Fakta-fakta Cyberpunk 2077: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Game dari CD Projekt RED Ini


Sudah lebih dari 6 tahun semenjak CD Projekt RED (studio di balik The Witcher 3) mengumumkan Cyberpunk 2077, akhirnya beberapa hari yang lalu kamu bisa melihat kemunculan video gameplay dari stream Twitch mereka, pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 tengah malam.

Uniknya sebelum pada akhirnya CD Projekt RED menyiarkan gameplay dari RPG terbarunya, channel Twitch mereka menampilkan kode-kode aneh berwarna putih di atas layar hitam.

Cyberpunk 2077

Hal ini sempat menimbulkan tanda tanya di kalangan gamer, namun dengan cepat mereka menyimpulkan bahwa kode tersebut akan tertuju pada gameplay Cyberpunk 2077!

Yep, benar saja, beberapa jam setelah muncul kode-kode aneh tersebut, channel Twitch dari CD Projekt RED pun mulai menampilkan teaser pendek dari Cyberpunk 2077 kemudian diikuti dengan demonstrasi gameplay game ini.

Apa saja hal yang perlu kamu ketahui tentang game ini? Jangan cemas, tidak perlu gundah, di sini Gimbot akan memberitahu fakta-fakta mengenai Cyberpunk 2077.

Terinspirasi dari tabletop Cyberpunk 2020

cyberpunk 2077
Sumber: IGN

Siapa yang sangka, rupanya CD Projekt RED terinspirasi dengan permainan tabletop Cyberpunk 2020 karya Mike Pondsmith! Gim ini terbit pada tahun 1988 dengan nama Cyberpunk 2013, yang kemudian Mike merilis sekuelnya yaitu Cyberpunk 2020 pada tahun 1990, hingga Cyberpunk V3 di tahun 2005.

Memecahkan rekor Twitch untuk game reveal yang paling banyak ditonton

Cyberpunk 2077

Belum dirilis saja Cyberpunk 2077 sudah mendapatkan penghargaan! Twitch melaporkan kalau Cyberpunk 2077 mampu mengundang hingga lebih dari 288.000 concurrent viewer ketika live stream, dan melunjak hingga lebih dari 459.000 concurrent viewer pada penayangan rerun.

Jumlah ini bahkan mampu melebihi concurrent viewer gim Fortnite yang pernah mencapai 305.000 conccurent viewer! Wow, selamat ya CD Projekt RED semoga nanti banyak yang beli sewaktu rilis!

5 juta views di Youtube dalam waktu 2 hari

CD Projekt RED juga turut mengunggah video gameplay Cyberpunk 2077 ke Youtube. Video yang memuaskan batin dan berdurasi 48 menit itu langsung meraih lebih dari 5 juta tontonan dalam waktu 2 hari setelah tanggal upload, yaitu 27 Agustus 2018!

Di dalam video gameplay tersebut, kamu bisa melihat lebih detail dan jelas (karena bisa kamu rewind sesuka hati) bagaimana CD Projekt RED menggambarkan Night City, latar tempat terjadinya gim Cyberpunk 2077 secara detil dan immersive.

Sebuah RPG FPS yang besar dari CD Projekt RED

Cyberpunk 2077
Sumber: Gamespot

Di dalam demonstrasi gameplay di atas, kamu bisa melihat bahwa Cyberpunk 2077 adalah sebuah RPG dengan kebanyakan sudut pandang diambil secara first person.

Di video tersebut juga kamu bisa melihat sebuah mekanisme pembuatan karakter yang mirip dengan The Elder Scrolls V: Skyrim, namun tentu saja dengan beberapa fitur tambahan yang masih belum terungkap kegunaannya di dalam gim.

Misalnya saja ada opsi untuk memilih “latar belakang” dirimu dan momen penting dalam hidupmu, yang kabarnya akan memengaruhi ending dari gim ini.

Tanggal rilis Cyberpunk 2077?

cyberpunk 2077

Sayangnya hingga saat ini CD Projekt RED masih belum mengumumkan tanggal resmi perilisan, bahkan estimasi saja tidak ada gambaran sedikit pun! Yang kami tahu, Cyberpunk 2077 akan rilis setelah gimnya rampung dibuat, tanpa adanya micro transaction dan konten tambahan yang harus dibeli terpisah.

Hal ini memang telah menjadi kebiasaan CD Projekt RED dalam merilis gim, di mana mereka mengumumkan The Witcher 3 pada tahun 2013 untuk rilis setahun setelahnya. Namun yang terjadi adalah The Witcher 3 rilis tahun 2015. Apakah CD Projekt RED tidak ingin memberikan janji palsu?

Namamu adalah V, baik laki-laki atau perempuan

cyberpunk 2077

Karakter protagonis dalam Cyberpunk 2077 ini adalah V, seorang mercenary atau prajurit upahan yang memiliki masa lalu kelam (dilihat dari character creation). Kemudian hingga pada satu titik, suatu hal terjadi (berdasarkan pada character creation).

Informasi lebih detail tentang siapa dirimu, nama aslimu, hingga tujuanmu berada di game ini pun masih misterius. CD Projekt RED masih menyimpanya untuk kamu nikmati nanti setelah rilis.

Interaksi hubungan romantis yang lebih nyata

Cyberpunk 2077

Dalam sebuah wawancara dengan Game Informer, desainer quest Patrick Mills mengatakan, “Akan lebih banyak lagi pilihan (dibanding The Witcher 3, red). Apalagi, kamu menentukan karaktermu sendiri di sini, yang artinya kamu juga menentukan referensi seksual yang diinginkan.”

“Dalam The Witcher 3, seksualitas Geralt ditentukan dari cerita dan prekuel yang sudah ada sebelumnya. Tapi di gim ini, semuanya tergantung padamu yang menentukan. Kita punya NPC yang gaybi, dan straight, karena kita ingin gim ini benar-benar terasa nyata.”

Gameplay yang menyerupai Grand Theft Auto V dengan fitur upgrade karakter

cyberpunk 2077

Di Cyberpunk 2077, kamu bisa mengendarai mobil dan mungkin berbagai jenis kendaraan lainnya (tolong saya ingin mencoba mobil terbang!). Fitur ini disematkan oleh CD Projekt RED untuk membantumu menjelajah 6 bagian Night City yang begitu luas!

Kamu juga bisa menghabiskan uangmu dengan membeli apartemen baru sebagai tempat V tinggal. Selain lebih dekat dengan pusat kota dan tempat quest, tidak ada salahnya untuk berganti suasana bukan?

Selain itu, V bisa kamu upgrade dengan bermacam-macam augmentation yang menghadirkan kemampuan baru untuk dirinya. Misalnya kamu bisa memilih untuk menambahkan Kiroshi Optical Implant sehingga kamu bisa melakukan zoom dan menganalisis lingkungan.

Ada juga berbagai macam augmentation yang menyokongmu dalam bertarung, atau bergerak dengan lebih leluasa.

Tidak ada microtransaction! Bagaimana dengan multiplayer?

cyberpunk 2077

Tidak, CD Projekt RED sendiri mengatakan tidak. Kamu bisa melihat pernyataan ini pada akhir dari trailer Cyberpunk 2077 yang dirilis sewaktu E3 2018.

Terima kasih kepada pengguna Twitter @HandicapHOBO kita bisa melihat dengan jelas seluruh “surat” yang ditulis oleh CD Projekt RED di dalam trailer tersebut. Salah satu pesannya adalah:

4. Microtransactions?

In a single player role-playing game? Are you nuts?

Lantas, bagaimana dengan multiplayer? Kendati CD Projekt RED menyebutkan “single player role-playing game” pada pesan tersembunyi di trailer tahun 2013 Managing Director Adam Badowski, namun pada mengatakan bahwa mereka akan menambahkan fitur multiplayer.

Hal ini kemudian mendapatkan respon yang cukup negatif dari para gamer. Akan tetapi, CD Projekt RED mengajak mereka untuk tenang dan tidak perlu khawatir. Sebab apa yang mereka beli nantinya adalah sebuah full game yang besar dan kaya akan cerita, seperti The Witcher 3.

Bisa dikatakan jika nantinya fitur multiplayer dirilis, hanya akan sebagai tambahan saja dan benar-benar opsional jika kamu ingin memainkannya atau tidak.


Sambil menunggu perilisan Cyberpunk 2077, tidak ada salahnya untuk meminkan gim yang serupa terlebih dahulu sebagai sarana “pemanasan.” Kamu bisa mencoba untuk bermain (atau kembali memainkan) The Witcher 3 Game of the Year yang dikembangkan oleh CD Projekt RED.

Kamu juga bisa mencoba Fallout 4 untuk sedikit beradaptasi dengan penyuguhan nuansa bumi yang berbeda, atau Deus Ex: Mankind Divided jika ingin terjun langsung ke dunia cyber punk.


Like it? Share with your friends!

Zeus