasuk di antaranya Piala Presiden Esports 2020, Yamisok Pro Challenge Series, serta Piala Mas Gibran yang digelar oleh putra Presiden Joko Widodo. Simak di bawah!

Inilah Para Juara Kompetisi Piala Presiden Esports 2020

Team Flash, Juara Piala Presiden Esports 2020 | Sumber: Team Flash

Piala Presiden Esports 2020 akhirnya memasuki babak puncaknya, yaitu Grand Final yang digelar di ICE BSD pada tanggal 1-2 Februari kemarin. Di sini ada empat game yang dipertandingkan, yaitu Mobile Premier League (MPL) Fruit Dart, Free Fire, eFootball PES 2020, serta satu game lokal karya Mojiken Studio, Ultra Space Battle Brawl (USBB).

Dari empat game tersebut, Free Fire mendapat slot pertandingan khusus di hari kedua, sementara tiga sisanya digelar di hari pertama. Sayangnya Indonesia selaku tuan rumah masih belum bisa membawa pulang trofi Free Fire, dan harus mengalah pada Vietnam. Berikut ini para juara Piala Presiden Esports 2020.

  • Juara Free Fire: Team Flash (Vietnam)
  • Juara eFootball PES 2020: Nguyen Tuan Anh (Vietnam)
  • Juara MPL Fruit Dart: Aby Ramadhan
  • Juara Ultra Space Battle Brawl: Dio Alsabah

Yamisok Gelar Turnamen Pro Challenge Series Bersama BOOM Esports

Sumber: Yamisok

Ingin merasakan tantangan bermain melawan pro player ternama? Kamu bisa coba mengikuti kompetisi yang satu ini. Yamisok menawarkan hadiah jutaan rupiah bagi para pemain yang mampu mengalahkan tim BOOM Esports dalam berbagai cabang kompetisi berbeda, antara lain Free Fire, PUBG Mobile, Dota 2, dan Call of Duty Mobile (CODM).

Pertandingan dilakukan secara bertahap, dengan kualifikasi CODM berlangsung paling awal yaitu tanggal 3-7 Februari 2020. Mengingat BOOM Esports adalah salah satu tim esports terbaik Indonesia dengan prestasi tingkat internasional, bisa dipastikan bahwa turnamen ini akan memberikan tantangan yang sangat seru.

Piala Mas Gibran Jadi Wadah Kompetisi Mobile Legends Jawa Tengah

Sumber: Joglosemar News

Akhir tahun 2019 lalu dua putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep telah berkolaborasi untuk mengadakan turnamen Free Fire bertajuk Piala Mas Gibran. Kini, mereka kembali menghadirkan Piala Mas Gibran namun dengan game yang berbeda yaitu Mobile Legends Bang Bang (MLBB). Turnamen tersebut digelar pada tanggal 1-2 Februari kemarin, di The Park Mall, Solo Baru.

Piala Mas Gibran kali ini diikuti oleh 576 tim yang semuanya berasal dari wilayah Jawa Tengah. Gibran memang sengaja menciptakan kompetisi dengan skala lokal dan bukan nasional, tujuannya agar bibit-bibit esports dari Jawa Tengah bisa bermunculan. Dalam acara jumpa pers, Gibran juga kembali menegaskan bahwa turnamen ini tidak berkaitan dengan kampanye dirinya yang hendak mencalonkan diri menjadi walikota Solo.

Blizzard dan YouTube Jalin Kerja Sama Siaran Esports Eksklusif

Call of Duty League | Sumber: Business Insider SG

Activision Blizzard dan Google mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama jangka panjang untuk menyiarkan sejumlah liga esports papan atas eksklusif di YouTube. Artinya, mulai sekarang kompetisi Call of Duty League, Overwatch League, Hearthstone, dan judul-judul Blizzard lainnya tidak akan disiarkan di platform streaming selain YouTube.

Kedua pihak tidak menjelaskan berapa nilai finansial kerja sama tersebut. Akan tetapi Ryan Watt yang menjabat sebagai Global Head of Gaming di YouTube menjelaskan bahwa salah satu alasan diluncurkannya kerja sama ini adalah karena judul-judul game di atas sudah memiliki audiens yang besar di YouTube. Watt juga berkata bahwa eksklusivitas ini tidak mencakup hal-hal seperti turnamen StarCraft II yang digarap oleh ESL, dengan kata lain tidak meliputi konten esports dari organizer pihak ketiga.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.