4 Fakta yang Menjadikan E3 2019 akan Berbeda dari Tahun Lalu


e3 2019

E3 singkatan dari Electronic Entertainment Expo yaitu sebuah acara pameran dunia, di mana isinya pameran-pameran mengenai segala macam jenis hiburan yang berbentuk elektronik, terutama video game. E3 2019 juga akan hadir tidak lama lagi.

E3 sudah berjalan selama 23 tahun dari tahun 1995. Biasanya acara ini diadakan di kota Los Angeles, California Amerika Serikat.

E3 sering diisi oleh banyak sekali developer maupun publisher besar yang memang telah memproduksi banyak gim kelas AAA. Tidak hanya itu, pengembang console pun juga turut hadir seperti Nintendo, Sony dan Microsoft.

Banyaknya “fenomena” terjadi di akhir tahun ini, sepertinya E3 2019 tidak akan sama dengan E3 pada tahun 2018 kemarin.

BACA JUGA: 3 Gosip yang Beredar Mengenai Rilisnya Playstation 5

Nah kali ini kita akan bahas berbagai fakta yang menjadikan E3 2019 mungkin akan berbeda dari tahun lalu. Yuk cekidot!

1. Sony Tidak akan Hadir

e3 2019

Suatu kejutan dari Sony yang seringkali menjadi pendominasi di kalangan console gamer. Biasanya Sony membanjiri berbagai gim-gim eksklusif setiap acara E3.  Sayangnya pada E3 2019 nanti, Sony memutuskan untuk tidak hadir.

Apa alasannya? Belum ada kabar resmi mengenai alasan Sony tidak hadir pada E3 tahun nanti. Belum ada kejelasan tersebut menjadikan banyak sekali spekulasi yang beredar di kalangan gamer. Salah satunya adalah Sony ingin memberikan kejutan dengan hadirnya Playstation 5.

Ada pula yang justru berspekulasi ke arah cenderung negatif. Para spekulan yang memberikan argumentasi negatif ini cenderung berpikir bahwa Sony kehabisan amunisi untuk memamerkan berbagai gim-gim eksklusif mereka untuk acara nanti.

2. Square Enix yang Kehilangan Direkturnya

e3 2019

Belum lama ini terdengar “kabar duka” dari Square Enix, mengenai mundurnya direktur dari Final Fantasy XV, Hajime Tabata pada tanggal 31 Oktober 2018. Tabata mengundurkan diri baik dari Square Enix maupun studio pengembang Final Fantasy XV Studio Luminous Productions.

Final Fantasy XV sendiri adalah salah satu seri dari berbagai Final Fantasy. Meskipun begitu, Final Fantasy memiliki jalan cerita yang berbeda-beda sehingga kamu tidak perlu memainkan Final Fantasy seri pertama untuk mengerti jalan cerita Final Fantasy XV ini.

Final Fantasy XV (FFXV) terbilang cukup sukses ketika dirilis versi PS4-nya. Square Enix juga sempat menjanjikan adanya DLC yang akan memberikan kejutan kepada para fan FFXV. Sayangnya janji tersebut kemungkinan besar akan tinggal janji saja karena mundurnya sang direktur.

3. Kojima dan “Selingkuhannya” Death Stranding

e3 2019

Hideo Kojima yang terkenal karena berbagai seri Metal Gear pada tahun lalu selalu menjadi berita hangat, mengenai perselisihannya dengan Konami.

Perselisihan tersebut sepertinya karena idealisme Kojima yang tidak sesuai lagi dengan Konami yang akhirnya Kojima mundur dari Konami.

Kojima yang mundur tersebut tidak berhenti begitu saja. Alih-alih pensiun dari dunia gim, Kojima justru membentuk studio gimnya sendiri dengan nama Kojima Production.

Sumber: IGN

Kojima Production sedang mengembangkan sebuah gim horor (mungkin juga action) yang bernama Death Stranding. Kojima yang penuh dengan misteri dan riddle, memang sangat cocok jika mengembangkan sebuah gim horor yang penuh dengan misteri dan riddle.

Death Stranding selama ini hanya muncul trailer yang juga menimbulkan banyak spekulasi tapi masih meninggalkan kesan misterius. Mungkin gim ini akan dipamerkan secara penuh pada E3 tahun 2019 nanti.

4. Xbox Scarlett yang Digadang Menjadi Pesaing PS5

e3 2019
Sumber: ExtremeTech

Xbox Scarlett adalah proyek console terbaru dari Microsoft. Console ini memang digadang menjadi pesaing PS5, terdapat banyak spekulasi juga mengenai spesifikasi Xbox Scarlett ini.

Tampilan grafis yang lebih nyata hingga hilangnya slot untuk disk. Tidak hadirnya Sony di E3 nanti, akan memberikan keunggulan untuk Microsoft memperkenalkan Xbox Scarlett!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz