Nintendo Akuisisi Next Level Games, Studio yang Membuat Seri Luigi’s Mansion


Setelah akuisisi ini, apakah Next Level Games akan tetap mengerjakan seri Luigi’s Mansion, atau mereka akan menciptakan seri baru?

nintendo-akuisisi-developer-luigis-mansion-featured

Nintendo bukanlah perusahaan yang sering menjalin hubungan afiliasi, apalagi mengakuisisi studio game. Artinya setiap akuisisi yang mereka lakukan merupakan keputusan yang cukup signifikan untuk perusahaan asal Jepang tersebut. Tanggal 5 Januari 2020 lalu, Nintendo menambah satu lagi studio yang mereka akuisisi, yaitu Next Level Game asal Kanada.

Sama seperti banyak studio lain yang terlibat dengan Nintendo, Next Level Game sudah membuat game secara eksklusif untuk Nintendo selama tujuh tahun. Beberapa game yang sudah pernah mereka buat antara lain dua judul terbaru dari seri Luigi’s Mansion, seri Mario Strikers, dan Punch Out!!! (Wii). Luigi’s Mansion 3 yang rilis akhir tahun 2019 lalu terbukti menuai sukses dan hingga September 2020 sudah terjual sebanyak tujuh juta unit di seluruh dunia.

Dalam pengumuman resminya, Next Level Games mengatakan bahwa “sejumlah pemilik dan direktur internal kami memutuskan bahwa inilah saatnya untuk menjual saham perusahaan ke pihak lain. Karena itulah Next Level Games mulai mencari pihak yang tertarik. Akuisisi ini direncanakan akan rampung di tanggal 1 Maret 2021, dan mulai tanggal itu Next Level Games akan sepenuhnya mengerahkan sumber daya dan pengalamannya ke Nintendo dengan komunikasi, kualitas, dan produktivitas yang lebih baik.

Next Level Games sendiri akan jadi satu dari segelintir studio yang diakuisisi Nintendo. Beberapa studio yang juga diakuisisi Nintendo antara lain Monolith Studio yang membuat seri Xenoblade, NDcube yang membuat seri Mario Party, dan Retro Studios yang membuat seri Metroid Prime. Tapi selain itu Nintendo juga berafiliasi dengan berbagai studio yang meskipun tidak diakuisisi tapi dikenal hanya membuat game untuk platform Nintendo seperti Intelligent Systems (Fire Emblem dan Paper Mario), Sora Ltd. (Super Smash Bros.), dan Game Ferak (Pokemon).

Kira-kira game seperti apa yang akan dikerjakan oleh Next Level Games nantinya? Apakah mereka akan tetap mengerjakan seri Luigi’s Mansion, atau mereka akan menciptakan seri baru?


Kaoru

Hmmm...