[Nostalgimbot] Metal Slug X – Game Senang-senang Tanpa Beban!


Game Metal Slug X merupakan salah satu game yang sangat melegenda. Ada berbagai macam aspek keren yang dihadirkan di dalamnya!

metal slug x

Metal Slug merupakan salah satu franchise paling menarik yang ada di industri game. Di masa lalu, nama Metal Slug begitu kuat, bahkan cukup untuk menggusur game-game ternama kala itu. Sayangnya, di masa modern seperti saat ini Metal Slug seakan kehilangan relevansi. Tidak ada lagi hits besar dari Metal Slug yang fenomenal seperti di masa lalu.

Untuk merasakan kembali kejayaan dari game ini, Gimbot mencoba untuk memainkan kembali salah satu game Metal Slug terbaik yang pernah nongol di PlayStation 1. Game tersebut adalah Metal Slug X, sebuah game yang memang didesain untuk bersenang-senang.

BACA JUGA: [Nostalgimbot] Streets of Rage – Pionir Genre Beat ‘em Up, Dulu dan Sekarang

Kenapa kami menyebutnya sebagai sebuah game untuk bersenang-senang? Apa saja aspek yang mereka miliki sehingga menjadi salah satu game yang wajib dimainkan di masa lalu? Berikut adalah ulasannya!

Tanpa Game Over, Semua Senang!

Metal slug x

Salah satu hal mengejutkan yang diaplikasikan oleh Metal Slug X adalah menihilkan aspek game over. Ketika banyak game di eranya yang menciptakan berbagai tantangan susah dengan game over, Metal Slug justru meniadakan hal tersebut sehingga membuatnya menjadi game yang sangat fun.

Tidak perlu khawatir bertemu lawan tangguh atau stage yang susah, di manapun kalian mati, kalian bisa respawn begitu saja dan melanjutkan permainan hingga akhir. Konsep ini cukup keren bahkan di era gaming modern seperti sekarang ini.

Game ini sangat cocok dimainkan buat gamer yang benar-benar ingin mencari hiburan tanpa takut kesusahan atau stres. Menariknya, entah player satu atau dua, mereka bebas respawn di mana pun ketika kehilangan nyawanya.

Jujur saja, ketika bicara soal Metal Slug X, momen tidak bisa game over inilah yang menjadi hal pertama yang saya ingat.

Mendengarkan Kembali Judgement Soundtrack yang Ikonik

Salah satu alasan mengapa game ini sangat fenomenal adalah keberadaan soundtrack-nya yang ciamik. Salah satu soundtrack yang terus terngiang-ngiang di telinga hingga saat ini adalah judgement. Soundtrack ini meskipun masih menggunakan musik 8-bit, tapi tetap harmonis dan enak untuk didengarkan.

Dengan notasi-notasi khas Arabian yang disematkan, hentakan drum yang menggebu, dan distorsi gitar yang keras menjadi komposisi mengapa Judgement begitu dahsyat. Bisa dibilang, inilah salah satu pemicu mengapa game sangat bersemangat ketika memainkan game tersebut.

Mendengarkan kembali soundtrack ini sambil memainkan game-nya benar-benar menjadi nostalgia yang maksimal! Selain judgement, game ini punya segudang soundtrack lain yang juga sangat menarik untuk didengarkan.

Tiap-tiap Level Selalu Menantang

Semua level yang hadir di Metal Slug X sangat menantang. Kerennya, tiap-tiap level datang dengan tema berbeda. Ada yang memiliki tema horor atau futuristik. Semuanya menyajikan beragam hal unik serta luar biasa. Kita seakan terus dibom pertanyaan soal tantangan apa yang akan kita hadapi setelah ini.

Dahsyatnya, hampir semua level yang ada memiliki rahasianya sendiri-sendiri. Beberapa rahasia yang dipecahkan bahkan akan membuat gamer mendapatkan hadiah menarik, salah satunya adalah senjata yang amat berguna untuk menghabisi lawan.

Lewat tema-tema berbeda dan tantangan berbeda di setiap levelnya, gamer tidak bakal bosan berpetualang di Metal Slug X sampai boss terakhir!

Brutal dan Kocak di Saat Bersamaan

Metal Slug X merupakan game yang brutal. Ada banyak peluru, bom, ledakan, dan berbagai hal sadis lainnya yang disajikan. Tapi di sisi lain, game ini juga memiliki sejumlah hal kocak. Perpaduan brutal dan kocak di saat bersamaan ini benar-benar menciptakan pengalaman bermain yang luar biasa.

Di satu sisi kita tetap sibuk untuk menghindari gempuran lawan, tapi di sisi lainnya kita kerap kali tertawa dengan tingkah karakter-karakter yang ada di sana. Perpaduan tersebut juga terasa sangat pas hingga menciptakan pengalaman bermain yang masih bertahan belasan tahun di dalam ingatan saya.

Ketika memainkannya kembali, pengalaman brutal dan kocak ini masih sama sensasinya. Tentunya tidak mudah menciptakan pengalaman bermain seunik ini hingga Metal Slug X layak dianggap sebagai game yang melegenda.

Metal Slug X Steam


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.