Hilang! Ini 5 Game Keren yang Tak Bisa Kalian Mainkan Lagi di Steam


Jika kamu sudah beli game-game langka ini sebelumnya, maka selamat! Kamu beruntung masih bisa memainkannya lagi lewat Steam di masa depan.

Tanggal 12 Januari 2020 kemarin, Grand Theft Auto IV menghilang dari Steam karena alasan yang belum diketahui secara pasti. Menurut prediksi PC Gamer, menghilangnya peredaran Grand Theft Auto IV dari platform digital tersebut dikarenakan rencana Rockstar untuk merilis launcher khusus atau kemungkinan game versi baru yang tak lagi memakai fitur Games for Windows Live.

Sebagai salah satu platform game digital terbesar di PC, hilangnya judul game besar semacam Grand Theft Auto IV pastinya menjadi bahan perbincangan tersendiri bagi para gamer. Bagaiamana tidak, dengan segudang wishlist game keren yang masih belum terbeli Steam, cukup sayang rasanya jika beberapa di antara game keren ini tiba-tiba saja hilang dari daftar pembelian kita berikutnya.

Oleh karna itu, Gimbot sudah memiliki beberapa daftar terkait beberapa game keren apa saja yang hilang di Steam, selain Grand Theft Auto IV. Apa saja? Berikut daftarnya!

Alice: Madness Return

Alice: Madness Return merupakan game yang dirilis di tahun 2011 dan merupakan sekuel dari seri Alice sebelumnya. Di game ini, kita bakal memainkan dan mengikuti cerita Alice Liddel pasca kejadian di game pertamanya. Di seri ini, Alice memiliki misi untuk kembali ke Wonderland demi menunaikan tugas untuk menghentikan kekuatan korup yang mendistorsi tanah.

Dengan cerita yang cukup bagus, Alice sejatinya mampu menjadi salah satu game yang menarik untuk dimainkan khususnya bagi gamer yang suka dengan genre adventure. Namun sayangnya, setelah muncul di Steam dalam kurun waktu tertentu, game ini ditarik oleh penerbit dari game ini, EA.

Sebagai pengganti, Alice: Madness Return dirilis di Origins yang merupakan platform digital milik EA. Nah, di tahun 2019 kemarin, EA dan Steam resmi bekerjasama kembali. Lantas apakah Alice: Madness Return bakal ikutan balik kembali?

Fuel

Steam

Fuel merupakan sebuah game balap yang diluncurkan di tahun 2009 di mana gamer bakal balapan dalam dunia post-apocalyptic yang terbuka. Di game ini ada beberapa fitur keren yang diterapkan di game keluaran tahun 2009 yakni efek cuaca dinamis seperti badai pasir dan tornado. Selain itu, kalian bisa melakukan eksplorasi menjelajahi semua sudut dari dunia di game ini tanpa loading screen.

Fuel dulunya tersedia untuk Steam namun sayangnya, game ini memasukan coding Games for Windows – Live dan SecuROM.

Beberapa orang berasumsi bahwa game ini ditarik peredarannya dikarenakan ditutupnya Game for Windows – Live dan gagalnya SecuRom. Steam menghapus game ini dari store sehingga akhirnya Fuel tak bisa dimainkan.

Metro Exodus

Pada awalnya, Metro Exodus membuka pre-order di Steam namun kemudian Steam mengumumkan game ini tidak bakal hadir di Steam dalam waktu satu tahun melainkan di Epic Games Store. Padahal ketika pre-order dibuka, banyak gamer yang membeli game ini via Steam meskipun mereka tetap bisa memainkannya setelah eksklusifitas Metro Exodus diumumkan di Epic.

BACA JUGA: Serem Tapi Seru! 5 GameHoror dengan Jalan Cerita Terbaik

Tapi sayangnya, penjualannya ke Steam tidak dilanjutkan seperti yang dijadwalkan karena awalnya hanya eksklusif satu tahun di Steam. Sekarang bagi yang belum membelinya, kalian tidak bakal melihat Metro Exodus dan hanya bisa membeli DLC-nya saja. Sedangkan bagi yang sudah melakukan pre-order dulu, gamer masih bisa mengunjungi dan melihat halaman dari game ini.

Devotion

Game ini diciptakan oleh pembuat game survival horor, Detention. Ya, Devotion merupakan game horor survival menggunakan sudut pandang orang pertama di mana game ini memasukan cerita rakyat dan budaya Taiwan. Game ini dirilis pada 19 Februari dan mendapatkan sambutan yang cukup bagus. Tapi sialnya, seminggu setelah perilisan, game ini ditarik dari Steam akibat kontroversi yang dimunculkannya.

Ya, Devotion memasukan sebuah tulisan yang menyinggung pemimpin tertinggi China. Meskipun tulisan tersebut sudah diganti dan pengembang, Red Candle meminta maaf, mereka tetap menarik game ini dari Steam di semua regional. Padahal untuk elemen horor, game ini memiliki pengalaman horor yang juara.

Deadpool

Deadpool merupakan contoh yang Gimbot rasa cukup mewakili kasus menghilangnya beberapa game adaptasi komik Marvel dari peredarannya di Steam. Tidak hanya Deadpool, game komik Marvel lainnya yang hilang antara lain Marvel: Ultimate Alliance, Wolverine: Origins, dan deretan game Spider-Man bikinan Activision. Semuanya hilang karena satu alasan: lisensi yang kedaluwarsa.

Deadpool sendiri adalah game aksi dengan sudut pandang orang ketiga yang cukup bagus untuk dinikmati para penggemar tokoh komik ini di luar sana. Dalam game tersebut, gamer beraksi sebagai Deadpool dalam misinya mengemban tugas mulia yakni menghentikan dominasi Mister Sinister yang jahat. Tidak hanya dia sendiri aja, Deadpool juga ditemani anggota X-Men seperti Colossus, Wolverine, serta sidekick favorit Deadpool di komik, Domino.

Game ini dulu cukup dikenal karena dua kali menghilang di Steam. Beruntung, gamer Steam yang berkesempatan telah membeli game ini sebelumnya masih bisa mengakses Deadpool di koleksi permainan mereka


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.