Pokemon Sword And Shield Rilis Bulan November 2019! Inilah Semua Yang Baru Di Dalamnya


Setelah Pokemon Direct, apakah kamu tertarik membeli Pokemon Sword and Shield? Versi mana yang akan kamu beli nantinya?

Featured Video Play Icon

Nintendo akhirnya mengadakan Pokemon Direct di tanggal 5 Juni lalu. Isi presentasinya tentu saja informasi lebih lanjut mengenai game Pokemon terbaru, yaitu Pokemon Sword And Shield yang akan rilis tahun ini.

Dalam presentasi tersebut, Nintendo memperihatkan berbagai hal, mulai dari fitur dan mekanisme baru, hingga Pokemon dan karakter baru yang akan hadir di Pokemon Sword And Shield. Untuk kamu yang melewatkannya, berikut rangkuman dari kami.

Wild Area Yang Dinamis Dengan Fee Camera Control

Seperti biasa, dalam Pokemon Sword And Shield, kamu akan berkelana di berbagai area untuk menemukan dan menangkap Pokemon Liar. Jika dulu area ini bersifat statis dan berisi Pokemon yang sama, Pokemon Sword And Shield akan menawarkan hal yang berbeda.

Dalam ­Pokemon Sword And Shield, semua area yang kamu lalui akan mengalami perubahan cuaca dan iklim. Seiring perubahannya, Pokemon liar yang mengisi area tersebut juga berubah. Artinya kamu punya alasan untuk mengunjungi area yang sebelumnya sudah kamu lewati.

Pengalaman kamu berkelana di dunia Pokemon Sword And Shield juga akan sangat berbeda dari game sebelumnya. Kamu tetap bermain dengan perspektif orang ketiga. Tapi jika dulu kamu harus bermain dengan kamera top-down, kali ini kamu bisa menggerakkan posisi kamera sesuka hati layaknya game RPG pada umumnya. Ini tentu akan membuat petualanganmu lebih menggugah karena kamu bisa menikmati keindahan regional Galar yang terlihat memukau.

Dynamax

Pokemon Sword And Shield juga memperkenalkan sebuah mekanisme baru yaitu Dynamax. Ketika digunakan, Dynamax akan membuat Pokemon pilihanmu jadi raksasa dan tentunya lebih kuat. Namun sekuat apa Pokemon kamu ketika jadi raksasa sama sekali tidak dijelaskan.

Dynamax ini bisa kamu aktifkan kapan saja dalam pertarungan, tapi hanya berlangsung selama tiga giliran saja. Karena itu pastikan kamu menggunakannya di saat yang tepat.

Raid Battle Bersama Teman

Dynamax tidak hanya berguna di pertarungan antar trainer saja, karena Pokemon Sword And Shield juga punya fitur baru bernama Max Raid Battle.

Sesuai namanya, dalam Max Raid Battle kamu bersama tiga orang pemain lain akan bekerja sama untuk mengalahkan satu Pokemon Raksasa. Jangan anggap remeh karena Pokemon yang dalam status Dynamax permanen ini sangat kuat. Kamu juga bisa mengaktifkan Dynamax di Max Raid Battle, tapi hanya satu dari empat anggota tim yang bisa menggunakannya. Karena itu kerja sama dan koordinasi yang baik adalah sebuah keharusan.

Jika berhasil, kamu bisa menangkap Pokemon yang kamu kalahkan di Max Raid Battle. Beberapa Pokemon juga hanya tersedia di Max Raid Battle. Kamu bisa melakukan Max Raid Battle dengan temanmu secara online. Tapi jika sedang tidak punya koneksi internet, kamu juga bisa bermain dengan tiga AI.

Pokemon Baru (Legendary dan Non-Legendary)

Setelah tiga starter, Pokemon Direct terakhir juga memperkenalkan tujuh Pokemon baru, lima Pokemon non-legendaris dan dua Pokemon legendaris. Empat Pokemon non-Legendaris yang diperkenalkan antara lain Gossifleur, Eldegoss, Wooloo, Corviknight, dan Drednaw.

Gosiffleur adalah Pokemon dengan tipe Grass, sedangkan Eldegoss adalah evolusinya. Wooloo punya tipe normal dan sepertinya akan jadi rodent di Pokemon Sword And Shield seperti Rattata. Corviknight punya tipe Flying/Steel, sedangkan Drednaw punya tipe Water/Rock. Kelima Pokemon ini punya ability dan fungsi yang unik dan baru dalam permainan. Corviknight misalnya, akan berfungsi sebagai taksi yang bisa mengantarkan orang lain untuk berpindah tempat.

Selain lima Pokemon tersebut, kita juga diperlihatkan dua Pokemon legendaris, yaitu Zacian dan Zamazenta. Keduanya punya badan serigala dengan keunikan tersendiri. Zacian membawa sebuah pedang di mulutnya, sementara Zamazenta punya pelindung seperti perisai di sekitar lehernya. Dengan bentuk seperti itu, keduanya jelas akan jadi maskot untuk Pokemon Sword And Shield.

Karakter Baru Dan Cerita Baru

Pokemon Sword And Shield juga memperkenalkan cerita dan tentunya karakter baru. Dalam perjalanan, kamu akan bertemu dengan Hop. Ia akan jadi saingan sekaligus mitra sekaligus menemanimu dalam perjalanan nanti. Ia punya kakak bernama Leon yang merupakan sang Champion yang diidolakan banyak orang.

Pokemon Sword And Shield juga memperkenalkan profesor baru bernama Magnolia. Ia juga memiliki asisten yang definitely a waifu bernama Sonia.

Terakhir sepanjang perjalanan kamu tetap akan menantang berbagai Gym Leader. Satu-satunya yang sudah diperkenalkan adalah Milo yang merupakan spesialis pokemon Grass.


Pokemon Sword And Shield akan rilis di Nintendo switch tanggal 15 November 2019 nanti. Kamu sudah bisa melakukan pre-order dengan harga US$59,99 (sekitar Rp854.000,-) per versi, atau US$119,99 (sekitar Rp1,7 juta) untuk kedua versi.

Jadi, apakah kamu berniat membeli Pokemon Sword And Shield? Versi mana yang akan kamu ambil? Lalu dari semua pengumuman di atas, apa yang paling kamu tunggu di game ini?


Kaoru