Studio Asal Yogyakarta Siap Rilis Escape From Naraka, Seperti Mirror’s Edge dengan Nuansa Bali


Disiapkan untuk PC, Escape From Naraka akan mengajakmu untuk berhadapan langsung dengan sang ratu leak Rangda!

Yogyakarta tidak pernah berhenti menelurkan karya-karya berkualitas. Di awal tahun ini saja, sudah ada dua proyek keren yang dikonfirmasikan oleh dua studio dari kota Gudeg tersebut. Pertama ada Coral Island dari Stairway Games, dan kedua ada Kitaria Fables dari Twin Hearts Games. Tidak mau ketinggalan, kali ini ada Xelo Games yang bersiap untuk merilis game first person platformer bertajuk Escape From Naraka.

Meskipun masih terbilang studio baru, namun nama-nama di balik layar Xelo Games merupakan nama-nama veteran yang sudah lama malang melintang di industri game Indonesia dan internasional. Sebut saja ada nama Irfan Sarwono yang sebelumnya berkarir di Codemasters untuk menghasilkan judul-judul game seperti GRID dan DIRT, serta Fathur Rahman yang sebelumnya terlibat dalam pengembangan Forged of Blood bersama tim Critical Forge.

escape from naraka

Seperti apa sih Escape From Naraka ini? Jika kamu pernah memainkan Mirror’s Edge, maka mungkin kamu akan sedikit familiar dengan sudut pandang kamera dan gameplay dari game ini. Escape From Naraka adalah sebuah game platformer dengan sudut pandang orang pertama. Seperti yang sudah saya tuliskan di judul, nuansa Bali sangat terasa di game ini, baik dari desain level maupun musuh-musuh yang dihadapi. Hal ini dikarenakan Xelo Games menggunakan teknologi 3D scan dari obyek di dunia nyata untuk dimasukkan ke dalam game-nya.

Di game ini, tugasmu adalah untuk menyelamatkan seorang yang kamu sayangi untuk lepas dari jeratan Rangda, sosok yang disebut-sebut sebagai ratu para leak menurut mitologi Bali. Untuk itu, kamu pun dihadapkan dengan level demi level yang penuh dengan tantangan, jebakan, dan musuh yang menghadang.

escape from naraka

Dan seperti dengan Mirror’s Edge, petualanganmu akan lebih banyak dihadapkan dengan bagaimana melalui platform demi platform yang ada di depan mata. Untuk menyelesaikan tiap level, kamu dibekali dengan berbagai kemampuan, bukan cuma untuk melalui rintangan dan jebakan, melainkan juga untuk melawan musuh.

Yang menarik, seperti tertulis di halaman Steam resminya, Xelo Games sendiri hanya beranggotakan tiga orang saja untuk mengembangkan game ini: 1 programmer, 1 game designer, dan 1 artist! Dikembangkan sejak April 2020 lalu, Escape From Naraka dijadwalkan akan rilis pada kuartal ketiga tahun ini juga. Kabar baiknya lagi, Xelo Games digandeng oleh salah satu publisher papan atas Eropa, Headup Games untuk merilis game ini. Headup Games sebelumnya dikenal lewat judul-judul seperti seri Bridge Constructor, Earth Atlantis, dan The Coma.

escape from naraka

Escape From Naraka disiapkan rilis untuk PC, dan kamu sudah bisa melakukan wishlist untuk game-nya melalui halaman Steam resminya.


Febrianto Nur Anwari
Part-time gamer, part-time adventurer