Controller 8BitDo Pro 2 – Layak Beli Atau Tidak?


Untuk ukuran controller dengan harga mid-tier, 8BitDo Pro 2 tidak hanya menawarkan kenyamanan tapi juga segudang konfigurasi untuk pemain.

layak-beli-tidak-8bitdo-pro-2-featured

Salah satu pertanyaan besar untuk pengguna Nintendo Switch adalah rekomendasi controller. Meskipun sudah tersedia, JoyCon yang tersedia ketika kamu membeli Nintendo Switch memiliki banyak kekurangan mulai dari kenyamanan hingga tingkat keawetannya. Karena itulah controller tambahan atau alternatif selalu dicari oleh mereka yang ingin bermain dengan lebih nyaman terutama dalam posisi docked di depan monitor yang lebih besar.

Masalahnya adalah Pro Controller yang jadi pilihan terbaik punya harga yang mahal dan pemain akhirnya beralih ke alternatif yang lebih murah. Untungnya alternatif yang murah dan resmi atau berlisensi juga ada seperti brand Hori atau PowerA. Tapi selain itu ada juga alternatif yang cukup unik yaitu controller dari 8BitDo.

Ketika pertama kali dikenal, 8BitDo dikenal sebagai produsen controller bernama SN30 Pro. Sekali lihat, controller ini langsung dikenal karena modelnya yang mirip controller SNES jadul. Tapi seiring popularitasnya 8BitDo kemudian memperkenalkan SN30 Pro+ yang disertai dengan grip ala controller modern. Setelah itu model modern tersebut kemudian mendapatkan versi terbaru bernama 8BitDo Pro 2, tidak lagi menyandang nama SN30.

Tapi satu lagi yang unik adalah 8BitDo Pro 2 ini tidak hanya berfungsi sebagai controller Switch saja, tapi juga PC, Android, dan Mac. Lalu dengan harga sekitar Rp600.000,- controller ini menawarkan banyak fitur modifikasi yang mungkin jarang kamu temui di controller alternatif lain.

Nyaman dan Canggih dengan Tampilan Klasik

layak-beli-tidak-8bitdo-pro-2-depan

Tampilan muka 8BitDo Pro 2 masih tetap terlihat seperti controller SNES jadul, tapi dengan grip ala controller Xbox atau Nintendo Switch. Tombolnya juga cukup standar dengan analog yang terletak di bagian bawah dan sejajar ala Dualshock. Lalu karena bisa berfungsi sebagai controller Switch, kamu juga mendapatkan satu tombol tambahan di sebelah kanan yang berfungsi sebagai home dan satu tombol di sebelah kiri yang berfungsi sebagai screenshot.

Warna dan desainnya yang retro membuat 8BitDo Pro 2 mungkin terkesan murahan. Tapi ketika digunakan, controller ini terbilang cukup nyaman bahkan untuk game action yang intens. Tidak hanya itu, tombol-tombol yang tersedia juga memiliki sentuhan modern yang mungkin membuatmu terkejut.

Pertama, kedua tombol trigger-nya (R2 dan L2) berukuran cukup besar dan yang paling penting cukup dalam. Tombol ini juga bersifat analog artinya inputmu bisa berbeda tergantung seberapa dalam/keras kamu menekan tombolnya. Ini tentu sangat berguna untuk game yang membutuhkan presisi. Selain itu di bagian belakang ada dua tombol tambahan yang bisa kamu gunakan untuk tindakan yang cepat ketika bermain. Bermain dalam durasi lama juga bukan masalah karena controller ini tahan hingga 20 jam ketika kamu bermain secara wireless.

Fleksibel dengan Segudang Konfigurasi Praktis

layak-beli-tidak-8bitdo-pro-2-belakang

Dari segi fisik, 8BitDo Pro 2 cukup nyaman digunakan dengan tombol yang fungsional untuk berbagai genre game. Tapi yang membuat 8BitDo Pro 2 unik sebenarnya bukan hanya dari segi kenyamanan, tapi juga fleksibilitas dan kemudahan memanfaatkan fleksibilitas tersebut.

Pertama, seperti yang kami sebutkan di atas, controller ini bisa kamu gunakan untuk Nintendo Switch, PC, Android dan juga Mac. Mengganti kompatibilitas controller ini juga mudah, cukup geser switch yang ada di belakang di antara kedua analog sesuai dengan penggunaanmu.

Kedua, controller ini bisa kamu remap alias mengubah fungsi masing-masing tombolnya. Selain konfigurasi, analog dan kedua tombol trigger juga bisa diubah sensitivitasnya. Mengubah konfigurasi ini juga tidak sulit karena kamu tinggal download software/aplikasi terpisah di PC atau smartphone dan menghubungkan controller untuk mulai konfigurasi. Software ini juga cukup mudah dan intuitif untuk digunakan.

layak-beli-tidak-8bitdo-pro-2-software

Satu nilai plus dari konfigurasi ini adalah kamu bisa menyimpan hingga tiga konfigurasi yang berbeda. Tidak hanya itu, ketiga konfigurasi tersebut juga bisa kamu akses secara instan bahkan ketika kamu bermain dengan menekan tombol di antara kedua analog. Jadi jika kamu punya beberapa konfigurasi untuk genre yang berbeda, kamu bisa mengaksesnya dengan cepat tanpa harus bolak-balik membuka panel konfigurasi.

Terakhir, dalam fitur konfigurasi ini kamu juga bisa mengakses macro. Artinya kamu bisa melakukan kombinasi beberapa tombol hanya dengan mengakses tombol satu tombol yang kamu tentukan. Kabar baiknya adalah, controller ini punya dua tombol tambahan yang mungkin kosong dan bisa kamu gunakan tanpa harus menimpa fungsi tombol yang lain.


Dari segi tampilan, 8BitDo Pro 2 mungkin terlihat kalah dibanding controller lain yang terlihat lebih keren terutama dengan warna dan motif yang modern. Tapi untuk kenyamanan dan fungsi, controller ini jelas memenuhi standar. Tidak hanya itu, controller ini menawarkan fleksibilitas yang sangat tinggi, tidak hanya dari platform tempat kamu bisa menggunakannya, tapi juga konfigurasi yang sangat banyak dan juga praktis.

Untuk controller dengan harga mid-tier, 8BitDo Pro 2 ini jelas kami rekomendasikan untuk kamu yang memiliki Nintendo Switch dan mencari controller tambahan atau alternatif. Lalu jika kamu juga bermain game di platform PC, Android, dan Mac, controller ini akan jadi pembelian dengan value yang sangat tinggi untukmu.


Kaoru

Hmmm...