Game yang Memeras Performa PlayStation 1 Secara Total


Beberapa game yang bakal kita bahas ini benar-benar memeras kekuatan PlayStation 1 yang cukup terbatas pada saat itu.

PlayStation 1

Sebuah console biasanya baru terlihat memiliki kemampuan terbaiknya di penghujung usianya. PlayStation 1 pun demikian karena di penghujung usianya, PlayStation 1 bahkan memiliki gambar dan performance yang beda tipis dari PlayStation 2.

Tentu ada peran game yang membuat kemampuan terbaik dari PlayStation 1 keluar secara sempurna. Gimbot kali ini bakal membahas soal beberapa game yang memeras kemampuan PlayStation 1 hingga harus mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja kita bahas satu per satu!!

Legacy of Kain: Soul Reaver (16 Agustus 1999)

Salah satu game yang cukup mantap dari Crystal Dynamic. Ya, Amy Hennig terlibat dalam pembuatan Legacy of Kain: Soul Reaver. Apa yang membuat game ini begitu berat bagi PlayStation 1? Tentunya pertama karena detail dan cahaya yang digunakan sangat bagus.

Selain itu Legacy of Kain: Soul Reaver memiliki animasi yang juga keren pada masanya. Yang paling dahsyat adalah game ini tak punya loading sehingga proses data streaming tentunya lebih berat.

Di samping itu, game ini berjalan di resolusi 512×240 dengan target 30fps yang mana hanya sedikit game yang bisa berjalan di resolusi dan framerate seperti itu.

Metal Gear Solid (3 September 1998)

Hideo Kojima memang cukup jenius dalam membuat game. Di masa lalu, Kojima menelurkan game Metal Gear Solid di PlayStation 1 dan menjadi salah satu game yang cukup memeras kemampuan console ini.

BACA JUGA: Kenalan dengan Red Barrels, Salah Satu Developer Indie Horor Terbaik

Yang membuat Metal Gear Solid begitu berat adalah desain tekstur yang begitu bagus. Selain itu kabarnya, kode-kode yang digunakan Kojima dalam membuat game ini juga begitu rumit sehingga membuat PlayStation 1 harus kerja keras membacanya.

Crash Bandicoot Series (9 September 1996-31 Oktober 1998)

Di masanya, Crash Bandicoot Trilogy merupakan sebuah game yang bagus sekali dari segi grafis. Bahasa pemrograman yang digunakan juga tergolong rumit terlebih mereka memang ingin memaksimalkan kemampuan hardware dari PlayStation 1.

Game ini berjalan di resolusi 512×240  dan developer-nya memfokuskan berat tekstur ke karakter Crash demi mendapatkan hasil maksimal. Sekuelnya semakin gila karena mereka mengaplikasikan efek air, cuaca, reflection, partikel, dan efek berat lainnya.

Tekken 3 (20 Maret 1997)

Salah satu seri Tekken terbaik merupakan Tekken 3 di mana grafis yang digarap memang sangat bagus pada masanya. Game ini menggunakan resolusi 480i (scaled dari 384×480) dengan frame rate 60. Menariknya, game ini menggunakan quick, motion-captured animasi.

BACA JUGA: Game Writer Legendaris, Berikut Profile Singkat Amy Hennig

Selain itu tekstur Tekken 3 juga merupakan salah satu yang terbaik pada zamannya. Ups, jangan lupa, terdapat efek-efek dramatis lainnya di game ini.

Final Fantasy IX (7 Juli 2000)

Ya, game besutan Squaresoft ini memiliki teknik rendering yang sudah hampir serupa dengan PlayStation 2. Selain itu detail wajah karakter juga digarap dengan sangat mantap dengan sejumlah detail.

Menariknya, kalian bertarung menggunakan empat orang dengan efek yang sadis tapi tidak memberikan performa penalti yang signifikan.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.