Punya Jurus, Ini 5 Game Olahraga yang Tidak Masuk Akal!

Ada sejumlah game yang memiliki konsep unik di mana olahraga dicampur dengan teknik khusus atau jurus yang tidak masuk akal!


Game Olahraga Tidak Masuk Akal

Bandai Namco beberapa waktu lalu mengumumkan sebuah game Captain Tsubasa terbaru untuk PC, PlayStation 4, dan Nintendo Switch yang dirilis pada tahun 2020. Hal ini tentu menjadi keunikan tersendiri di mana game Tsubasa memiliki sebuah game di console modern karena game ini terakhir di rilis di console PlayStation 2.

Bicara soal Tsubasa, game ini tentu akan menyajikan sebuah gameplay yang unik yaitu bermain sepak bola namun dengan jurus-jurus dan teknik unik di dalamnya. Konsep gameplay yang dimiliki Tsubasa memang bukan konsep baru karena di masa lalu, ada beberapa game yang memiliki konsep serupa di mana olahraga dicampur dengan teknik khusus atau jurus yang tidak masuk akal.

Dengan menyajikan konsep unik ini, apa saja game selain Tsubasa yang dianggap sebagai kategori olahraga tak masuk akal? Berikut ulasannya.

Super Shot Soccer

Super Shot Soccer merupakan salah satu game yang cukup populer di tahun 2002 tepatnya ketika era Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea dan Jepang. Sebagai game yang dianggap cukup meramaikan untuk Piala Dunia, Super Shot Soccer menjadikan Tim Nasional sebagai tim yang bisa dimainkan. Berbagai macam Tim Nasional hadir di sini mulai dari Brasil, Argentina, Arab Saudi, Polandia, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Video Game Terbaik Di Mana Pemain Bisa Berperan Sebagai Anak Kecil

Dari segi gameplay, game ini cukup mirip gameplay-nya dengan Winning Eleven pada saat itu namun lebih lambat dan dipoles dari segi visual. Secara kasat mata memang tak ada yang aneh. Namun semua berubah jika kalian mengkombinasikan tombol L1 plus kotak, silang, segitiga, atau lingkaran.

Ya, jika mengkombinasikan L1 dengan salah satu tombol di atas, akan ada jurus unik yang keluar. Masing-masing Tim Nasional memiliki kekuatan uniknya masing-masing meskipun beberapa tim seperti Polandia dan Korea Selatan benar-benar overpower dari segi kemampuan supernya.

NBA JAM

NBA JAM atau singkatnya disebut JAM merupakan sebuah game yang mengambil NBA sebagai basis tim yang bisa dipilih. Game ini dikembangkan oleh Midway dan mendapatkan sebuah popularitas yang luar biasa karena visualnya yang benar-benar dahsyat. Game ini memang terlihat seperti sebuah game basket biasa namun di beberapa momen kerap memasukan unsur-unsur non realistis.

Ya, lompatan para pemainnya yang terlampau sangat tinggi plus adanya bola api ketika melakukan lemparan membuatnya layak dianggap sebagai game olahraga yang tak masuk akal. Namun tak bisa dipungkiri jika hal tersebut justru menambah semarak dari JAM sendiri.

Salah satu yang paling unik tentunya ada skill yang memungkinkan kita untuk membakar ring dengan skill kita yang membuatnya sangat dramatis.

Blood Bowl

Blood Bowl merupakan sebuah game fantasi yang dibuat oleh Jervis Johnson sebagai parodi dari American Football. Permainan ini pertama kali dirilis di tahun 1986 dan dirilis ulang kembali dalam edisi terbaru sejak itu. Yang paling kocak adalah game ini memiliki basis dari Warhammer Fantasy yang membuat setiap line-up di timnya diisi oleh Manusia, Goblin, Kurcaci, Orc, Elf, dan Troll.

Meski mengambil basis dari American Football, game ini menggunakan basis turn based sebagai gameplay utamanya. Sehingga bagi gamer-gamer yang doyan dengan sesuatu berbau strategi tentu akan senang dengan apa yang disajikan oleh game ini.

Blood Bowl telah dirilis ke berbagai versi salah satunya adalah Legendary Edition Gameplay HD yang memiliki visualisasi cukup baik. Selain itu di tahun 2016, Blood Bowl menelurkan sebuah seri baru dalam 22 tahun terakhir. Memasukan makhluk selain manusia dalam sebuah American Football tentu bukan hal yang biasa. Wajar jika Blood Bowl dianggap sebagai game olahraga yang tidak cukup masuk akal.

NFL Blitz

Midway menjadi salah satu developer yang benar-benar cukup rajin dalam membuat sebuah game. Ya, mereka membuat game olahraga tak masuk akan bernama NFL Blitz. Sesuai dengan namanya, tim yang disajikan di game ini berdasarkan National Football League (NFL) dan American Football menjadi basis permainan game ini.

Game ini dimulai untuk platform Arcade sampai akhirnya di porting ke berbagai console bahkan kerap melahirkan sebuah sekuel baru. Game ini mirip dengan Madden NFL, NFL 2K namun seri Blitz berbeda di mana game ini memiliki banyak hal yang dilebih-lebihkan di dalamnya.

Ya, di sini gamer bisa melakukan berbagai jurus menarik dan salah satunya adalah berlari sambil diselimuti api yang membuatnya jadi ikon. Selain itu banyak juga hal-hal tak masuk akal lainnya. Maklum saja, game ini memang terinspirasi dari NBA Jam yang dibuat oleh Midway sendiri.

Super Mario Strikers

Super Mario Strikers atau lebih dikenal sebagai Mario Smash Football di wilayah Eropa dan Australia merupakan sebuah game sepak bola lima lawan lima yang unik. Game ini dikembangkan oleh Next Level Games untuk Nintendo GameCube.

Dengan menggabungkan karakter di franchise Mario dalam satu lapangan sepak bola. Tapi jika kalian berharap ini adalah sepak bola biasa, kalian tentu salah karena di game ini kalian bisa mengeluarkan sejumlah jurus dan item seperti pisang atau kerang merah untuk menghalangi lawan.

Yang paling keren adalah adanya tendangan super yang benar-benar keren ketika eksekusi. Menurut beberapa reviewers, game ini cukup bagus karena eksekusinya yang bagus terutama di multiplayer meskipun di mode single player dan gameplay mendapatkan sejumlah kritikan.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.