Reminder: Setelah Lama Ditunggu, Level Terakhir Celeste Bisa Kamu Download Hari Ini


Versi fisik yang lama tertunda juga memasuki proses produksi, dan sang developer akhirnya membentuk tim permanen.

level-terakhir-celeste-featured

Tanggal 5 September lalu, Matt Thorson mengumumkan bahwa level terakhir untuk game buatannya, Celeste, akan segera rilis. Tanggal rilisnya pun sangat dekat, yaitu tanggal 9 September alias hari ini.

Celeste adalah sebuah game platformer indie yang cukup terkenal di tahun 2018. Desain levelnya yang menantang tapi rewarding, ceritanya yang menyentuh, dan musiknya yang keren membuat game ini sering dinobatkan atau bahkan memenangkan berbagai penghargaan.

Salah satu penghargaan paling signifikan untuk game ini adalah memenangkan penghargaan Best Indie Game di The Game Awards tahu 2018. Ini di samping nominasi lain termasuk nominasi Game of The Year, bersanding dengan nama besar seperti God of War dan Red Dead Redemption 2.

level-terakhir-celeste-1

Kami juga sempat membuat review Celeste, dan game ini memang super keren

Sejak lama, Matt Thorson selaku developer juga mengumumkan bahwa ia dan timnya sedang mengembangkan satu level tambahan untuk Celeste sebagai DLC. Tidak cuma itu, mereka juag mengumumkan akan merilis versi fisik Celeste bekerja sama dengan Limited Run Games.

Sayangnya akibat beberapa kendala, level terakhir untuk Celeste sempat tertunda. Ini juga membuat versi fisiknya ikut tertunda karena sang developer ingin versi fisik Celeste menyediakan game yang lengkap. Setelah lama menunggu, akhirnya level terakhir berjudul Farewell akhirnya bisa kamu mainkan, dan versi fisik game ini akan masuk proses produksi segera.

Satu hal yang tidak kami sangka adalah DLC ini menyediakan sangat banyak konten:

  • Lebih dari 100 level baru, membuat total level di Celeste mencapai lebih dari 800
  • Musik baru dengan durasi total lebih dari 40 menit dari Lena Raine
  • Mekanisme dan item baru
  • Tidak menyediakan versi B-Side atau C-Side, artinya level ini sepertinya akan sangat sulit

Terakhir, developer Matt Thorson memutuskan untuk tidak lagi membuat game di bawah nama Matt Makes Games. Bersama dengan talenta yang sudah membantu menciptakan Celeste, ia membuat perusahaan game indie baru bernama Extremely OK Games. Dengan usainya proyek Celeste ini, mereka juga mengumumkan akan membuat game baru yang saat ini diberi code-name EXOK1.

Jika kamu sudah memiliki Celeste dan sudah menyelesaikan semua levelnya (termasuk level delapan, tidak perlu B/C-Side), jangan lupa download DLC untuk level baru hari ini gratis. Jika kamu belum punya Celeste, kamu bisa mendapatkanya di Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, dan PC.


Kaoru