Luigi’s Mansion 3, Apakah Layak Dibeli Atau Tidak

Berburu hantu di sebuah hotel besar hanya dengan sebuah vacuum cleaner ternyata jauh lebih menyenangkan dari yang kamu kira.


layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-featured

Nintendo merayakan dengan sekuel untuk game yang dibintangi oleh Luigi, yaitu Luigi’s Mansion 3. Sekali lagi, Luigi harus berburu hantu dengan Vacuum andalannya. Tapi kali ini ia tidak hanya harus menangkap hantu, tapi juga menyelamatkan teman-temannya yang berada dalam bahaya.

Pertanyaannya tentu saja apakah sekali lagi berburu hantu di sebuah mansion besar tetap seru seperti game sebelumnya? Apakah sekuel terbaru untuk Nintendo Switch ini layak kamu beli? Yuk simak ulasan dari kami.

Sekali Lagi Berburu Hantu

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-senjata

Luigi’s Mansion 3 melanjutkan kisah di judul sebelumnya. Setelah menangkap hantu untuk profesor E. Gadd, Luigi, Mario, Peach, dan Toad mendapatkan undangan liburan di hotel besar bernama The Last Resort.

Hotel yang terlihat megah itu ternyata dihuni oleh hantu. Sang pemilik menjebak semua orang ke dalam lukisan kecuali Luigi yang berhasil kabur. Sebagai satu-satunya orang yang selamat, Luigi kemudian berusaha menyelamatkan semua teman-temannya yang disembunyikan di berbagai lantai hotel.

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-musuh-biasa

Sejatinya, Luigi’s Mansion 3 adalah film horor dan menggunakan banyak setup dan latar film horor. Cerita dalam permainannya cukup sederhana dan tidak berkembang lebih dari itu. Lalu karena game ini menggunakan karakter dalam seri Mario Bros, jangan berharap sang karakter utama atau protagonis lain mendapatkan character development dalam bentuk apapun.

Artinya jika ingin menilai kualitas game ini, kita harus melihat dari sisi lain, mulai dari gameplay, level, dan karakter lain seperti musuh. Untungnya, game ini punya ketiganya dalam kualitas yang cukup tinggi dan tentunya seru.

Menyelesaikan Masalah Dengan Vacuum Cleaner

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-botani

Jika Mario menyelesaikan semua masalah dengan melompat, Luigi menyelesaikan masalahnya dengan Vacuum. Mesin pengisap ini adalah alat utamamu untuk melakukan semua hal dan menjelajahi tiap lantai hotel untuk menghadapi hantu dan menemukan teman-temanmu.

Misalnya untuk berinteraksi dengan objek, kamu bisa mengisap atau meniup objek yang kamu temui. Jika ada benda tersembunyi kamu bisa membuatnya terlihat dengan menyorotnya dengan sinar Dark-Light. Lalu untuk bertarung dan menangkap hantu kamu harus mengejutkan hantu tersebut dengan kilasan cahaya (flash) lalu mengisapnya. Semuanya kamu lakukan dengan bantuak satu Vacuum tersebut.

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-tangkap

Sekilas, opsi gerakan yang bisa kamu lakukan di Luigi’s Mansion 3 tidaklah banyak. Tapi tiap level dalam permainan memastikan kamu perlu menggunakan semua gerakan yang kamu miliki, kadang dengan kombinasi yang berbeda.

Sebagai contoh, ketika menangkap hantu kamu kamu hanya perlu ingat kombinasi flash lalu hisap. Tapi beberapa hantu menggunakan kacamata hitam untuk melindungi diri dari flash yang kamu miliki. Karena itu kamu harus mengisap kacamata hitam mereka terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan flash lalu mengisap. Variasi ini tidak hanya ada di musuh dan bos saja, tapi juga berbagai objek dan rintangan dalam permainan.

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-gladiator

Ini belum membahas satu fitur gameplay baru di Luigi’s Mansion 3 yaitu Gooigi. Kamu bisa membuat doppelganger atau klon yang bisa melewati rintangan seperti terali atau duri. Klon ini bisa melakukan semua garakan dalam permainan dan satu-satunya cara untuk mengakses beberapa area tertentu.

