6 Daftar Game Strategy dengan Tema Sci-fi Terbaik


Ada sejumlah game strategy yang mengusung tema sci-fi terbaik untuk dimainkan. Berikut adalah daftar lengkapnya dari Gimbot!

Game Strategi Sci-fi Terbaik

Sci-fi memang menjadi salah satu tema yang biasanya sering digunakan di industri-industri hiburan seperti game atau film. Sci-fi memiliki unsur unik karena biasanya mengandung unsur-unsur seperti masa depan, robot, atau hal-hal berbau ruang angkasa. Di dalam game sendiri, ada sejumlah game sci-fi yang bisa dimainkan.

BACA JUGA: 5 Karakter Ikonik yang Ternyata Diciptakan Fans

Tapi yang paling menarik tentu saja game sci-fi dengan gameplay strategy. Biasanya, ada berbagai keunikan yang dihadirkan sehingga membuat kita sebagai gamer kerap ketagihan untuk memainkannya. Lantas, apa saja game strategy dengan tema sci-fi terbaik yang pernah dibuat?

Gimbot sudah mengumpulkan enam daftar yang siap untuk dibahas. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Galactic Civilizations Series

game strategy

Galactic Civilization Series adalah game strategy berbasis giliran yang cukup populer. Keunikan dari game ini adalah gamer bisa menggunakan strategy yang unik untuk bisa memenangi pertandingan. Karena pasalnya, Galactic Civilizations memiliki berbagai macam kondisi supaya gamer bisa memenangi pertarungan.

Mulai dari cara yang mudah hingga yang sulit bisa dilakukan. Game besutan Stardock yang dipublikasikan oleh Strategy First pada tahun 2003 ini sangat layak untuk dimainkan oleh gamer. Apalagi menurut reviewnya di masa lalu, game ini cukup direkomendasikan untuk dimainkan dan masuk beberapa nominasi dalam penghargaan game.

2. Star Wars: Empire At War

Bicara soal sci-fi, rasa-rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan game Star Wars. Ada satu game strategy yang cukup direkomendasikan yang diangkat dari Star Wars yaitu Star Wars: Empire At War. Ini adalah game RTS atau real-time strategy yang membuat gamer bisa mengontrol aliansi pemberontak atau kekaisaran Galaksi dalam pertempuran.

BACA JUGA: Tips Persona 5 Strikers – Cara Mudah Mendapatkan Uang dan Level Up

Khas mekanisme game RTS, kalian bisa memadukan karakter-karakter dari tiap-tiap class untuk meraih kemenangan. Buat para penggemar Star Wars, sci-fi, dan juga RTS, sepertinya game tersebut wajib untuk dimainkan.

3. FTL: Faster Than Light

Game strategy yang unik karena hanya mengusung satu tempat pertarungan. Ya, FTL: Faster Than Light akan mengeksplorasi ide yang unik di mana gamer diharuskan untuk mengelola pesawat ruang angkasa. Kalian dipaksa untuk melakukan manajemen kapal.

Di sini, kalian secara bebas bisa memerintahkan kru untuk bisa mengamankan dan mengelola dengan baik pesawat ruang angkasa tersebut. Uniknya, akan ada unsur pertempuran juga yang diusung. Jadi, dalam situasi pertempuran ini, gamer juga bisa memerintahkan tiap-tiap untuk melakukan tugasnya. Selain itu yang unik adalah ini game bertipe roguelike.

4. Distant Worlds: Universe

Distant World: Universe dianggap sebagai salah satu game strategy sci-fi yang paling ambisius. Game ini akan menjadikan seluruh alam semesta yang ada sebagai taman bermain mereka. Selain unsur strategy yang kental, Distant World juga membawa unsur simulasi manajemen kapal yang memiliki model permainan khas RPG.

Menariknya, ketika tidak fokus untuk membenahi kapal luar angkasa mereka atau membentuk armada untuk memenangi pertarungan, gamer bisa melakukan manuver terkait perekonomian di dalam game. Game ini harus diakui sangat rumit sehingga dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mempelajarinya secara detail.

5. Nexus: The Jupiter Incident

Jujur saja, mekanisme Homeworld memang cukup sulit untuk diikuti sampai akhirnya ada Nexus: Insiden Jupiter yang membuat Homeworld bisa tersaingi popularitasnya. Nexus memiliki gaya gameplay RTS unik di mana kalian akan dihadapkan oleh rintangan terus menerus.

Kalian disuruh untuk mengelola sebuah kapal dan membuat beberapa manuver sehingga kapal bisa selamat dari rintangan yang ada. Kerennya, grafik yang dimiliki Nexus masih cukup relevan hingga saat ini. Berbasis dari gaya gameplay Homeworld, game ini berhasil membuat identitasnya sendiri di mata gamer.

6. Starcraft Series

Starcraft adalah franchise sci-fi yang dibuat oleh Chris Metzen dan James Phinney dan dimiliki oleh Blizzard Entertainment. Seri ini berlatar belakang di awal abad ke-26 dan berpusat pada pertarungan antar galaksi yang mendominasi di antara empat spesies yang ada.

Serial ini memulai debutnya di tahun 1998 dan sejak saat itu langsung menjadi salah satu game yang banyak digandrungi oleh gamer. Bahkan karena popularitasnya yang luar biasa, Starcraft menjadi salah satu game yang dulu sering dipertandingkan.

Bahkan sampai hari ini, masih ada beberapa turnamen esports yang memperlombakan Starcraft. Buat yang doyan dengan strategy dan sci-fi, Starcraft benar-benar layak buat dicoba!


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.