Masih Ada! 5 Game Ikonik yang Lahir di Tahun 80an


Ada beberapa game ikonik yang lahir di tahun 80an. Bahkan beberapa franchise game ini masih bertahan hingga hari ini.

Game Ikonik Tahun 80an

Video game sejatinya merupakan salah satu industri yang sudah lama sekali ada di dunia ini. Bahkan di tahun 80an, ketika teknologi dan informasi masih terbatas, ternyata di belahan dunia lain, video game sudah menjadi protek yang dikembangkan. Beberapa judul game di tahun 80an bahkan mampu bertahan hingga hari ini.

Di tahun 80an, hadir beberapa game ikonik yang mendongkrak popularitas dari video game itu sendiri. Lantas kira-kira ada apa saja game ikonik yang lahir di tahun 80an? Gimbot bakal membahasnya secara singkat kepada kalian.

Tanpa basa-basi lagi, inilah lima game ikonik yang lahir di tahun 80an.

Pac-Man

Pac-Man merupakan sebuah game arcade yang dikembangkan oleh Namco dan kemudian diterbitkan oleh Midway. Game yang satu ini dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Sejauh ini, Pac-Man merupakan salah satu game yang masih eksis namanya hingga hari ini.

Pac-Man melambung tinggi namanya karena dirilis di beberapa platform berbeda yakni Game Boy dan SNES selain di Arcade console. Game yang satu ini bakal membawa kalian kepada petualangan yang luar biasa di mana kalian bakal mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man untuk melewati labirin.

Di labirin tersebut kalian harus menghindari empat hantu yang mengejar kalian. Di sepanjang jalan, kalian juga harus memakan berbagai objek titik-titik yang tersedia. Di tahun 80an, Pac-Man adalah sebuah ikon.

Contra

game ikonik

Game yang satu ini bisa dibilang merupakan ikon selain Pac-Man. Contra lahir di pada 20 Februari 1987. Contra merupakan sebuah game aksi tembak menembak yang dirilis serta diterbitkan oleh Konami. Game ini bakal membawa kalian untuk berpetualang memainkan Bill Rizer atau Lance Bean. Kedua karakter ini bahkan masih banyak diingat oleh gamer hingga hari ini.

Dalam petualangannya, kalian bakal menghadapi berbagai macam level mulai dari kamera 2D dan 3D di beberapa kesempatan. Di Contra, ada berbagai macam boss fight seru yang bisa dilewati. Seperti game aksi pada umumnya, Contra menyajikan berbagai buff yang mampu memberikan kemampuan khusus kepada senjata yang kalian gunakan.

Ketika di tahun 80an masih jarang game yang mengaplikasikan cheat, Contra sudah melakukan hal tersebut. Tak hanya itu, Contra juga menyajikan fitur multiplayer.

The Legend of Zelda

game ikonik

Game bergenre RPG yang ikonik di Nintendo bahkan masih menjadi hype atau ikon hingga hari ini. The Legend of Zelda hadir di tahun 1986. The Legend of Zelda didesain oleh seorang maestro di dunia game yakni Shigeru Miyamoto. Game yang mengambil tema fantasy ini menyajikan berbagai musuh untuk kalian hadapi.

Di game ini gamer bakal berperan sebagai seorang bernama Link yang menyelamatkan putri Zelda dari Ganon dengan mengumpulkan tiga potongan Triforce yakni sebuah artefak yang punya kekuatan besar yang dijaga oleh keluarga kerajaan Hyrule.

BACA JUGA: Mau Terlibat di Industri Game? Masuk 5 Jurusan Kuliah ini

Uniknya, meski game ini mengambil genre RPG, Miyamoto selaku game designer melebur game ini juga dengan genre aksi serta puzzle yang membuatnya semakin seru dan bertahan hingga di seri yang sekarang. Dalam praktiknya, Miyamoto juga memasukan beberapa NPC yang punya ras berbeda mulai dari peri hingga manusia biasa.

Tetris

Pada awal diciptakan, Tetris sempat membuat orang bingung. Ya, Alexey Pajitnov membuat orang bingung karena Tetris hanya berisikan balok-balok yang disusun. Tapi tentu keputusan Alexey dalam mengembangkan Tetris akhirnya berhasil. Tetris bertahan hingga lebih dari satu dekade.

Tetris awalnya merupakan game yang dikembangkan di Akademi Sains di Moskow dan menjadi Elekrtonika 60. Game ini terus berkembang hingga akhirnya menjadi Tetris yang kita ketahui di mana game tersebut akhirnya hadir di setiap platform besar. Tak cuman Nintendo, Tetris hadir di PC, console, bahkan di gadget-gadget portable seperti smartphone misalnya.

Tetris sendiri dikembangkan pertama kali di tahun 1985.

Super Mario Bros 3

Super Mario Bros 3

Di akhir era 80an tepatnya di tahun 1989, gamer kedatangan sebuah game yang cukup fenomenal bahkan mampu membuat nama Nintendo melambung sangat tinggi. Ketika pertama kali diluncurkan, Mario Bros memperkenalkan formula petualangan aksi berbasis platformer yang inovatif. Tapi untuk seri ketiga ini, Mario Bros 3 menambahkan beberapa fitur.

Di game ini terdapat fitur mini game, peta layar, dan berbagai desain power-up yang cukup mantap untuk dicoba. Formulasi ini harus diakui berhasil karena Super Mario 3 berhasil terjual lebih dari 18 juta copy di format NES.

Kesuksesan ini berlanjut di SNES di tahun 90an dan akhirnya terus berlanjut hingga hari ini. Mario sendiri merupakan ikon Nintendo yang sangat terkenal di kalangan gamer.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.