Microsoft Akuisisi ZeniMax Media, Perusahaan Induk Bethesda

Apakah Doom, The Elder Scrolls, Fallout, dan Starfield akan jadi game eksklusif Xbox?


BethesdaXbox_HERO

Tidak ada yang menyangka bahwa pernyataan Microsoft yang secara lantang bersuara akan melakukan banyak proses akuisisi studio di masa depan untuk mendukung next-gen miliknya, salah satunya adalah akuisisi ZeniMax Media, perusahaan induk dari Bethesda Softworks.

Nilai transaksi akuisisi ini dilaporkan sekitar USD 7,5 Miliar atau 111 Triliun Rupiah. Kabar ini tentu sangat mengejutkan karena artinya semua developer raksasa di bawah ZeniMax Media seperti Bethesda Game Studios, id Software, ZeniMax Online Studios, Arkane, MachineGames, Tango Gameworks, Alpha Dog, dan Roundhouse Studios.

BACA JUGA: PS5 vs Xbox Series X: Daftar Game Eksklusif Saat Perilisan

Semua developer yang berada dibalik nama besar game seperti The Elder Scrolls, Fallout, Wolfenstein, DOOM, Dishonored, Prey, Quake, Starfield ini secara resmi masuk ke dalam first party Xbox Game Studios.

Bagi kamu yang belum tahu, hubungan antara Microsoft dengan Bethesda, khususnya Xbox sendiri sudah terjalin sejak lama. Mulai dari DOOM hingga The Elder Scrolls. Satu hal yang pasti, Bethesda memang sudah memiliki tempat istimewa bagi gamer Xbox. Akuisisi ini akan membawa semua game Bethesda di atas akan masuk ke dalam katalog layanan Xbox, yaitu Xbox Game Pass.

Phil Spencer juga memberikan pernyataan bahwa semua game yang berada di bawah ZeniMax Media di masa depan nantinya akan dirilis hanya untuk Xbox dan PC saja.

Pertanyaannya, dengan Microsoft akuisisi Bethesda ini, bagaimana dengan nasib game mendatang seperti Deathloop dan Ghost Wire: Tokyo yang sebelumnya diumumkan untuk PS5 dan PC? Bisa saja dengan akuisisi ini kedua game tersebut hanya tersedia di Xbox dan PC saja.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.