Falcom Konfirmasi Persiapan Perilisan Ys IX: Monstrum Nox Versi Inggris

Selain perihal lokalisasi, presiden Falcom juga menyatakan keinginannya untuk me-remake trilogi Trails in the Sky dalam wujud 3D.


Ys dulu sempat jadi salah satu seri game action yang tidak banyak dikenal orang karena sangat jarang dirilis dalam bahasa Inggris. Namun sejak dilirik oleh XSEED Games, popularitas seri Ys di dunia barat semakin meningkat dan kini selalu ditunggu-tunggu. Apalagi perilisan di console mainstream seperti PS4 dan Switch juga membantunya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Game terakhir seri Ys yang dirilis global adalah Ys VIII: Lacrimosa of Dana, yang telah mendapat penerimaan sangat baik oleh penggemar maupun kritikus. Perusahaan pembuatnya, Nihon Falcom, juga telah merilis sekuel dengan judul Ys IX: Monstrum Nox, namun baru di negara Jepang. Untungnya, presiden Falcom (Toshihiro Kondo) baru-baru ini mengonfirmasi bahwa persiapan untuk merilis Ys IX: Monstrum Nox dalam bahasa Inggris sudah berjalan.

Ys IX: Monstrum Nox menyajikan sejumlah pertarungan yang epik | Sumber: PS Store

Kabar tersebut disampaikan oleh Toshihiro Kondo dalam wawancaranya bersama Gematsu yang bisa kamu baca secara lengkap di tautan berikut. Kondo tidak menjelaskan perusahaan penerbit mana yang akan menangani versi Inggris itu, juga kapan tanggal perilisannya. Yang jelas, Ys IX: Monstrum Nox sudah direncanakan untuk terbit di Amerika Serikat dan Eropa.

BACA JUGA: Game Overcooked! 2 Dirilis Ulang dalam Versi Komplet Berisi Semua DLC

Dalam wawancara itu Kondo juga menyatakan penyesalannya terhadap dua judul dari seri Kiseki (atau seri Trails) yang tidak pernah dirilis dalam bahasa Inggris, yaitu Zero no Kiseki dan Ao no Kiseki. Padahal keduanya merupakan bagian penting dari cerita utama seri Kiseki. Dua game ini akan dirilis untuk PS4 dalam waktu dekat, dan Kondo berharap versi PS4 ini bisa memunculkan kesempatan untuk perilisan dalam bahasa Inggris.

The Legend of Heroes: Zero no Kiseki akan dirilis untuk PS4 | Sumber: Gematsu

Selain masalah lokalisasi, Kondo menceritakan bahwa ada cukup banyak permintaan untuk membawa judul-judul klasik Falcom ke platform modern. Terutama trilogi Sora no Kiseki alias Trails in the Sky. Kondo punya keinginan terpendam untuk me-remake trilogi Sora no Kiseki dalam wujud full 3D, juga merilis ulang Nayuta no Kiseki yang merupakan judul spin-off ke platform modern.

Sebagai penutup, Kondo mengirimkan sebuah pesan pada seluruh penggemar Falcom di luar Jepang. Bunyinya, “Terima kasih untuk minat kalian terhadap game buatan Nihon Falcom. Falcom akan merayakan ulang tahun ke-40 tahun depan. Falcom telah menciptakan konten game dengan teliti selama 40 tahun, dan kami percaya itulah yang mengantarkan kami ke titik ini.

Kalian semua mungkin baru tahu tentang karya kami baru-baru ini, tapi di masa depan kami ingin terus menghadirkan konten game yang dibuat dengan teliti seperti yang telah kami lakukan selama ini, jadi kami harap kalian bisa mendukung kami untuk jangka panjangnya.”


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.