Fenomenal di Mata Penggemarnya! Inilah 5 Game Ikonik Bikinan FromSoftware

FromSoftware memulai kiprahnya di industri game di dekade 80an. Sejak saat itu mereka menjadi salah satu developer terbesar yang punya segudang karya luar biasa.


FromSoftware

FromSoftware merupakan salah satu developer asal Jepang yang cukup terkenal di industri game. Dipimpin oleh Hidetaka Miyazaki, mereka kerap menciptakan game-game yang memiliki ciri khas dan mereka juga dikenal sebagai developer yang cukup konsisten dalam membuat video game.

BACA JUGA: 5 Pasangan Kekasih Terbaik yang Muncul Dalam Video Game – Part 2

Biasanya FromSoftware memiliki ciri khas bahwa game besutannya memiliki tingkat kesulitan di atas rata-rata. Namun meski begitu, banyak gamer memaklumi dan akhirnya menjadikan game-game buatan FromSoftware sebagai idola mereka khususnya bagi para hardcore gamer.

Sudah bertahun-tahun berkarya, setidaknya ada lima buah game dari FromSoftware yang layak dianggap sebagai yang terbaik. Kelima game tersebut memiliki kualitas yang cukup bagus serta layak untuk dicoba. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya.

Sekiro: Shadow Die Twice

FromSoftware

Sekiro: Shadow Die Twice tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Game ini membawa gamer pada petualangan seorang ninja bernama Wolf atau Sekiro yang memiliki misi untuk melindungi seorang bocah dari segala apapun. Dari segi cerita, Sekiro cukup menarik untuk diikuti.

Namun yang menjadi daya tarik dari Sekiro adalah game ini memiliki mekanisme permainan cepat. Meskipun memiliki mekanisme gameplay cepat, kalian tetap tidak bisa asal gebuk untuk mengalahkan musuh. Ada momen di mana pada akhirnya kalian harus berhenti memukuli lawan untuk menangkis serangan atau sekadar melakukan dodge.

Namun untuk masalah dodge, Sekiro bukanlah game yang fokus pada dodge melainkan fokus pada menangkis serangan lawan. Tak cuma itu, Sekiro juga bisa membuat gamer menghabisi lawan dengan cepat menggunakan sebuah finisher yang bisa dicapai dalam dua hal yaitu menghabisi bar HP lawan, atau memenuhkan bar adrenalin kalian dengan cara menangkis.

Selain itu, konsep bangkit dari kematian juga menjadi konsep yang cukup bagus di mana gamer bisa diberikan kesempatan untuk respawn beberapa kali jika tewas dibunuh oleh musuh. Tapi ingat, respawn memberikan konsekuensi bagi kalian nantinya.

Kualitasnya yang tak diragukan membuat Sekiro diganjar penghargaan Game of the Year di ajang The Game Awards 2019.

Bloodborne

Game eksklusif untuk PlayStation 4 dan mendapatkan nilai Metascore 92 ketika diluncurkan. Ya, Bloodborne merupakan sebuah game yang layak dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari FromSoftware. Game ini membawa dunia gothic sebagai basis permainan. Yang tak kalah keren, game ini memiliki beragam konsep yang bisa bikin kalian ketagihan memainkannya.

BACA JUGA:Game Horor Klasik yang Terkenal Paling Menyeramkan di PlayStation 2!

Bloodborne memiliki mekanisme RPG di mana di dalamnya ada banyak sekali senjata yang bisa kalian dapatkan dan digunakan pada akhirnya. Namun untuk sistem combat, Bloodborne memiliki sistem combat yang cepat, ganas, dan agresif yang mirip-mirip dengan Sekiro. Bedanya, Sekiro lebih dinamis dibandingkan Bloodborne yang masih terasa kaku. Selain itu, Bloodborne juga masih menjadikan sistem dodge sebagai basis untuk menghindari serangan lawan.

Tapi yang paling menarik dari game ini yang setidaknya Gimbot rasakan adalah dunianya yang memiliki desain bagus serta beragam desain senjata yang cukup membuat karakter utamanya terlihat keren. Selebihnya, game ini mengadopsi cukup banyak elemen dari Dark Souls.