Dengan rintangan yang bervariasi dan cukup kreatif, Luigi’s Mansion 3 selalu menantangmu untuk mencari solusi dengan sudut pandang yang berbeda. Ini membuat tiap lantai atau level terasa fresh dan menarik karena tantangan yang diberikan selalu terasa berbeda meskipun kamu tetap menggunakan beberapa gerakan yang sama terus menerus.

Level Yang Selalu Menarik Dan Penuh Konten

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-tombol-lift

Objektif utamamu dalam tiap lantai atau level di Luigi’s Mansion 3 adalah menjelajahi tiap lantai dan menemukan tombol lift ke lantai berikutnya. Setelah mengalahkan atau menangkap bos hantu di satu lantai, kamu biasanya akan mendapatkan tombol ke lantai baru. Tapi di beberapa lantai kamu juga akan menemukan temanmu yang terjebak di dalam lukisan.

Tapi tiap level juga tidak langsung dilupakan begitu saja. Tiap lantai diisi oleh beberapa Jewel yang tersembunyi di berbagai titik di lantai tersebut. Kadang, titik tersebut tidak bisa kamu akses jika kamu belum mendapatkan gerakan yang perlu. Selain itu, tiap lantai yang kamu taklukkan kemudian akan diisi oleh Boo yang harus kamu hadapi dengan cara yang sedikit berbeda.

Intinya adalah kamu selalu punya alasan untuk mengunjungi lantai yang sudah kamu jelajahi. Jadi jika kamu adalah seorang completionist yang tidak ingin melewatkan apapun, ada banyak hal yang harus kamu jelajahi secara teliti. Bahkan untuk memudahkan ini, kamu selalu bisa mendapatkan bantuan dari profesor E. Gadd, baik itu lokasi konten tambahan maupun nasihat jika kamu merasa stuck di sebuah ruangan atau saat menghadapi bos. Jadi apapun yang terjadi kamu harusnya selalu bisa membuat progres.

Beda Lantai, Beda Tema

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-bos-film

Meskipun selalu baru, bervariasi, dan penuh dengan konten, level dalam sebuah game biasanya tidak akan berkesan jika tidak disertai dengan presentasi yang oke. Inilah yang menurut saya melengkapi keseruan bermain Luigi’s Mansion 3.

Tiap lantai atau level di Luigi’s Mansion 3 memiliki tema tertentu yang benar-benar khas satu sama lain. Misal sebuah lantai atau level terlihat seperti koridor dan beberapa kamar hotel biasa. Tapi di lantai lain kamu akan melihat sebuah arena gladiator, panggung musik klasik, studio film, restoran, dan masih banyak lagi.

Tema tersebut juga mempengaruhi bentuk objek yang kamu temui dan cara kamu berinteraksi dengan objek tersebut. Ini membuat variasi level yang kami sebutkan di atas jadi makin masuk akal dan membuat tiap lantai jadi makin imersif. Tentu saja, tema ini juga mempengaruhi musuh yang kamu hadapi terutama para bos yang menghuni lantai tersebut.

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-satpam

Misal di lantai dengan tema pertokoan bos yang harus kamu hadapi adalah hantu dengan pakaian petugas keamanan. Sementara bos di restoran adalah koki. Masing-masing punya penampilan khas, equipment dan senjata mereka masing-masing, dan otomatis membutuhkan cara yang berbeda untuk dikalahkan.

Ditambah musik yang sesuai dengan mood-nya, tema tiap level inilah yang menyempurnakan keseruan Luigi’s Mansion 3. Tantangan yang kamu hadapi di tiap lantai tidak hanya menuntut solusi yang berbeda, tapi juga memberikan kesan yang berbeda berkat visualnya yang unik.

Kesimpulan

layak-beli-tidak-luigis-mansion-3-sukses

Luigi’s Mansion 3 berhasil mempertahankan resep sukses yang dimiliki pendahulunya. Pengalaman menjelajahi sebuah hotel berhantu di game ini selalu unik dan bervariasi meskipun sepanjang permainan kamu menggunakan beberapa gerakan yang sama. Itulah yang membuat game ini seru dan menyenangkan.

Jika kamu mencari sebuah game dengan tema horor tapi tetap mood yang ringan, Luigi’s Mansion 3 layak kamu miliki.


Kaoru