Fallout 76 Beta Rilis, Ini Dia 3 Tips Optimalkan Setelan Grafis


Fallout 76, salah satu seri terbaru dari Fallout baru saja dirilis versi Beta-nya!

Fallout 76 Beta ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan pra-order Fallout 76 yang di mana kamu bisa langsung mendapatkan 3 versi platform dari Fallout 76, yaitu versi PC, Playstation 4 dan Xbox One.

Fallout 76 Beta bisa dinikmati langsung oleh para pemesan pre-order. Untuk kualitas grafis, Fallout 76 cukup memiliki kualitas grafis yang sangat baik.

Tentu saja hal tersebut akan membuat para pengguna PC “kentang” akan merasa was-was karena spesifikasi yang belum tentu kuat.

Jangan khawatir, kita akan membahas mengenai setelan grafis yang optimal untuk memainkan Fallout 76 Beta ini. Yuk langsung cekidot saja di bawah!

1. Bermain di Preset High

fallout 76 beta
Sumber: PC Gamer

Fallout 76 ternyata memberikan kemudahan dalam melakukan setelan grafis. Jika kamu tidak ingin pusing dengan setelan grafis, kamu bisa langsung memasang mengatur melalui setelan preset.

Setelan preset ini terdapat 4 pilihan, yaitu Low, Medium, High dan Ultra.

Jika kamu ingin mencoba rata kanan atau preset Ultra, ternyata tidak ada perubahan yang signifikan jika kamu memainkan di preset High.

Lebih bagusnya lagi, preset High justru memberikan 5% performa lebih baik dibanding setelan Ultra.

Ada baiknya jika kamu ingin bermain secara optimal, cukup set saja pada setelan high.

2. Texture Quality

fallout 76 beta
Sumber: PC Gamer

Jika kamu ingin melakukan setelan lebih detil, kamu bisa mulai dari Texture Quality.

Ternyata tidak ada perubahan signifikan pada performa jika kamu menurunkan Texture Quality ke level low terutama untuk para pengguna kartu grafis GTX 1060 6GB.

Jadi lebih baik setel saja ke setelan High jika memang menginginkan kualitas gambar yang baik!

3. Water, Lighting dan Shadow

fallout 76 beta
Sumber: vgr

Untuk pengaturan ketiga elemen tersebut, ternyata pengaturan Water Quality sama sekali tidak ada peningkatan performa sekalipun kita ubah menjadi low.

Sedangkan untuk lighting atau cahaya, ternyata memiliki peningkatan performa yang cukup tinggi ketika diubah menjadi setelan low. Sekitar 12 persen peningkatan performa ketika kualitasnya diturunkan.

Dan untuk Shadow ada dua pengaturan, yaitu shadow quality dan shadow distance. Jika kita turunkan keduanya ke setelan low, menjadikan performa meningkat hingga 11 persenĀ guys!


Semua pengaturan di atas adalah pengaturan yang paling berpengaruh terhadap performa gim Fallout 76 Beta ini. Terutama pada sisi lighting yang memang paling sering diolah oleh kartu grafis.

Sayangnya untuk sisi texture, Bethesda selalu mengulangi kelemahan yang sama, yaitu tidak adanya peningkatan performa meskipun kualitas tekstur gambar diturunkan.

Semoga saja nanti pada Fallout 76 telah rilis penuh, Bethesda bisa memberikan hal yang terbaik dalam performa maupun kualitas gambar.

Sumber: PCGamer.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz