Inilah Perbedaan Antara Pokemon Sword dan Pokemon Shield


Selain Pokemon, kamu juga akan menemui Gym Leader version exclusive di Pokemon Sword And Shield nanti.

perbedaan-pokemon-sword-and-shield-featured

Sejak generasi pertama, game Pokemon selalu rilis dalam dua versi. Keduanya memiliki mekanisme, cerita, dan gameplay utama yang persis sama. Tapi ada beberapa konten minor yang bisa kamu temukan di satu versi tapi tidak ada di versi lain alias bersifat version exclusive.

Meskipun mungkin akan menawarkan pengalaman yang sedikit berbeda, perbedaan konten tidak akan membuat satu versi lebih baik dari yang lain. Tapi tidak bisa dipungkiri beberapa pemain akan lebih memilih satu versi karena perbedaan konten tersebut.

Jika kamu adalah salah satu pemain tersebut, berikut kami jabarkan perbedaan di dua game Pokemon terbaru untuk Nintendo Switch, Pokemon Sword And Shield. Dengan begitu kamu bisa menentukan akan membeli versi yang mana.

Pokemon (Legendary dan Non-Legendary)

perbedaan-pokemon-sword-and-shield-legendary

Selama ini, ketika ditanya apa yang membedakan dua game Pokemon, jawabannya selalu mengarah ke Pokemon yang ada di masing-masing game. Konsep ini ada untuk mendorong kamu bermain bersama teman dan saling menukarkan Pokemon kamu.

Misal kamu punya Pokemon Red dan bisa menemukan Ekans, tapi tidak bisa menemukan Sandshrew yang hanya bisa ditemukan di Pokemon Blue. Artinya untuk mendapatkan Sandshrew dan melengkapi Pokedex kamu harus menemukan teman yang punya Pokemon Blue dan meminta/menukar Sandshrew darinya.

Konsep tersebut tetap dipertahankan di tiap generasi hingga Pokemon Sword And Shield nanti. Berikut adalah Pokemon yang hanya bisa kamu temukan di Pokemon Sword atau Pokemon Shield.

perbedaan-pokemon-sword-and-shield-non-legendary

Pokemon Sword

  • Zacian (Legendary)
  • Deino (dan evolusinya)
  • Jangmo-o
  • Sirfetch’d

Pokemon Shield

  • Zamazenta (Legendary)
  • Larvitar (dan evolusinya)
  • Goomy
  • Galarian Ponyta

Gym Leader

perbedaan-pokemon-sword-and-shield-gym-leader

Satu konten baru yang bersifat version exclusive di Pokemon Sword And Shield adalah Gym Leader. Artinya beberapa Gym di lokasi yang sama akan dihuni oleh Gym Leader yang berbeda di masing-masing game. Gym Leader ini tidak hanya berbeda dalam karakter saja, tapi juga tipe Pokemon yang jadi spesialisasi mereka. Ini otomatis memberikanmu pengalaman dan tantangan yang berbeda juga.

Pokemon Sword And Shield adalah judul pertama yang menggunakan Gym Leader yang bersifat version exclusive.

Pokemon Sword

  • Bea – Fighting Type

Pokemon Shield

  • Allister – Ghost Type

Pokemon Sword And Shield akan rilis di Nintendo Switch tanggal 15 November 2019. Melihat perbedaan masing-masing, versi mana yang akan kamu beli dan kenapa?


Kaoru