Perlu Tahu! 5 Fitur Rahasia Menarik yang Ada di PlayStation 4

Bagi sebagian pengguna, ada beberapa fitur rahasia PlayStation 4 yang mungkin tidak mereka ketahui padahal cukup berguna.


fitur rahasia

PlayStation 4 merupakan salah satu console paling sukses yang pernah dibuat di industri game. Console yang ini bisa dibilang merupakan pesaing terkuat dari PlayStation 2 yang dinobatkan sebagai console dengan penjualan terbanyak dalam sejarah gaming. Memiliki sejumlah fitur modern, ternyata masih ada banyak sekali gamer yang belum paham menggunakannya di PlayStation 4.

BACA JUGA: Mini Games Menarik yang Bisa Kamu Mainkan dalam Video Game

Gimbot beberapa bulan lalu pernah membahas mengenai fitur penggunaan Rest Mode dan juga membahas mengenai Regional di PlayStation 4. Kali ini kami bakal kembali membahas mengenai hal menarik di PlayStation 4 khususnya adalah soal beberapa fitur rahasia menarik yang bisa digunakan oleh gamer di console hitam tersebut.

Kira-kira ada fitur rahasia menarik apa saja yang bisa diketahui dan dibahas? Gimbot bakal memberitahukan kalian!

1. Menghemat Baterai DualShock 4

Playstation 5 - 4

Tak bisa dipungkiri memang pekerjaan Sony selanjutnya adalah membuat sebuah controller yang memiliki baterai kuat. Dualsense yang diharapkan menjadi controller PlayStation 5 memiliki baterai yang awet untuk bisa menemani gamer. Meski memiliki baterai yang gampang KO, namun kalian bisa sedikit menghemat penggunaan baterai di DualShock 4.

Caranya adalah membuat lampu di DualShock 4 dalam keadaan redup tak terlalu menyala sehingga daya tahan baterai diharapkan bisa lebih lama penggunaannya. Untuk membuat redup cahaya di DualShock 4, kalian bisa ke Setting>Devices>Controllers>Brightness of DualShock 4 Lightbar>Dim. Meski sederhana, mungkin cara yang satu ini banyak yang belum mengetahuinya.

2. Mengetik dengan Motion Control dan Smartphone

Mengetik di PlayStation 4 memang merupakan salah satu hal yang cukup menjengkelkan. Pasalnya, kalian akan lama untuk memilih setiap hurufnya. Namun ada cara yang lebih cepat dan efektif bagi kalian yang bosan dengan cara biasa. Untuk mengaktifkan motion control, kalian hanya perlu menekan R3 saja dan dari sini motion control sudah aktif.

Kalian bisa memilih huruf dengan menggerakkan DualShock 4 kalian yang membuat pemilihan huruf menjadi lebih cepat. Jika rasa ini dirasa kurang enak, kalian bisa menjadikan Smartphone sebagai keyboard untuk mengetik di PlayStation 4!

BACA JUGA: 5 Hal Mengerikan yang Dilakukan Joker di Batman Arkham Series

Caranya, kalian harus punya aplikasi PlayStation App di Android atau iOS. Setelah itu pair smartphone dan PlayStation 4 kalian. Caranya adalah di PlayStation 4 masuk ke Setting>PlayStation App Connect Setting>Add Device>Akan muncul kode yang harus diinput di smartphone.

Setelah itu, di Smartphone buka PlayStation App dan pilih Second Screen. Setelahnya akan muncul nama console kalian dan masukan kode yang tadi ada di PlayStation 4. Jika sudah, smartphone akan jadi second screen dan kalian bisa mengetik menggunakan smartphone untuk console kalian. Selamat mencoba!

3. Menyalakan TV dan PS4 Bersamaan

Fitur yang satu ini cukup unik dan sudah jadi standar bagi console kekinian karena Nintendo Switch juga punya fitur rahasia ini. Namun untuk menjalankan fitur tersebut, TV kalian harus memiliki fitur untuk menautkan perangkat HDMI agar bisa berjalan bersama. Jika dirasa TV kalian sudah memilikinya, yang harus kalian lakukan adalah masuk ke setting>System>Enable HDMI device link.

Dengan begini waktu kalian untuk menyalakan PlayStation 4 dan TV bisa singkat karena keduanya kini sudah saling terhubung. Fitur ini cukup menarik dan salah satu yang mungkin saja tidak diketahui orang-orang.

4. Remap Button di DualShock

controller terbaik

Hal yang cukup simpel namun cukup susah juga untuk ditemukan oleh para gamer terutama yang malas untuk mengutak-atik settingan. Kalian yang tidak suka dengan tombol di DualShock 4 sebenarnya bisa melakukan setelan ulang untuk membuat tombol yang ditekan sesuai dengan kehendak kalian. Untuk melakukan remap tombol di DualShock 4, cukup pergi ke Setting>Accessibility>Button Assignment.

Dengan begini tombol bisa disesuaikan dengan kehendak kalian agar bermain game menjadi lebih nyaman dan enak tentunya.

5. Menyederhanakan Proses Share Screenshot dan Video

PlayStation 5 - 1

Menyebarkan gameplay dan screenshot harus diakui merupakan jadi salah satu keistimewaan gaming modern saat ini. Tapi sayangnya, terkadang melakukan hal ini membuat gamer memiliki banyak waktu untuk masuk menu sana sini hingga akhirnya mengganggu permainan. Kalian tak perlu khawatir karena sejatinya proses ini bisa dipersingkat.

Kalian cukup menekan tombol share di DualShock 4 dan kemudian masuk ke menu Sharing and Broadcast Setting>Share Button Control Type>Select Easy Screenshots. Dengan menggunakan fitur ini, berbagai gameplay dan screenshot akan menjadi lebih mudah.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.