Sony mengikuti jejak Nintendo yang telah merilis NES dan SNES Classic Edition dalam menghadirkan kembali console lawas miliknya.

Raksasa teknologi ini akan merilis ulang salah satu console ikoniknya, yaitu PS1 (PlayStation atau PSX), dengan nama PlayStation Classic.

Console ini akan dirilis dalam bentuk paket bundle yang berisi gim-gim jadul. Tunggu, lantas apa bedanya antara PlayStation Classic ini dengan PS1?

Tampilan bodi PlayStation Classic

PlayStation Classic sejatinya adalah console replika dengan ukuran 45 persen lebih kecil dari PS1. Sony juga menyertakan dua contoller PS1 versi awal tanpa analog, satu kabel HDMI, dan kabel power.

Bodinya akan memiliki tombol Power, Open, dan Reset, dengan dua slot untuk connector controller serta memory card.

Dukungan memory card

Bagi gamer sekarang, mereka sudah tidak perlu lagi menyimpan hasil Save Game menggunakan memory card. Tetapi bagi kamu yang pernah memainkan PS1 dulu pasti tahu betul pentingnya memory card.

Tanpa memory card, kamu tidak bisa masuk ke bagian Last Save Game yang ada. Nah, sayangnya PlayStation Classic ini tidak mendukung fitur memory card dan perangkat periferal lainnya.

Jumlah game yang dapat dimainkan

Bagian ini adalah yang terpenting. Bagi kamu yang belum tahu, terdapat sekitar 3000 judul gim PS1 yang ada sampai saat ini. Nah, PS1 dapat memainkan semua gim PS1 ini.

Berbeda dengan PlayStation Classic yang di-bundle dalam 20 judul gim. Satu-satunya cara untuk memainkan lebih banyak gim adalah kamu harus membelinya secara terpisah dan tergantung dari market yang menjualnya.

Artinya, harga dapat bervariasi. Berikut beberapa judul gim yang dapat kamu mainkan secara langsung:

  1. Battle Arena Toshinden
  2. Cool Boarders 2
  3. Destruction Derby
  4. Final Fantasy VII
  5. Grand Theft Auto
  6. Intelligent Qube
  7. Jumping Flash
  8. Metal Gear Solid
  9. Mr Driller
  10. Oddworld: Abe’s Oddysee
  11. Rayman
  12. Resident Evil Director’s Cut
  13. Revelations: Persona
  14. Ridge Racer Type 4
  15. Super Puzzle Fighter II Turbo
  16. Syphon Filter
  17. Tekken 3
  18. Tom Clancy’s Rainbow Six
  19. Twisted Metal
  20. Wild Arms

Resolusi gambar yang ditampilkan

PlayStation Classic akan hadir dalam resolusi 480p atau 720p. 720p adalah output video maksimum yang dapat ditampilkan. Walaupun tidak sejernih gambar 1080p atau 4K saat ini, tapi kualitas gambar ini masih dapat diterima.

PS1 sendiri tidak mendukung resolusi 720p ini karena dulu resolusinya masih ada di angka 240p. PlayStation 2 sendiri hanya mendukung hingga 480p.

Dengan Pound Technology, kamu dapat meningkatkan tampilan gim ke resolusi 1280×720 untuk memaksimalkan kompatibilitas dengan TV modern.

Dukungan kabel HDMI

Sebagian besar televisi saat ini, tidak mendukung metode input video lama. Artinya, kamu tidak dapat menghubungkan PS1 yang kamu miliki secara langsung ke televisi. Kabar baiknya, PlayStation Classic mendukung HDMI sehinga kamu dapat langsung mencolokkannya dan memainkannya.

Harganya sedikit lebih mahal

Konsol ini rencananya akan dirilis pada bulan Desember 2018 mendatang. Jika kamu ingin melakukan pre-order, kamu harus membayar US$99 atau sekitar Rp1,5 juta.

PS1 sendiri pada kalanya dibanderol seharga US$49 atau sekitar Rp750 ribu. Pemesanan dapat dilakukan melalui Walmart, Amazon, GameStop, dan Best Buy. Console ini akan dirilis pada 3 Desember nanti.

Nah, itu dia beberapa gambaran mengenai perbandingan antara PlayStation Classic dengan PS1. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?


ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato