Made in China Meragukan? 9 Game China ini Justru Keren dan Patut Dimainkan!


Taunya jangan Bethesda sama CD Projekt Red terus gengs, nih liat developer dari China keren-keren gamenya!

Entah darimana asalnya kata “made in china” memiliki konotasi buruk. Setiap ada produk barang maupun jasa yang memiliki kata “China” berkesan memiliki kualitas yang rendah. Tidak terlepas atas game China.

Padahal tidak semua game China memiliki kualitas buruk lho. Nyatanya game-game China ini justru memiliki kualitas grafis yang keren banget!

Terus, game China apa saja yang dibilang memiliki kualitas grafis yang keren tersebut? Yuk cek di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Game Gacha Android yang Cocok Buat Kamu yang Sering Dapat Ampas

1. My Time at Portia

Senang dengan game yang memiliki tema pertanian seperti Harvest Moon? Maka game ini sangat cocok buat kamu karena memiliki tema pertanian.

My Time at Portia adalah sebuah game simulasi RPG dengan fitur open world, yang dikembangkan oleh Pathea, developer independen yang berbasis di China.

Jika Harvest Moon memiliki keterbatasan tempat, tidak dengan My Time at Portia.

Kamu memulai hidup pada sebuah kota bernama Portia, sebuah kota yang baru dibangun setelah kejadian bencana besar. Meskipun Portia disebut kota, tapi cenderung terlihat seperti pedesaan.

Kamu bisa memulai dari bercocok tanam, mengembangkan peternakan, bersosialisasi dengan warga sekitar dan lain sebagainya.

Tampilan grafis? My Time at Portia memiliki tampilan grafis yang cukup enak dipandang meskipun tidak berdesain realistis. Kamu bisa cek game ini langsung di Steam.

Download: My Time at Portia – Steam

2. Bright Memory

game china

Game FPS dari China? Tentu ada, terlebih dengan tampilan grafis seperti game-game AAA zaman sekarang, Bright Memory patut dihargai.

Dikembangkan oleh FYQD Personal Studio, game ini memiliki genre FPS dengan jalan cerita yang menjadi keunggulannya. Bright Memory memiliki tema yang menarik, karena gabungan dari sci-fi futuristik dan penjajahan kuno.

Sayangnya game ini masih berstatus Early Access yang artinya belum sepenuhnya jadi. Ya maklum saja, karena game ini dikembangkan oleh developer independen yang hanya beranggotakan satu orang. Wew!

DOWNLOAD: Bright Memory – Steam

3. Bloody Spell

game china

Jika kamu suka dengan game berjenis Hack and Slash, game ini sangat cocok buat kamu.

Bloody Spell adalah game asal developer China, 艺龙游戏, yang berjenis action RPG dengan elemen hack and slash layaknya game Dark Soul.

Tenang, kelihatannya game ini tidak begitu sulit seperti Dark Soul, meskipun memiliki kemiripan.

DOWNLOAD: Bloody Spell – Steam

4. The Swordsmen X

game china

Masih dengan game yang sama, bergenre hack and slash. The Swordsmen X memiliki tema pendekar berpedang, tapi sebenarnya kamu bisa bermain dengan berbagai macam style, mulai dari swordman, pemanah, atau bahkan assassin.

Keunggulan dari game ini, memiliki mekanisme pertarungan seperti yang ada di film-film Mandarin. Selain itu, The Swordsmen X memiliki map yang sangat luas. Jika kamu tipe orang yang senang bertualang, maka game ini sangat cocok buat kamu.

The Swordsmen X dikembangkan oleh 上海杜昂网络科技有限公司.

DOWNLOAD: The Swordsman X – Steam

5. ICEY

Game 2D tidak memiliki tampilan grafis yang bagus? Sepertinya kamu salah menilai karena game ICEY adalah salah satu game 2D yang memiliki tampilan grafis yang ciamik.

ICEY adalah game side-scrolling action oleh FantaBlade yang juga memiliki elemen hack and slash di dalamnya. Untuk kamu para wibu pasti akan suka dengan game ini karena memang memiliki desain art gaya anime.

DOWNLOAD: ICEY – Steam

6. Detention

Game horor yang dibuat di Asia, termasuk China, pasti sudah tidak diragukan lagi tingkat menakutkannya!

Detention adalah game horor yang memiliki desain art “unik”. Meskipun minim akan elemen jumpscare, tapi sang pengembang game ini berhasil membawa suasana yang bisa membuat bulu kudukmu berdiri.

Tampilannya yang hanya 2D, tidak mengurangi kesan menyeramkan dari game ini. Justru dari tampilan tersebut membuat game ini lebih menyeramkan. Penasaran kan apa yang bikin seram?

DOWNLOAD: Detention – Steam

7. Dusk Diver

Masih dengan game dengan gaya anime, Dusk Diver adalah action RPG yang memiliki latar perkotaan modern. Game ini dikembangkan oleh JFI Games, yang sebenarnya berasal dari Taiwan.

Suatu ketika di suasana bumi yang damai, munculah monster yang disebut dengan Phantom. Tugasmu adalah memburu seluruh Phantom agar menjadikan dunia kembali damai.

Jika kamu cukup mengenal dengan game mobile Honkai Impact, game ini memiliki kemiripan dalam hal gameplay.

Sayangnya Dusk Diver hanya tersedia dalam bahasa Mandarin dan Jepang.

DOWNLOAD: Dusk Diver – Steam

8. A Light in the Dark

Senang dengan visual novel? Game ini pasti cocok untuk kamu. A Light in the Dark adalah sebuah game visual novel yang memiliki cerita yang “gelap.”

Dikembangkan oleh CreSpirit dari Taiwan, A Light in the Dark menceritakan tentang 3 tokoh yang menjadi karakter utama.

Tokoh pertama adalah seorang wanita yang terpaksa menculik seorang remaja laki-laki kaya untuk bisa bertahan hidup.

Lalu ada seorang gadis lugu yang kerjanya hanya melipat kertas, dan ketiga adalah remaja laki-laki kaya yang diculik tersebut.

Sama seperti dengan game visual novel pada umumnya, kamu harus memilih setiap jawaban yang ada untuk bisa lanjut dan mendapatkan jalan cerita.

Setiap jawaban yang kamu pilih, memiliki jalan cerita yang berbeda. Bisa saja kamu memilih jawaban yang salah sehingga membuat kamu mati atau game berakhir.

DOWNLOAD: A Light in the Dark – Steam

9. Metal Revolution

Senang dengan game fighting “klasik”? NEXT Studio menghadirkan Metal Revolution yang hadir dengan genre fighting dan bertemakan robot!

Game fighting identik dengan serangan kombo, begitupun juga dengan Metal Revolution yang dari trailer-nya, terlihat mengutamakan kombo untuk mengalahkan musuh.

Menariknya, serangan kombo tersebut dibuat simpel sehingga para newbie bisa juga mengeluarkan jurus kombo mematikan. Setiap karakter juga memiliki serangan ultimate yang unik!

Sayangnya, Metal Revolution untuk saat ini belum dirilis dan juga belum ada informasi mengenai kapan perilisannya.

MORE INFORMATION: Metal Revolution – Steam


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..