Ditonton 274 Juta Kali, Dota 2 Singapore Major 2021 Munculkan Invictus Gaming Sebagai Jawara!


Partai final Dota 2 Singapore Major 2021 yang mempertemukan Invictus Gaming dan Evil Geniuses ditonton lebih dari 1 juta kali!

Turnamen perdana dalam rangkaian Dota Pro Circuit (DPC) 2021, ONE Esports Dota 2 Singapore Major 2021 berjalan sukses. Event yang digelar di Singapura mulai tanggal 27 Maret hingga 4 April 2021 kemarin bukan hanya menjadi panggung utama bagi Invictus Gaming yang tampil mengejutkan hingga jadi juara, akan tetapi juga menjadi bukti bahwa Singapura bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi tim-tim internasional yang bertanding dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi yang masih melanda.

Yap, event ini sendiri digelar secara offline, namun tanpa penonton. Penggemar tim-tim yang bertanding mengikuti keseruannya secara live streaming lewat beberapa channel resmi seperti TwitchFacebookYouTube atau situs resmi ONE Esports. Antusiasme penggemar untuk menonton pertandingan demi pertandingan di turnamen ini sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan capaian total 274 juta kali views dari seluruh platform untuk seluruh pertandingan yang digelar!

one esports dota 2 singapore major 2021

Turnamen yang digelar bekerja sama dengan PGL dan Singapore Tourism Board ini menggunakan tiga stage utama dengan total sekitar 105 jam pertandingan. Hal ini menjadi catatan rekor tersendiri, dimana turnamen ini ditasbihkan sebagai turnamen major offline dengan durasi terlama. Bukan cuma itu, munculnya Invictus Gaming sebagai juara juga bisa dibilang sebagai kejutan utama, dimana di partai Grand Final mereka berhasil mengalahkan salah satu unggulan, Evil Geniuses lewat sebuah comeback yang epik dengan skor akhir 3-2.

one esports dota 2 singapore major 2021

Disebut kejutan karena Invictus Gaming sendiri memulai turnamen dengan kurang meyakinkan. Bahkan mereka merangkak dari lower bracket dan sukses mengalahkan PSG.LGD di final lower bracket dengan skor 2-1. Di partai final pun, Evil Geniuses awalnya tampak tampil lebih meyakinkan sebelum akhirnya skor dibalik oleh Invictus Gaming lewat pertandingan yang cukup seru. Saking serunya, tercatat pertandingan ini ditonton lebih dari 1 juta kali!

Sebagai juara ONE Esports Dota 2 Singapore 2021, Invictus Gaming berhak membawa pulang hadiah US$200,000, 500 DPC points dan juga memastikan satu slot untuk mengikuti The International 2021. Sedangkan runner up, Evil Geniuses berhak membawa pulang hadiah US$100,000 dan 450 DPC points.

one esports dota 2 singapore major 2021

Kesuksesan penyelenggaraan turnamen secara offline ini patut diapresiasi. Ini merupakan turnamen Dota 2 offline pertama dalam 14 bulan atau sejak wabah Covid-19 merebak di dunia awal tahun 2020 kemarin. Tentu ada konsekuensinya, dimana selain pertandingan digelar secara closed door alias tanpa penonton, kesehatan para pemain dan kru yang terlibat pun mendapatkan perhatian lebih, mulai dari tes Covid-19 rutin hingga penerapan aturan ketat selama berada di Singapura.

Sumber foto: ONE Esports


Febrianto Nur Anwari
Part-time gamer, part-time adventurer