Dark Souls II

FromSoftware

Dark Souls dari FromSoftware memiliki tiga game, namun yang memiliki kualitas cukup tinggi plus rating terbaik adalah Dark Souls II di mana di Metacritics, game ini mendapatkan rating 91 untuk versi Xbox 360-nya. Meski kerap dikritik oleh para gamer, namun ini merupakan game yang cocok dimainkan oleh gamer-gamer yang butuh tantangan.

Kabarnya, game ini memiliki kesulitan yang luar biasa di mana musuh kerap melakukan spam jurus, kemudian mekanisme heal di game ini juga tidak cukup berimbang, desain levelnya juga cukup menyulitkan gamer.

Namun meski dianggap sangat menyulitkan, menurut pandangan Gimbot justru Dark Souls II berhasil menghadirkan standar yang cukup tinggi untuk game-game jenis hardcore seperti ini. Bahkan beberapa musuh yang ada di dalam seri ini kerap dianggap sebagai musuh-musuh terbaik yang ada di trilogy Dark Souls.

Otogi: Myth of Demons

Terkenal dengan game aksi, di masa lalu, FromSoftware juga pernah membuat game bergenre hack and slash yang diberi nama Otogi. Selain itu, di dalam Otogi, FromSoftware juga memasukan mekanisme RPG meskipun tidak sedalam seri-seri yang lainnya atau seri-seri terbaru seperti Bloodborne atau Souls.

Kurang dalamnya sisi teknik yang dieksekusi oleh Otogi membuatnya mendapatkan kritik. Namun meski begitu, Otogi: Myth of Demons adalah salah satu game besutan FromSoftware terbaik. Otogi: Myth of Demons memiliki mekanisme gameplay yang bisa dibilang cepat pada masanya. Selain itu, Otogi: Myth of Demons memiliki ragam musuh yang cukup banyak mulai dari monster berukuran kecil hingga besar.

Combo di game ini juga bisa dieksekusi dengan cukup nyaman dan lancar. Yang membedakan Otogi: Myth of Demons dari game-game FromSoftware lainnya adalah tingkat kesulitan yang ada di Otogi lebih manusiawi.

Demon Souls

Sebelum membuat Dark Souls, game yang terkenal dari FromSoftware karena kesulitannya adalah Demon Souls. Di dalam game ini ada banyak sekali mekanisme yang nantinya dieksekusikan ke Dark Souls seperti tingkat kesulitannya dan dunia yang bebas untuk dieksplorasi oleh gamer. Bisa dibilang, Demon Souls adalah proyek coba-coba yang dilakukan FromSoftware dalam membuat sesuatu yang baru di industri gaming modern.

Menjadikan tingkat kesulitan musuh sebagai daya jual utama, Demon Souls meninggalkan unsur cerita. Ya, cerita di game ini tidak jelas dan tidak bisa diharapkan oleh para gamer casual yang berharap akan menemukan cerita untuk diikuti dengan baik.

Mekanisme ikonik yang ada di game ini adalah ketika gamer tewas, mereka akan memulai kembali perjalanan dari awal stage namun boss di stage tersebut tidak akan respawn namun musuh normal akan respawn. Mekanisme ini menjadi mekanisme yang diterapkan di game paling baru FromSoftware, Sekiro: Shadow Die Twice.

Armored Core

Armored Core merupakan sebuah game yang mengangkat tema soal robot-robotan dan mekanika yang dirilis untuk PlayStation, Xbox, bahkan mobile. Game Ini mengambil gameplay sudut pandang orang ketiga. Game ini telah menelurkan sejumlah seri dan pertama kali dirilis pada tahun 1997.

Sebagai game petualangan, Armored Core berfokus pada cerita yang cukup bervariasi di setiap serinya. Untuk gameplay atau misinya sendiri, Armored Core akan fokus membuat kalian mengendalikan sebuah robot besar yang memiliki tugas tertentu seperti menghancurkan base musuh atau melindungi base dari serangan lawan.

Tak hanya itu, ada juga fitur kustomisasi yang cukup detail. Fitur kustomisasi juga akan membuat robot yang dimiliki semakin kuat dalam berbagai pertempuran. Untuk menemukan part kustomisasi, gamer harus menyelesaikan misi untuk menemukan item atau membelinya via toko di dalam game.

Dengan ide menarik dan gameplay yang unik, Armored Core layak dianggap sebagai salah satu game FromSoftware terbaik yang pernah dibuat.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.