5 Game Pilihan Gimbot yang Berpotensi Membatalkan Puasa


5 game berikut tergolong keren tetapi jika kalian sedang puasa, maka kalian perlu menghindarinya

Bermain game saat puasa tentu saja menjadi kegiatan yang cukup menarik. Tak hanya pengguna console semata, para pengguna PC juga bisa memainkan game di bulan puasa karena banyaknya game yang tersedia di platform PC.

Baca juga: Game PC Terbaik untuk Menemanimu Ngabuburit Puasa

Tapi tentu saja kalian harus berhati-hati untuk memilah-milah mana game yang bisa dimainkan agar puasa kalian tidak berpotensi batal. Mari kita bahas satu per satu.

The Witcher Series

Harus diakui game besutan CD Projekt Red ini adalah salah satu game terbaik yang pernah dibuat. Di PC, gamer bisa menikmati The Witcher Series dengan maksimal dari segi grafis. Tapi sayangnya, The Witcher Series memiliki potensi untuk membuat puasa kalian batal.

Kenapa? Di game The Witcher terdapat banyak sekali konten berbau nudity alias ketelanjangan yang akan membuatmu tergopoh-gopoh menutupi layar televisi (jika kamu tidak siap dan sedang bermain di ruang keluarga). CD Projekt Red menampilkan faktor ini secara terang-terangan agar sesuai dengan narasi novel The Witcher.

Dark Souls Series

Dark Souls merupakan game besutan FromSoftware yang cukup terkenal. Ya, game ini terkenal berkat tingkat kesulitannya yang tidak manusiawi hingga membuatmu berada sedikit di atas ambang kesabaran.

Jika yang tidak punya kontrol diri yang baik (terutama dalam hal berkata-kata), tentu sangat dianjurkan untuk tidak memainkan game ini. Alih-alih puasa kalian berjalan dengan baik, justru karena marah-marah akan membuat pahala yang kamu terima saat berpuasa tidak maksimal.

Sekiro: Shadow Die Twice

Sama seperti Dark Souls, game besutan From Software ini juga menyajikan tingkat kesulitan yang edan. Apalagi dari segi mekanisme pertarungan, Sekiro sedikit lebih menantang. Bukan seperti Souls yang mengandalkan evasion move, Sekiro lebih mengandalkan parry sebagai basis pertarungan.

Dengan tingkat kesulitan yang luar biasa, kesabaran kalian diuji. Tapi bagi yang tidak sabar, lebih baik menghindari game ini ketika sedang berpuasa ya.

Dead or Alive

Tak bisa dipungkiri, serial game Dead or Alive merupakan hiburan yang terang-terangan ditujukan bagi kaum Adam. Kenapa? Di game ini ada banyak sekali karakter wanita yang tampil cukup seksi di dalamnya. Desain para wanita di game ini benar-benar detail dan bisa membuat siapapun tercengang.

Di hari biasa, game ini bisa kalian nikmati sesukanya. Tapi di bulan puasa, game ini layak untuk kalian hindari. Masalahnya, keseksian di Dead or Alive tergolong bukan main-main, apalagi jika kamu mencoba game spin-off mereka yang berjudul Dead or Alive: Xtreme Beach Volleyball (aduh).

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V merupakan salah satu game Rockstar paling laris sepanjang masa. Desain misi yang unik dan juga pengenalan tiga karakter yang saling terkait membuat game ini Nampak menjanjikan. Ditambah lagi fitur online di dalamnya juga membuat kalian turut larut ke dalamnya.

Tapi sayangnya, di bulan puasa, game ini layak untuk dihindari. Kenapa? Di Grand Theft Auto V banyak sekali konten-konten dewasa yang tak layak dilihat ketika bulan puasa, seperti kunjungan ke lokasi strip-club, prostitusi, dan lain-lain.


Saya rasa itu saja lima game yang wajib dihindari ketika sedang puasa. Secara kualitas, game ini memang sangat baik. Tapi dari segi konten, ada beberapa hal yang patut diwaspadai ketika kalian sedang menjalankan ibadah puasa.


Leonardo da Lima
Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!