Kingdom Hearts 3 Lebih Laku Dibanding RE2 di Jepang? Ini 3 Alasannya!


kingdom hearts 3

Kingdom Hearts 3 menjadi primadona di Jepang. Bahkan game ini berhasil mengalahkan telak game lain, yaitu Resident Evil 2 Remake yang juga dirilis pada tanggal yang berdekatan.

Kingdom Hearts 3 berhasil meraih penjualan sekitar 600 ribu lebih kopi di minggu pertama, sedangkan Resident Evil 2 Remake hanya meraih penjualan sekitar 250 ribu lebih kopi di minggu pertama.

Tentu terdapat berbagai faktor yang menyebabkan Kingdom Hearts 3 (KH3) bisa mengalahkan Resident Evil 2 Remake (RE2R) dalam jumlah yang cukup signifikan di Jepang. Kira-kira apa saja sih alasannya? Alasan ini berdasarkan dari konten yang ditawarkan dari kedua game, yuk kita langsung cekidot!

BACA JUGA: 7 Gim Terbaru Minggu Ini (28 Januari 2019): Kingdom Hearts III, Genesis Alpha One, 8-Bit Hordes

1. Rating Umur

kingdom hearts 3
Terdapat tanda CERO:A di situs resmi Kingdom Hearts

Jika dilihat dari rating umur, KH3 memiliki rating umur yang lebih luas dibanding RE2R. KH3 dalam CERO, yaitu organisasi yang mengatur rating umur pada berbagai game memberikan rating “A”, yang artinya semua umur bisa memainkannya.

Berbeda dengan RE2R yang diberi rating oleh CERO D yang diperuntukkan umur 17 ke atas. Bahkan RE2R di Jepang memiliki versi Z yang di mana versi ini memiliki konten gore sama persis dengan yang aslinya yang memang diperuntukkan orang dewasa (18 tahun ke atas).

Secara logika, hal ini mempersempit pasar gamer RE2R sendiri. Anak SD hingga SMP yang memiliki hobi bermain video game, bukanlah pasar RE2R sedangkan KH3 masih bisa mendapatkan pasar anak-anak tersebut.

2. Sensor

Meskipun di Jepang tidak memberikan sensor yang pasti mengenai konten-konten yang mengarah ke mesum, Jepang justru menyensor ketat untuk konten-konten yang bersifat gore.

Hal ini dibuktikan dengan adanya dua versi dari RE2R di Jepang, yaitu versi standar dan versi Z yang diklaim sebagai versi tidak disensor. Sebelumnya Resident Evil 7 juga diberi kelakuan yang sama di Jepang, yaitu terdapat dua versi, versi standar dan versi tidak disensor.

Sayangnya untuk Resident Evil 7 versi tidak disensor, ternyata tidak menampilkan konten gore sesadis versi yang dirilis di negara barat. Padahal konten gore ini juga menjadi value utama yang ditawarkan dalam game Resident Evil.

3. Cerita Sama vs Cerita Baru

Jika membeli RE2R, tentu kamu akan mendapatkan pengalaman baru dalam bermain seri Resident Evil. Sayangnya tidak dengan sisi cerita, karena RE2R memiliki jalan cerita yang sama persis dengan Resident Evil 2 sebelumnya. Meskipun memang terdapat beberapa perbedaan, tapi tidak mengubah esensi dari inti cerita.

Berbeda dengan jika kamu membeli KH3, maka kamu akan mendapatkan jalan cerita yang baru serta fitur-fitur gameplay yang baru dalam game. Faktor tersebut bisa menjadi salah satu alasan, mengapa KH3 lebih laku dibanding RE2R di Jepang.


Nah itu dia 3 alasan mengapa Kingdom Hearts 3 lebih laku di Jepang dibanding Resident Evil 2 Remake. Kamu punya pendapat lain mengenai hal ini? Yuk share!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *