[Nostalgimbot] Virtua Cop 2 – Game Arcade Shooter PC Favorit di Zaman Windows 98


Jika sering memainkan Virtua Cop 2, dijamin kamu pasti pernah berlomba untuk saling mendapatkan skor sempurna.

nostalgimbot virtua cop 2 gimbot 0

Jika kamu lahir di tahun 90-an, kamu pasti tahu bahwa dulu bentuk monitor komputer tidak sama seperti sekarang. Layarnya berbentuk tabung seperti tv model lama. Kecepatan prosesornya sendiri juga kalah jauh karena masih menjalankan Windows 98. Namun, ada banyak game saat itu yang sangat memorable untuk diingat dan tentu saja jika berbicara game tembak-tembakan dan Virtua Cop 2 adalah salah satunya. Saya rasa hampir semua anak di zaman tersebut pernah memainkan game ini baik di komputer pribadi di rumahnya atau memainkannya di rumah teman.

Virtua Cop 2 sendiri adalah game arcade shooter yang dikembangkan oleh SEGA dan dirilis pada tahun 1995. Lalu, game ini di-porting ke SEGA Saturn pada tahun 1996 sampai akhirnya game ini dirilis di platform PC pada tahun 1997 dan SEGA Dreamcast pada 2000. Meskipun bermain tanpa menggunakan senjata pistol seperti yang ada di arena arcade di mall, memainkan Virtual Cop 2 menggunakan mouse juga tetap seru.

Yuk nostalgia kembali dengan game arcade shooter ini!

Berperan Menjadi Polisi yang Melawan Teroris

nostalgimbot virtua cop 2 gimbot 1

Sejatinya, Virtua Cop 2 memberikan pengalaman bagaimana rasanya menjadi seorang penegak keadilan di tengah masyarakat dalam memberantas kejahatan. Seperti yang kamu ingat, kisahnya mengikuti polisi yang sedang bertugas dan mendapatkan laporan terjadinya perampokan di sebuah gedung perhiasan. Semakin lama semakin terungkap bahwa kejahatan ini melibatkan banyak para penjahat hingga teroris.

Kamu akan melihat banyak penjahat yang berkeliaran mulai dari gangster, tentara, hingga para bos yang akan menghadangmu di beberapa level. Kamu akan bermain di dalam tiga level mulai dari Beginner, Medium, dan Expert dan masing-masing akan dimainkan di tempat yang berbeda dan semakin lama, musuh akan semakin banyak dan akan memberikan variasi serangan yang beragam.

Kontrol Tembak yang Mudah Tinggal Klik Kiri dan Kanan

Seperti game arcade shooter pada umumnya, kamu dapat memainkan game ini maksimal hingga dua pemain dan nantinya harus menentukan rute mana yang mau diambil dari dua pilihan yang tersedia. Pemain pertama akan menggunakan mouse dengan tampilan blue dot. Sedangkan, pemain kedua akan bermain menggunakan keyboard dengan tampilan red dot.

Cara menembaknya cukup mudah, kamu tinggal klik kiri untuk menembak dan klik kanan untuk mengisi peluru. Saat awal permainan, kamu akan menggunakan senjata bawaan berupa revolver dengan enam peluru dan lima darah. Jika darah ini habis maka game over dan kamu dapat melanjutkan lagi dengan sisa nyawa yang ada. Setiap musuh akan muncul dengan pola tertentu dan ditandai dengan lingkaran yang semakin mengecil dari hijau hingga merah. Hati-hati jika sampai di merah karena artinya tembakan mereka pasti akan melukaimu.

Detail tembakan bisa dibilang cukup seru saat itu karena tembakan yang kamu berikan kepada musuh akan memberikan efek yang berbeda. Misalnya, menembak di bagian kaki akan membuat mereka jatuh sempoyongan atau ketika menembak di bagian kepala akan membuat mereka terjungkal balik ke belakang. Kamu juga dapat menghancurkan beberapa objek seperti kaca, balok kayu, hingga ban mobil untuk membuat mobil musuh yang mengejar terbalik. Pastikan kamu tidak menembak tahanan yang berkeliaran jika tidak ingin darahmu berkurang sia-sia.

BACA JUGA: [Nostalgimbot] Bloody Roar 2 – Game Fighting PS1 Fenomenal yang Diidolakan Anak Rental

Ada Banyak Senjata Rahasia di Lokasi Tertentu

nostalgimbot virtua cop 2 gimbot 3

Menariknya, senjata revolver yang digunakan dapat diganti dengan senjata lainnya seperti SMG yang bisa kamu dapatkan dengan memperhatikan detail ketika kamu berhasil membunuh musuh di beberapa lokasi tertentu seperti di apartemen atau di balik balok kayu tempat mereka bersembunyi.

Tidak masalah jika kamu diserang dari banyak arah seperti granat, pisau, dan bazoka karena senjata SMG ini akan sangat membantumu menghancurkannya terutama dalam menghabisi bos yang muncul karena dapat mengurangi darah mereka dengan cepat. Meskipun semua serangan ini dapat dimentahkan juga oleh revolver.

Penasaran dan ingin bernostalgia? Lihat gameplay Virtua Cop 2 di bawah ini.


Danu

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.