Bangun, Kembangkan, dan Pertahankan Koloni di 5 Game Base-Building Survival Ini


Tidak seperti survival biasa, game base-building survival menantangmu membangun koloni dan mempertahankannya di tengah banyak cobaan.

game-base-building-survival-featured

Survival adalah genre yang dari tahun ke tahun selalu mengalami evolusi. Dulunya, game survival hanya memintamu mengendalikan satu karakter dan selamat di alam liar menghadapi hewan liar, pemain lain, dan kadang zombi. Sekarang, beberapa game survival mulai menawarkan pengalaman yang berbeda, salah satunya adalah menitikberatkan base-building.

BACA JUGA: Game Tactical RPG Nintendo Switch untuk Kamu yang Jago Meramu Strategi

Tidak seperti game survival pada umumnya, base-building survival mengajakmu membangun sebuah koloni beranggota beberapa atau bahkan banyak orang sekaligus. Kamu harus mengendalikan anggota koloni ini untuk mengumpulkan sumber daya, membangun markas dan fasilitasnya, dan mengembangkan koloni yang ada. Tapi tugas tersebut tidak mudah karena setiap saat selalu ada sesuatu yang berusaha mengganggumu, mulai dari hewan, monster, atau penjarah, alam liar itu sendiri, atau bahkan anggota kolonimu sendiri.

Jika kamu tertarik mencoba game seperti ini, kamu bisa mencoba lima judul di bawah.

1. Frostpunk

Ada banyak situasi esktrem yang bisa dibawa ke dalam game survival selain zombi dan perang. Salah satunya adalah iklim dingin seperti yang disajikan oleh Frostpunk. Tapi kali ini kamu tidak akan mengendalikan satu orang dan berusaha bertahan hidup. Kamu akan memimpin sebuah koloni untuk terus bertahan hidup di tengah iklim dingin.

Memang, musuh utama kolonimu di Frostpunk adalah mother nature alias iklim dingin yang membuatmu harus memastikan kolonimu tetap hangat dan punya makanan. Tapi “aktor” yang menghadirkan malapetaka secara langsung ke kolonimu adalah anggota kolonimu sendiri. Layaknya masyarakat yang berusaha bertahan hidup di lingkungan ekstrim, suatu waktu mereka akan memperlihatkan perilaku yang menimbulkan masalah.

Tugasmu adalah menanggapi setiap situasi yang ada dengan tepat agar mereka tidak membangkang dan meninggalkan kolonimu sehingga tidak ada yang mengoperasikan alat untuk membuat kolonimu bertahan.

2. Oxygen Not Included

Satu lagi situasi aneh yang bisa jadi latar untuk game survival adalah luar angkasa. Atau lebih keren lagi, sebuah kawah bawah tanah di luar angkasa seperti Oxygen Not Included. Alasannya adalah karena sumber dayamu tidak hanya makanan dan air saja, tapi juga oksigen. Lalu khusus untuk game ini, mengetahui kandungan kimia setiap sumber daya yang kamu temukan juga sangat penting.

Dalam Oxygen Not Included, kamu akan memulai dengan tiga orang dan harus membuat sebuah tempat tinggal yang layak. Kamu harus mengumpulkan bahan makanan dan minuman dan memprosesnya agar bisa dikonsumsi. Tapi karena sumber daya dan ruang di area yang ada terbatas, kamu harus mengeksplorasi dengan menggali bebatuan ke berbagai arah.

Tapi kamu harus hati-hati karena setiap batuan dan area yang kamu gali punya kandungan yang berbeda. Beberapa di antaranya bisa berguna dan bahkan meningkatkan kandungan oksigen di area kolonimu. Tapi sebaliknya ada juga area dan bebatau yang mengeluarkan gas racun dan harus kamu segel.

3. Rimworld

Satu lagi game survival dengan latar planet di luar angkasa adalah Rimworld. Untuk game ini kamu tidak bermain di bawah tanah melainkan di permukaan sebuah planet asing, dan oksigen bukanlah hal yang perlu kamu khawatirkan. Tapi bukan berarti planetmu aman dan menjanjikan hidup yang tenang. Sebaliknya, Rimworld adalah dunia yang kejam dan berusaha membunuhmu dalam artian yang sebenarnya.

Jika harus dijelaskan secara singkat, Rimworld adalah The Sims tapi dengan tema survival di luar angkasa. Penghuni kolonimu harus membuat rumah, menanam dan mengumpulkan makan dan minuman. Membangun rumah di sini tidak hanya sekadar membuat dinding dan memasang perabotan saja, tapi juga membangun generator listrik dan memastikan generator tersebut punya sumber daya yang dibutuhkan.

Tapi tantangan sebenarnya adalah munculnya alien atau suku liar yang berusaha menjarah markasmu. Kamu harus siap karena jika tidak anggota kolonimu bisa mati atau cedera. Tidak hanya itu, sedikit malapetaka bisa mempengaruhi psikis karaktermu dan membuat mereka jadi entitas berbahaya di kolonimu sendiri.

4. Factorio

Sesuai namanya, Factorio adalah game di mana kamu harus menemukan dan mengumpulkan berbagai sumber daya untuk dibuat menjadi alat dan mesin. Seiring waktu kamu bisa mengumpulkan bahan yang lebih baik dan membuat mesin yang lebih canggih dan otomatis layaknya sebuah pabrik modern. Pertanyaannya tentu saja jika kamu hanya membangun pabrik, di elemen survival-nya?

Ingat, kamu membangun pabrik di dunia dan lokasi yang cukup terbuka. Membangun pabrik tentu saja menciptakan polusi yang jelas tidak disukai oleh penghuni alam liar. Semakin mengotori pabrikmu, semakin agresif juga makhluk-makhluk liar ini menyerang pabrikmu. Artinya kamu harus menyeimbangkan produktivitas pabrikmu dengan tingkat polusi yang dihasilkan. Tapi suka atau tidak, kamu tetap harus memasang mekanisme bertahan untuk mengusir makhluk-makhluk liar ini.

5. They Are Billions

Survival dengan tema zombi tidak melulu mengambil bentuk action atau shooter saja. They Are Billions mengajakmu membangun dan mengelola sebuah koloni untuk bertahan menghadapi koloni lain yang kebetulan adalah zombi. Kabar buruknya adalah sesuai nama game-nya, para zombi ini berjumlah sangat banyak.

They Are Billions punya feel yang mirip dengan real-time strategy seperti Age of Empires. Kamu punya beberapa sumber daya yang harus kamu kumpulkan untuk mengembangkan kolonimu mulai dari makanan, kayu, minyak, hingga emas. Tapi lawanmu adalah zombi dan kamu hanya bisa bertahan dari serangan mereka.

Untuk bertahan, kamu tentunya harus membuat persenjataan dan mekanisme pertahanan yang solid. Tapi zombi yang kamu hadapi juga beragam jenisnya, masing-masing punya kekuatan dan kekurangannya sendiri. Artinya kamu harus punya persenjataan yang tepat untuk menghadapi berbagai macam jenis zombi ini.


Kaoru

Hmmm...