5 Organisasi yang Sangat Berbahaya di Dunia Video Game


Karena menjadi jahat saja tidaklah cukup.

Untuk membangun konflik cerita yang luar biasa, tentunya sebuah game harus memiliki sosok antagonis yang kompleks, lengkap dengan berbagai hal yang melatar belakangi motifnya termasuk sebuah organisasi yang menaunginya.

Dengan keberadaan organisasi jahat semacam ini, tak ayal plot evil genius menjadi latar belakang yang menarik untuk diikuti gamer.

Nah, sekarang kira-kira apa saja sih organisasi jahat yang paling dikenal (dan juga berbahaya) dari belantika dunia game? Oke, Gimbot langsung saja bahas satu per satu.

Abstergo – Assassins’ Creed

Abstergo Industries merupakan korporasi besar yang kerap hadir di setiap game Assassin’s Creed. Korporasi jahat milik Templar yang menguasai perkembangan teknologi mutakhir ini di perkenalkan secara gamblang lewat game Assassin’s Creed 2 dan Assassin’s Creed: Brotherhood.

Organisasi ini adalah cerminan dari perkembangan agenda templar di masa lalu. Tidak hanya jahat, organisasi ini juga menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan mereka dalam menguasai dunia.

Untuk mewujudkan ambisi ini, Abstergo bahkan mau bersusah payah kembali ke masa lalu untuk mencuri informasi seputar artefak kuno, Apple of Eden. Plot inilah yang kemudian menjadi salah satu basis cerita dari serial Assassin’s Creed.

Umbrella Corporation – Resident Evil

Sebagai salah satu multi-korporat yang juga bergerak di bidang farmasi, Umbrella diceritakan memiliki ambisi menciptakan obat yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia.

Namun, mereka justru tergoda dengan ambisi pembuatan senjata biologi yang berdampak pada musibah di kota kecil, Racoon City. Sialnya, peristiwa ini justru menjalar ke aksi terorisme global yang memanfaatkan virus mematikan buatan Umbrella.

Perlu diakui bahwa Umbrella merupakan perusahaan yang sangat berpengaruh di serial game ini meskipun di seri Resident Evil berikutnya, porsi pembahasan organisasi ini mulai berkurang drastis.

Wild Hunt – The Witcher

Organisasi ini dianggap sebagai mitos orang-orang di Ard Skellige yang merupakan wilayah bersalju dengan landscape mirip seperti wilayah Nordic.

Orang yang tidak pernah melihat sosok Wild Hunt sangat beruntung. Pasalnya, kelompok yang dipimpin oleh Eredin, Imlerith, dan Caranthir ini sangat sadis dan tidak ragu untuk melakukan pembantaian besar-besaran. Kemunculan Wild Hunt inilah yang kemudian menjadi basis dari permainan The Witcher 3.

Gentek – Prototype

Organisasi paling berbahaya di game lainnya adalah Gentek. Bagi yang pernah mengikuti dua game Prototype, pasti kalian sudah tidak akan asing lagi dengan Gentek.

Organisasi yang satu ini memiliki tujuan untuk menguasai senjata terkuat dengan mengembangkan virus biologis.Dengan diperkuat oleh ribuan pasukan, serta para mutant yang ada, Gentek seolah menjadi unit paramiliter yang sulit dikalahkan. Well, beruntung Marcer dan Keller (dua jagoan yang kita kendalikan dalam game Prototype) bukanlah manusia normal.

Shin-Ra – Final Fantasy VII

Shin-Ra adalah organisasi yang berpusat pada penciptaan energi dan dia ingin memonopoli kebutuhan energi yang ada di dunia Final Fantasy VII.

Bukan hanya itu, bagi orang yang tidak mampu bayar listrik, Shin-Ra tidak segan untuk mengirimkan pasukan mereka ke rumah si penunggak listrik tersebut. Sumber daya yang ada di Final Fantasy VIIsangat terbatas dan sulit dicari sehingga Shin-Ra begitu ingin memonopoli energi dunia.




Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!