Kamu Tidak Bisa Memasukkan Pokemon Koleksimu di Pokemon Sword And Shield


Slogan gotta catch 'em all sepertinya benar-benar sudah ditinggalkan di dunia Pokemon, apalagi jika kamu tidak bisa menangkap mereka.

kontroversi-pokedex-galar-featured

Pokemon Sword And Shield memang memiliki berbagai hal baru yang membuatnya layak dimainkan. Tapi dalam sesi Nintendo Treehouse di E3 2019 lalu, terungkap satu kekurangan yang cukup signifikan: kamu tidak bisa menggunakan Pokemon yang berada di luar regional Galar.

Ketika menjelaskan fitur Pokemon Sword And Shield produser Junichi Masuda sempat menjelaskan detail mengenai Pokedex untuk regional Galar. Ia mengatakan bahwa Pokedex Galar hanya menyimpan dan menerima data dari Pokemon yang ada di regional Galar saja.

Untuk kamu yang belum tahu, kamu selalu bisa menyimpan Pokemon koleksimu dari berbagai judul game Pokemon ke dalam layanan berbasis cloud bernama Pokemon Bank. Ketika game Pokemon baru dirilis, kamu bisa memasukkan Pokemon yang kamu simpan ke dalam game tersebut untuk digunakan.

Dengan terbatasnya data di Pokedex Galar, berarti sebagian dari koleksi Pokemon yang kamu miliki saat ini tidak akan bisa kamu masukkan ke dalam Pokemon Sword And Shield. Memang, regional Galar punya beberapa Pokemon yang berasal dari generasi sebelumnya. Namun itu tentu tidak semuanya, dan saat ini kita tidak tahu Pokemon mana saja dari generasi sebelumnya yang masuk ke game terbaru ini.

Keputusan ini tentu bukan tanpa alasan. Junichi Masuda menjelaskan bahwa dengan menggunakan mesin baru yaitu Nintendo Switch, Game Freak mencoba membuat tiap Pokemon jadi lebih “ekspresif” melalui berbagai fitur baru. Namun dengan waktu development yang sangat terbatas. Jika memaksakan untuk memasukkan semua Pokemon, mereka harus memperpanjang waktu development.

Keputusan ini tentu menuai respon negatif terutama dari penggemar setia yang sudah bermain Pokemon sejak lama dan punya koleksi yang lengkap. Di media sosial, beberapa pemain juga menyuarakan protes mereka dengan hashtag #BringBackNationalDex.


Bagaimana menurutmu? Apakah dengan keputusan ini kamu akan tetap membeli dan bermain Pokemon Sword And Shield? Lalu apakah keterbatasan ini akan bersifat permanen, atau menurut kamu Game Freak akan berubah pikiran?


Kaoru