Build Terbaik untuk Chongyun di Genshin Impact


Chongyun di Genshin Impact adalah salah satu karakter yang cukup fleksibel alias bisa dipasang sebagai DPS atau support dalam tim.

build-terbaik-chongyun-genshin-impact-featured

Chongyun adalah karakter di Genshin Impact dengan senjata Claymore dan elemen Cryo. Ia punya skill set yang memungkinkannya berperan sebagai burst support atau DPS dalam tim. Artinya jika kamu mencari karakter Cryo dengan value jangka panjang yang bagus, Chongyun jelas salah satu pilihanmu.

Berikut adalah panduan build terbaik untuk Chongyun di Genshin Impact.

Senjata Terbaik untuk Chongyun

build-terbaik-chongyun-genshin-impact-senjata

Pilihan senjata terbaik untuk Chongyun sebenarnya cukup straightforward. Jika ingin dipasang sebagai DPS, kamu ingin ia memiliki Attack setinggi mungkin. Lalu untuk support, kamu ingin ia memiliki Energy Recharge agar bisa mengeluarkan Elemental Burst terus menerus.

  • Prototype Archaic: Jika dipasang sebagai DPS, senjata budget yang paling oke untuk Chongyun tentu saja Prototype Archaic. Senjata ini memberikan sub-stats Attack tambahan serta efek yang menghasilkan burst damage, cocok untuk semua karakter Claymore yang ingin menjadi DPS tim.
  • Sacrificial Greatsword: Jika berperan sebagai support, Sacrificial Greatsword adalah salah satu pilihan yang solid. Sub-stats Energy Recharge yang diberikan tentu membantu agar Chongyun selalu punya Elemental Burst yang siap digunakan. Tapi yang tidak kalah penting efek senjata ini bisa membuat kamu bisa menggunakan Elemental Skill lebih sering.
  • Favonius Greatsword: Jika kamu tidak punya Sacrificial Greatsword, kamu bisa menggunakan Favonius Greatsword sebagai alternatif. Meskipun tidak punya efek yang terlalu spesial, senjata ini memberikanmu tambahan Energy Recharge yang lebih besar.

Artifact Terbaik untuk Chongyun

build-terbaik-chongyun-genshin-impact-artifact

Meskipun menyandang senjata Claymore, damage Chongyun hampir selalu bersifat elemental. Karena itulah apapun perannya Chongyun hampir selalu bermain dengan set yang memberikan tambahan damage Cryo. Lalu untuk stats, kamu tentu mencari kombinasi Attack, Cryo Damage, dan Crit Rate/Damage.

  • Gladiator’s Finale (4): Jika kamu masih baru bermain atau belum mendapatkan Artifact yang sesuai, set penuh Gladiator’s Finale bisa kamu gunakan sebagai set sementara. Set ini memberikanmu tambahan damage yang cukup besar dan sangat cocok untuk Chongyun yang berperan sebagai DPS.
  • Gladiator’s Finale (2) + Blizzard Strayer (2): Sejak patch 1.2, saya rasa kombinasi set ini lebih cocok untuk Chongyun, baik sebagai DPS maupun support. Set ini tetap memberikan tambahan damage tapi dengan jumlah yang lebih besar.
  • Noblesse Oblige (2) + Blizzard Strayer (2): Set ini lebih efektif jika kamu hanya ingin Chongyun berperan sebagai burst support. Tambahan damage 20 persen ke Elemental Burst berkat set Noblesse, ditambah damage tambahan dari Blizzard Strayer membuat Chongyun bisa menghasilkan burst damage yang lebih besar.

Tim Terbaik untuk Chongyun

build-terbaik-chongyun-genshin-impact

Meskipun punya peran yang cukup fleksibel, opsi tim Chongyun sebenarnya sedikit terbatas. Ini karena satu alasan yaitu Elemental Skill-nya bersifat infuse. Artinya karakter yang bisa memberikan infuse ke senjata seperti Hu Tao atau Keqing tidak akan cocok dimainkan bersama Chongyun karena efek Skill mereka akan saling timpa. Selain itu Skill Chongyun juga hanya bisa dimanfaatkan oleh karakter melee. Jadi jika Chongyun dipasang sebagai support, DPS untuknya harus jarak dekat atau melee. Terakhir, karena akan terus memberikan damage Cryo, tim yang berkisar pada damage fisik juga mungkin kurang efektif.

Untungnya masih ada beberapa karakter yang cocok dimainkan bersama Chongyun. Dua temannya di Liyue yaitu Xiangling dan Xinqiu adalah kandidat terbaik dan bisa bertukar peran satu sama lain sesuai kebutuhan. Sebagai support untuk Chongyun, Xiangling dan Xinqiu membantu mengaktifkan Elemental Reaction. Lalu jika dipasang sebagai DPS, keduanya juga bisa memanfaatkan efek infuse dari Elemental Skill Chongyun.

Jika kamu menggunakan kombinasi Chongyun, Xiangling, dan Xingqiu, satu slot lagi bisa kamu isi dengan healer. Pilihanmu tergantung pada Elemental Resonance yang ingin kamu aktifkan. Jika ingin mengaktifkan Resonance Cryo, kamu bisa membawa Diona atau Qiqi. Untuk Hydro kamu punya Barbara, lalu untuk Pyro ada Bennett. Kamu juga bisa memasang Ganyu untuk karakter Cryo kedua. Tapi untuk itu kamu harus mengganti Xiangling atau Xingqiu dengan healer lain.

BACA JUGA: Build Terbaik untuk Rosaria di Genshin Impact


Kaoru

Hmmm...