Studio Asal Yogyakarta Buat Parodi GTA: San Andreas Dengan Kearifan Lokal


Penasaran apa jadinya jika misi awal GTA: San Andreas dimainkan di Yogyakarta? Mindplace Studio bisa mengisi nostalgia sambil menghiburmu.

Featured Video Play Icon

Video bertema parodi game terkenal memang sudah sering muncul di internet. Tapi tidak banyak yang sangat mirip dengan materi sumber dan ditambah dengan bumbu humor seperti buatan Mindplace Studio.

Studio asal Yogyakarta ini membuat parodi game legendaris Playstation 2, yaitu Grand Theft Auto: San Andreas. Jika kamu pernah memainkan game tersebut, kamu harusnya familier dengan beberapa scene yang dimainkan.

Mereka ‘memainkan’ dua misi yang kamu mainkan di awal permainan, “Sweet & Kendl” dan “Ryder”. Artinya kamu tidak hanya melihat CJ, tapi juga tiga anggota gengnya yaitu Ryder, Big Smoke, dan Sweet. Kedua misi tersebut juga diberikan sedikit modifikasi agar bisa memperlihatkan beberapa elemen lain dalam permainan seperti membeli rumah dan pengejaran polisi.

parodi-gta-san-andreas-1

Seperti parodi game GTA lainnya, parodi dari Mindplace Studio ini disertakan dengan interface dalam permainan seperti senjata dan minimap. Tapi yang membuat parodi ini unik adalah banyaknya sentuhan lokal yang dimasukkan, mulai dari bahasa sampai lokasi yang jadi latar. Ditambah dengan model karakternya yang akurat, video ini seolah memperlihatkan apa yang terjadi jika GTA: Sand Andreas terjadi di Indonesia.

Mindplace Studio juga tidak berhenti di dua misi itu saja. Mereka juga memperlihatkan salah satu ‘dosa’ yang mungkin pernah kamu lakukan ketika bermain GTA: San Andreas, yaitu cheat. Sentuhan kecil yang sangat keren adalah ketika sesaat sebelum mengaktifkan cheat, karakter CJ terlihat melakukan gerakan kecil seperti melompat atau memukul. Karena dalam permainan, cheat diaktifkan dengan menekan berbagai kombinasi tombol, termasuk tombol melompat dan menyerang.

parodi-gta-san-andreas-2

Sekali lagi, ini bukanlah parodi GTA: San Andreas pertama di Indonesia dan tentunya dunia. Tapi tidak banyak yang membuat satu video parodi dalam durasi 15 menit tanpa satu momen yang asing atau tidak pernah kamu lihat dalam permainan.

Bagi Mindplace Studio sendiri, ini juga bukan pertama kalinya mereka membuat video parodi game. Sebelumnya mereka juga pernah membuat video parodi untuk PUBG, PUBG Mobile, dan Super Mario Bros.

Oke, saatnya kembali bermain GTA: San Andreas.


Kaoru